Jogging adalah olahraga yang mudah dilakukan (Sumber gambar: Taryn Elliott/Pexels)

9 Manfaat Jogging untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

07 June 2022   |   08:00 WIB

Jogging adalah aktivitas lari santai yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh jika rutin dijalani. Jogging juga didefinisikan sebagai aktivitas lari dengan kecepatan kurang dari 6 mil per jam, yang memberikan manfaat besar bagi kesehatan tanpa latihan fisik yang berlebihan.

Banyak orang melakukan jogging karena olahraga satu ini mudah dilakukan dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Tujuan utama jogging adalah untuk meningkatkan kebugaran dengan lebih sedikit tekanan pada tubuh. Melansir dari Decathlon Blog, Selasa (7/6/2022), berikut adalah beberapa manfaat jogging bagi kesehatan tubuh.

Baca jugaOlahraga Bikin Otak & Mental Sehat, Begini Penjelasannya


1. Menjaga kesehatan jantung

Jogging bisa berpengaruh signifikan pada kesehatan jantung. Pasalnya, saat jogging, tubuh akan merespons dengan meningkatkan detak jantung dan laju pernapasan untuk memenuhi tuntutan aktivitas tersebut.

Baca jugaAsyiknya Bermain dan Olahraga di Taman Jogging Kelapa Gading

Tujuannya adalah untuk tetap memberikan darah yang kaya oksigen ke otot-otot yang bekerja sehingga mereka dapat menggunakannya untuk energi. Peningkatan ini juga akan memungkinkan produk limbah seperti karbon dioksida dikeluarkan dari tubuh. Kekuatan dan fungsi sistem kardiovaskuler, terutama detak jantung istirahat, meningkat ketika kamu jogging secara teratur.


2. Membangun kekuatan otot

Otot gluteus, quadriceps, hamstring, dan betis adalah otot-otot ekstremitas bawah yang bertanggung jawab untuk gerakan tubuh. Jogging secara teratur akan memberikan tekanan pada otot-otot ini, memaksa mereka untuk beradaptasi dan tumbuh lebih kuat. Kekuatan otot akan berdampak baik pada cara bergerak dan mengurangi kemungkinan cedera. 
 

Jogging bisa meningkatkan kekuatan otot dan tulang (Sumber gambar: Gustavo Fring/Pexels)

Jogging bisa meningkatkan kekuatan otot dan tulang (Sumber gambar: Gustavo Fring/Pexels)


3. Meningkatkan daya tahan otot

Daya tahan otot mengacu pada kemampuan otot untuk melakukan kontraksi berulang untuk waktu yang lama tanpa istirahat. Untuk mempertahankan kecepatan lari, otot harus mampu berkontraksi terus menerus.

Otot-otot akan mulai beradaptasi dan kapasitas daya tahannya akan meningkat dengan cara jogging secara teratur. Pasalnya, jogging seringkali berdurasi lama dengan intensitasnya rendah, ini sangat berguna untuk membangun daya tahan otot.


4. Membuat tulang lebih kuat

Jogging mempengaruhi kepadatan tulang selain kekuatan dan daya tahan otot. Memiliki kepadatan tulang yang tinggi dapat meningkatkan kekuatan tulang. Menurut penelitian, jogging terbukti mampu mengembangkan kepadatan tulang.

Hasilnya, dapat disimpulkan bahwa jogging meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko penyakit pengeroposan tulang seperti osteoporosis.


5. Membantu turunkan berat badan

Untuk menurunkan berat badan, harus lebih banyak kalori yang dibakar setiap hari daripada yang dikonsumsi. Dengan begitu, tubuh akan memecah lemak untuk menyediakan pasokan energi yang stabil.

Sementara nutrisi akan memainkan peran kunci dalam keseimbangan energi, olahraga seperti jogging akan membakar banyak kalori dan karenanya membantu penurunan berat badan.
 
1
2


SEBELUMNYA

Top Gun: Maverick Masuk Ke Jajaran Film Paling Laris

BERIKUTNYA

Resep Popcorn Chicken, Menu Praktis untuk Lauk Makan di Rumah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: