ilustrasi windows (sumber gambar Unsplash/Windows)

Microsoft Office Pensiun Setelah Tiga Dekade Beroperasi, Ganti Nama Jadi Microsoft 365

14 October 2022   |   18:35 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Setelah lebih  dari tige dekade beroperasi, perangkat lunak Microsoft Office akan segera dipensiunkan oleh Microsoft. Selanjutnya, software paket aplikasi yang banyak dipakai pekerja kantoran itu akan diganti namanya menjadi Microsoft 365.

Perusahaan multinasional yang berbasis di Redmond, Washington, Amerika Serikat ini mengatakan perubahan nama tersebut sejalan dengan misi mereka untuk menjadikan layanan Microsoft lebih dari sekedar aplikasi kerja.

"Dalam beberapa bulan mendatang, Office.com, aplikasi Office berbasis mobile, dan aplikasi Office untuk Windows akan [berganti nama] menjadi aplikasi Microsoft 365, dengan ikon baru, tampilan baru, dan bahkan lebih banyak fitur baru," tulis laman Microsoft.

Baca juga: Microsoft Bakal Hentikan Dukungan Terhadap Windows 8.1 Awal Tahun Depan 

Kendati begitu, aplikasi Microsoft Office seperti Word, PowerPoint, Outlook, dan Excel nantinya tidak akan dihilangkan. Jadi, platform aplikasi kerja itu ke depannya akan dipindahkan menjadi bagian dari Microsoft 365, bukan lagi Microsoft Office.

Perubahan ini, menurut mereka akan mulai dilakukan bulan depan, sementara itu untuk aplikasi Office di Windows, MacOS, iOs, dan android atau aplikasi mobile Office akan diganti namanya pada Januari 2023.

Mengacu pada laporan tersebut, juga akan ada 7 hal baru yang akan dihadirkan Microsoft 365. Meliputi pembuatan konten dengan template dan modul aplikasi yang baru, notifikasi selamat datang, feeds Microsfot 365, konten tag, dan masih banyak lagi.

Diketahui, Microsoft sebelumnya telah memperkenalkan jenama terbarunya tersebut sejak beberapa tahun belakangan ini. Salah satunya adalah mengganti nama layanan berbayar Office 365 menjadi Microsoft 365 pada tahun 2020.

Namun, perubahan tersebut berbeda dengan perombakan yang dilakukan perusahan yang didirikan Bill Gates dan Paul Allen itu.  Di mana kali ini  selain mengganti nama, mereka juga akan memindahkan aplikasi dan merubah logo Microsoft Office  jadi Microsoft 365.

Platform Microsoft 365 nantinya juga akan mencakup penyimpanan cloud dan aplikasi seperti Microsoft Teams, Word, Excel, PowerPoint, Outlook, OneDrive, dan masih banyak lagi. Perusahaan juga menawarkan berbagai program langganan pada konsumen via Office 2021 dan Office LTSC.

Baca juga: Kiat Mengelola Akun Secara Optimal di Komputer Windows

Setelah dirilis, nantinya aplikasi Microsoft 365 baru juga  akan tersedia di web di Microsoft365.com, atau di Windows melalui Microsoft Store, dan di Google Play dan Apple App Store.

Adapun, untuk aplikasi dan fitur premium lainnya, pengguna juga dapat membeli langganan Microsoft 365 mulai saat ini yang nantinya akan diperbarui secara otomatis lewat tampilan dan nuansa baru pada November 2022 di aplikasi tersebut.

Berdiri pada tahun 1975, Microsoft merupakan pembuat perangkat lunak terbesar di dunia dan menjadi salah satu saingan perangkat lunak lainnya yang paling populer, yakni iOS yang dikembangkan oleh Apple Inc.

Microsoft Office pertama hadir pada tahun 1988 dan dipamerkan Bill Gates di acara Comdex, Las vegas, Amerika Serikat melalui tiga aplikasi andalannya, yakni Office, Word dan Excel. Kini software tersebut telah mengeluarkan aplikasi lain yang lebih kompeten dalam membantu kerja seseorang.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Biar Badan Enggak Drop di Tengah Konser, 5 Barang Ini Wajib dibawa

BERIKUTNYA

Film Perfect Strangers Angkat Permainan yang Ungkap Rahasia Pribadi lewat Ponsel

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: