makan dan minum terlalu banyak sebelum jogging dapat meningkatkan risiko sakit perut (sumber gambar Unsplash/Guillaume de Germain)

Penyebab Sakit Perut Saat Jogging & 7 Cara Mudah Mengatasinya

18 October 2022   |   17:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Jogging merupakaan aktivitas olahraga dengan banyak manfaat. Oleh sebab itu, aktivitas ini makin banyak digandrungi oleh masyarakat. Akan tetapi, saat dilakukan dengan cara yang salah akan membuat aktivitas ini jadi tidak maksimal. Salah satunya adalah mengalami sakit perut saat berlari.

Hampir setiap orang mungkin pernah mengalami fase ini. Terkadang, sakit perut juga begitu mengganggu sehingga kita harus menurunkkan kecepatan berlari atau istirahat sejenak agar keadaan kembali normal. Biasanya ada dua jenis sakit perut saat jogging, yakni sakit perut samping (side stitch) dan sakit perut bagian tengah.

Penyebab keduanya adalah peregangan jaringan ikat di perut dan pola napas yang salah saat berlari. Tak hanya itu, makan dan minum terlalu banyak sebelum jogging juga dapat meningkatkan risiko sakit perut bahkan menjadi kram. Alhasil Genhype bisa terkena gangguan pencernaan bahkan hingga muntah.

Lantas bagaimana mengatasinya? Dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber, berikut 7 tips cara mengatasi sakit perut saat sedang jogging :

Baca jugaGemar Olahraga Lari? Waspada 5 Cedera Ini 
 

1. Turunkan Kecepatan Lari

Sakit perut saat melakukan aktivitas jogging bisa disebabkan karena ada otot perut dan sekitarnya yang bekerja terlalu keras. Hal ini biasannya terjadi karena kurangnya pemanasan, sehingga para pelari mengalami peregangan otot yang membuat bagian perut jadi sakit. 

Salah satu hal yang dilakukan saat mengalami kondisi tersebut adalah dengan menurunkan kecepatan berlari atau berjalan dengan cepat. Hal ini akan mengurangi peregangan oto yang terjadi. So, usahakan juga untuk selalu pemanasan terlebih dulu sebelum melakukan aktivitas jogging ya Genhype.
 

2. Istirahat Sejenak

Jika dengan menurunkan intensitas berlari tapi masih tetap mengalami sakit perut, maka kalian bisa istirahat sejenak dengan duduk menyelonjorkan kaki. Selain itu cobalah untuk mengatur napas dengan tenang hingga sakit perut yang dialami makin terasa membaik.

Adanya sakit atau kram di perut menandakan bahwa tubuh kelelahan atau kaget karena diajak beraktivitas fisik. Memaksakan untuk berlari pada kondisi ini malah akan memperparah rasa sakit. Maka dari itu cobalah untuk beristirahat barau kemudian melanjutkan jogging dengan pelan.
 

3. Lakukan Peregangan Otot

Melakukan peregangan otot juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi rasa sakit peru saat jogging. Hal ini biasanya disebabkan oleh kurangnya pemanasan hingga membuat perut berkontraksi. Bila rasa sakit yang terjadi berada di perut sebelah kanan, maka angkat tangan kanan dan tekuk tubuh Genhype dengan lembut ke arah berlawanan, begitupun sebaliknya. Lakukan cara ini berulang hingga rasa sakit berkurang. 

Baca jugaLari Tanpa Alas Kaki Jadi Teknik Paling Baik, Simak Faktanya Yuk!


4. Usahakan Serdawa

Sakit perut saat jogging juga bisa juga disebabkan adanya produksi gas yang berlebihan dalam perut. Hal ini biasanya terjadi akibat makanan yang dikonsumsi terlalu banyak sebelum melakukan aktivitas tersebut. Dengan demikian, perut menjadi terlalu penuh. Untuk mengatasinya Genhype bisa mencoba untuk berserdawa dengan cara mengatur napas. Hal ini dilakukan agar gas di dalam perut dapat cepat keluar sehingga kalian dapat kembali melanjutkan aktivitas jogging.
 

5. Minum Cukup Air

Sembari beristirahat, Genhype juga bisa meminum air putih agar cairan elektrolit yang ada di dalam tubuh menjadi seimbang. Pasalnya, sakit perut saat sedang melakoni aktivitas jogging salah satunya bisa juga disebabkan karena kalian kekurangan cairan dalam tubuh.

Namun, perlu diingat juga agar tidak terlalu banyak meminum air karena hal ini akan menyebabkan perut kembung dan malah memperparah sakit perut. Cukup basahi saja tenggorokan Genhype dan biarkan air mengalir sampai ke perut. Setelah reda, kalian bisa melanjutkan jogging.
 

6. Regangkan Bagian Diafragma

Cara lain yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit perut saat sedang jogging adalah dengan meregangkan bagian diafragma dan perut. Hal ini bisa diimplementasikan lewat gerakan-gerakan sederhana yang bisa dilakukan sambil berjalan pelan. Lakuan cara ini sama seperti saat sedang pemanasan.

Cobalah untuk mengangkat kedua lengan dan meletakknanya di atas kepala, lalu condongkkan tubuh ke depan dan belakang agar membuat rongga perut menjadi longgar dan rasa sakit berkurang. Ulangi cara ini sampai sakit dirasa reda.
 

7. Lakukan pernapasan dalam

Jika beberapa cara di atas belum juga mengurangi rasa sakit di perut cobalah untuk menarik napas dalam-dalam melalui hidung, lalu keluarkan perlahan lewat mulut. Setelah itu, tekan bagian perut yang sakit sekitar 15 detik sambil tetap mengatur pola pernapasan yang konsisten. Ulangi cara ini beberapa kali sampai perut terasa membaik. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Selalu Tampil Ekstra, Intip 6 Potret Zendaya dengan Oufit Comfy & Casual

BERIKUTNYA

Mengenal Penyakit Angiosarcoma, Kanker Pembuluh Darah yang Dialami Clerence

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: