Ilustrasi merawat hewan peliharaan di rumah. (Sumber gambar: Unsplash)

4 Cara Merawat Hewan Peliharaan di Rumah agar Terhindari dari Sakit & Stres

21 May 2022   |   21:37 WIB

Hewan peliharaan membutuhkan ruang dan penanganan khusus saat akan ditempatkan di rumah. Hal ini bisa dipengaruhi oleh jenis hewan yang memiliki berbagai kebiasaan dan karakteristik, misalnya masa shedding atau rontok bulu pada kucing dan anjing.

Tidak hanya itu, penanganan khusus ini juga bisa berdampak pada kesehatan hewan peliharaan atau (anak bulu) anabul jika perawatannya kurang baik. Beberapa risiko yang bisa terjadi adalah penularan virus, kuman, hingga parasit yang menyebabkan penyakit.

Publik figur sekaligus pemilik anjing peliharaan, Bima Aryo, memiliki empat kiat untuk mengelola rumah yang ramah hewan peliharaan.

Baca juga: 9 Kiat Membawa Hewan Peliharaan Bepergian Jauh dengan Mobil
 

1. Jaga kebersihan makanan dan wadah makan minum

Hal yang perlu diperhatikan saat mengelola makanan milik anabul adalah penempatan tempat makan minum dan penyimpanan makanannya. Selain memastikan makanan yang disukai anabul, penyimpanannya juga harus dipastikan kedap agar aman dari semut. Untuk wadah makan minum yang steril, jangan lupa untuk mencucinya secara berkala dengan air panas dan sabun.
 

2. Pastikan hewan peliharaan tidak stres dan jaga kebersihan saat bermain

Agar anabul tetap nyaman di rumah, jangan lupa untuk ajak dia bermain. Bermain bisa menjadi kegiatan menyenangkan dan menyehatkan serta mendekatkan Genhype dan anabul lho. Setidaknya luangkan waktu selama 30 menit sebanyak dua kali sehari untuk bermain sambil belajar dan berlatih.

Akan tetapi, ada masa tertentu di mana bulu-bulu hewan peliharaan Genhype berada dalam masa kerontokan, sehingga seringkali bulu-bulu itu berserakan di berbagai tempat. Dengan risiko kesehatan bagi Genhype, pastikan pembersihan dilakukan secara berkala.
 

3. Awasi hewan peliharaan

Meski pengawasan lebih mudah dilakukan kala Genhype berada di rumah, tapi ada beberapa waktu di mana kalian meninggalkan anabul di rumah sendirian dengan minim pengawasan. Untuk itu, Genhype bisa menggunakan kamera khusus bernama pet cam atau CCTV yang membantu memantau kegiatan anabul di rumah.
 

4. Bersihkan anabul sehabis dari luar rumah

Meski sebagian anabul, misalnya kucing dan anjing, bisa membersihkan dirinya sendiri, ada kalanya mereka harus dibersihkan secara intensif oleh Genhype setelah melakukan berbagai aktivitas di luar rumah. Kebersihan hewan peliharaan peru diperhatikan mengingat hal ini juga bisa mempengaruhi kesehatan anabul.

Baca juga: Ini 7 Cara Melindungi Hewan Peliharaan dari Cuaca Panas Ekstrem

Beberapa caranya adalah dengan memandikan mereka dengan sabun dan sampo khusus hewan, menyikat gigi dan memotong kuku yang sudah panjang, serta menyisir dan memberikan perawatan tambahan seperti balsam khusus telapak kaki dan sisir bulu agar anabul tetap sehat.


Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Indonesia Jadi Destinasi Tur EPIK HIGH Is Here, Intip Harga Tiketnya

BERIKUTNYA

Serial Money Heist Korea Ungkap Perampokan Jelang Reunifikasi Semenanjung Korea

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: