Ilustrasi hewan peliharaan yang lucu (Sumber gambar: Freepik)

Manfaat Merawat Hewan Peliharaan Sebagai Metode Edukasi Anak

19 October 2022   |   14:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Merawat hewan peliharaan di rumah ternyata punya manfaat yang banyak. Hewan peliharaan bukan hanya sebagai satwa lucu yang mendiami rumah saja, tetapi sekaligus teman bagi anak untuk belajar kemandirian. Namun, orang tua mesti pintar memilih hewan yang tepat bagi si buah hati. 

Dengan memiliki hewan peliharaan, anak bisa terdorong untuk belajar tentang dunia binatang. Rasa ketertarikan yang muncul juga melatih anak untuk mengamati dan mengobservasi hewan peliharaan. Dari bentuknya, bulunya, suaranya, tingkah lakunya, sampai makanan apa yang dikonsumsi.

Oleh karena itu, merawat hewan bisa jadi salah satu komponen pendukung perkembangan anak. Hal ini membuat si kecil jadi terlatih untuk belajar dari lingkungannya sendiri. Lantas apa saja manfaat merawat hewan peliharaan sebagai metode edukasi pada anak? Simak ulasan berikut ini. 

Baca juga4 Cara Merawat Hewan Peliharaan di Rumah agar Terhindari dari Sakit & Stres
 

1. Melatih Tanggung Jawab

Ketua Asosiasi Pet Shop Indonesia (Aspin) Ady Sasmita mengatakan hewan peliharaan bisa menjadi sarana bagi anak belajar tanggung jawab. Jika anak memiliki ketertarikan dengan hewan peliharaan, sebaiknya orang tua tidak melarang merawatnya di rumah. Orang tua justru bisa memanfaatkan momen tersebut untuk melatih tanggung jawab. Sebab, merawat hewan butuh ketekunan dan keseriusan. 
 

“Beri tahu soal syarat memelihara hewan, misalnya anak mesti rutin memberikan pakan pada pagi hari. Metode ini efektif melatih anak tanggung jawab. Anak juga jadi lebih rajin bangun pagi karena ada alasan tersebut,” ujar Ady kepada Hypeabis.id.


Orang tua juga bisa memberikan pengetahuan soal enak dan tidak enak, hal yang menyenangkan dan kurang mengenakkan dalam memelihara hewan peliharaan. Harapannya, kesenangan memiliki hewan peliharaan tidak hanya ada di awal saja, lalu ditinggalkan tapi bisa berlangsung untuk waktu yang panjang. 


2. Membangun Keakraban dengan Keluarga

Memelihara hewan peliharaan di rumah juga bisa dipakai untuk membangun keakraban antaranggota keluarga. Ady mengatakan anak-anak biasanya memiliki tingkat keberanian yang berbeda ketika sedang acara keluarga. Jika anak terlalu pemalu, dia malah lebih banyak diam di sebuah acara besar.

Namun, dengan adanya hewan peliharaan, anak-anak bisa mengajak anggota keluarga lain untuk bermain bersama binatang kesayangannya. Mulai dari memandikan hewan peliharaan bareng, memberi makan, hingga berlari-larian dan aktivitas lainnya bersama-sama. . 


3. Melatih Empati

Ady mengatakan anak yang memiliki hewan peliharaan biasanya akan memiliki rasa empati lebih tinggi. Kebiasaan merawat hewan di rumah membuat mereka peduli bukan hanya dengan manusia saja, melainkan juga dengan binatang dan makhluk hidup lain. Hal ini terjadi karena anak jadi lebih peka dengan lingkungan sekitar. Misalnya, ketika dia memelihara kucing, lalu hewan tersebut mengeong atau mengelus kaku, si anak lama kelamaan akan paham bahwa itu adalah cara mereka meminta makan.

Baca jugaIni 5 Jenis Hewan Langka yang Banyak Dipelihara
 

Memilih Hewan yang Aman untuk Anak

Ady menuturkan orang tua mesti selektif untuk memilih hewan-hewan yang aman bagi anak. Namun, pada prinsipnya hewan akan aman dan menyayangi manusia jika kita lebih dahulu berbuat baik. Orang tua bisa memulai memelihara hewan peliharaan yang paling umum, seperti anjing atau kucing. Saat memilih hewan di pet shop, biarkan anak yang menentukan pilihannya. Hal ini bisa menjadi cara membangun kedekatan sejak awal bagi anak.

Kemudian, orang tua tinggal memberitahu anak bahwa jenis hewan tertentu biasanya memiliki karakter dan kebiasaan yang berbeda. Sesuaikanlah karakter hewan dengan kepribadian anak. Misal, anak lebih aktif bergerak, maka orang tua bisa merekomendasikan untuk memelihara kucing yang lincah dibanding pendiam.

“Akan tetapi, yang perlu jadi perhatian orang tua ialah soal alergi. Jika ada anak alergi bulu, sebaiknya pelihara hewan yang berbulu pendek atau sama sekali tidak memiliki bulu,” imbuhnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Kasus Gagal Ginjal Misterius Anak Tinggi, Kemenkes Impor Obat Penawar

BERIKUTNYA

Manfaat Punya Hewan Peliharaan, Hapus Kebiasaan Mager hingga Pengaruhi Mood

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: