Kuota pengguna metaverse yang bisa hadir mencapai 1.000 user setiap sesi (sumber gambar: WIR Group)

Enggak Bisa Hadir ke Jakarta Fashion Week 2023? Datang Aja Lewat Metaverse

12 October 2022   |   19:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Sebanyak 21 desainer Indonesia akan menampilkan kreasi secara virtual di ajang Jakarta Fashion Week (JFW) 2023 untuk pertama kali di Nusameta. Ajang ini pun memberikan kesempatan kepada masyarakat yang kemungkinan tidak memiliki kesempatan datang secara luring.

Adapun, ajang ini akan terselenggara di City Hall, Pondok Indah Mall III, Jakarta Selatan mulai 24 - 30 Oktober 2022.

Gupta Sitorus, Chief Marketing and Sales Officer WIR Group, mengatakan bahwa acara Jakarta Fashion Week 2023 yang dapat disaksikan oleh para penggemar fesyen di platform metaverse Nusameta mencapai 1.000 pengguna setiap sesi.

Baca juga: Jakarta Fashion Week 2023 Bakal Hadir di Metaverse, Yuk Simak Gambarannya!

Menurutnya, masyarakat yang ingin menikmati metaverse dapat terlebih dahulu mengunduh aplikasi Nusameta dari playstore di gawai dengan sistem operasi Android. Setelah itu, genhype dapat mendaftar dan membuat avatar sebelum dapat masuk ke portal JFW.

Di platform ini, karya 21 desainer yang dapat disaksikan oleh masyarakat adalah karya dari Aidan & Ice, IKYK, Jeffry Tan, Peggy Hartanto, Rani Hatta, Wilsen Willim, Danjyo Hiyoji, Yogie Pratama, Stella Risa, Sean Sheila, Purana, MKS, Jan Sober, Rinda Salmun, MORAL, ANW, Tanah Le Sae, Aesthetic Pleasure, Nagita Slavina, Rama Dauhan, dan Pijakbumi.

Guspa megatakan bahwa penampilan 21 desainer ternama Indonesia itu akan menjadi momentum penting untuk melihat bagaiaman fashion show yang glamor dapat dihadirkan dan dinikmati secara virtual. “Dengan lebih immersif melalui platform metaverse,” katanya.

Dia menambahkan bahwa kehadiran Nusameta di ajang JFW 2023 juga memungkinkan para pegiat mode untuk mewujudkan pengalaman unik berinteraksi antara dunia nyata dengan dunia digital. Menurutnya, kondisi ini merupakan bentuk afirmasi positif dalam menghadirkan solusi fashion experience masa depan.
 

Memperkuat Posisi 

Sementara itu, Svida Alisjahbana, Chairwoman Jakarta Fashion Week dan CEO GCM Group, menuturkan bahwa Jakarta Fashion Week sudah lama dikenal sebagai ruang lebur untuk kreasi mode dari berbagai negara.

Menurutnya, panggung JFW terbuka bagi para perancang mode baik dari Indonesia maupun dari negara lain termasuk Australia dan Korea Selatan. “Tentunya hal ini diharapkan dapat memperkuat kedudukan Jakarta Fashion Week sebagai ajang mode paling berpengaruh di Asia Tenggara yang patut diperhitungkan di mata dunia,” katanya.

Baca juga: 5 Tip Padu Padan Fashion Simpel & Stylish saat Hujan ala Leona Agustine

Tahun ini, Jakarta Fashion Week menjanjikan lebih dari 1600 tampilan koleksi terbaru karya pegiat mode. Beberapa nama yang patut dinanti adalah Obin, Harry Halim, Jeffry Tan, Yosafat Dwi Kurniawan, Wilsen Willim, Benang Jarum.

Kemudian, Nada Puspita, Sejauh Mata Memandang, perancang mode-perancang mode Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI), yakni Sebastian Gunawan, Didi Budiardjo, Ivan Gunawan, Era Soekamto, Danny Satriadi, Chossy Latu, Ghea Panggabean, Andreas Odang, Denny Wirawan, Priyo Oktaviano, Eridani, Liliana Lim dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, di ajang ini juga akan terdapat tiga perancang mode internasional yang akan meramaikan runway tahun ini. Perancang itu antara lain Ngali by Denni Francisco dari Australia, serta St. Ego dan Doucan dari Korea Selatan.

Dia menambahkan bahwa penyelenggaraan JFW 2023 pada tahun ini akan dilakukan secara luring selama satu pekan penuh, setelah dua tahun terselenggara dengan berbagai pengetatan pandemi Covid-19. 

Meskipun begitu, JFW 2023 juga terselenggara secara daring. Artinya, lanjutnya, komunikasi yang terjadi tanpa batas dan di media platform apa pun.

Baca juga: Koleksi Unik di Paris Fashion Week, dari Gaun Semprot Bella Hadid hingga Fashion Metaverse

"Para pencinta fesyen dapat menyaksikan livestream di mana saja. Apakah JFW.TV, YouTube, Instagram, TikTok, Facebook, Vidio.com, atau MAXstream. Untuk media yang memerlukan foto dan video, kami juga menyediakan akses di Getty ImageS,” katanya.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Jangan Malu, Yuk Curhat Urusan Mental Kalian di Pusat Kesehatan Digital

BERIKUTNYA

Anime Chinsaw Man Tayang Perdana, Yuk Kenalan Sama 7 Karakter Favoritnya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: