Ilustrasi pakaian saat musim hujan. (Sumber gambar: Acme De La Vie, Leona Agustine)

5 Tip Padu Padan Fashion Simpel & Stylish saat Hujan ala Leona Agustine

11 October 2022   |   22:10 WIB

Like
Saat musim hujan, pakaian yang umumnya dikenakan biasanya akan berbeda dibandingkan saat musim kemarau. Hal ini disebabkan karena kecenderungan musim hujan yang memiliki suhu yang dingin, angin yang kencang, serta risiko basah akibat tetesan air hujan pada saat beraktivitas.

Leona Agustine, content creator, memiliki beberapa kiat untuk berbusana dan memadupadankan pakaian yang simpel dan stylish pada saat musim hujan. Mulai dari pemilihan pakaian luar yang sesuai hingga warna yang netral, yuk simak lima tipsnya di bawah ini.
 

1. Perhatikan kegiatan yang dilakukan

Pada saat hujan, outerwear menjadi pakaian yang wajib dimiliki untuk melindungi tubuh dari hujan. Beberapa contohnya adalah jas hujan, mantel, jaket, coat, dan blazer yang memberikan kesan elegan dan stylish. Namun, penggunaan item ini harus tetap memperhatikan kegiatan yang dilakukan seperti intensitas aktivitas dan formalitas acara.

Leona menyarankan untuk menggunakan pasangan pakaian seperti atasan turtleneck dan celana serta luaran untuk pakaian yang aman dan nyaman. Alternatifnya, penggunaan kaos oblong hingga sweatshirt yang tipis juga jadi kombinasi yang menghasilkan penampilan simpel dan stylish.
 

2. Tentukan bahan pakaian

Atasan yang digunakan sebagai pakaian utama disarankan menggunakan bahan-bahan yang menyerap keringat seperti katun dan linen. Leona menyarankan Genhype untuk menghindari bahan pakaian utama yang berisiko panas dan sulit menyerap keringat seperti sutra, suede atau beludru, dan sifon.

Sementara itu, bahan celana yang direkomendasikan adalah bahan yang mudah menyerap air dan mudah kering saat terkena percikan air. Untuk bahan luaran, dia menyarankan bahan denim sebagai bahan yang lebih baik untuk jaket karena ketebalan dan beratnya saat terkena percikan air.

Alternatif bahan luaran lain yang direkomendasikan adalah wol yang hangat atau bahan parasut jika ingin menghindari percikan air.
 

3. Pakai boots daripada sneakers

Dengan risiko percikan air, boots bisa dipilih sebagai sepatu pelengkap penampilan. Boots ini bisa bervariasi dari combat boots, chelsea, dan jenis lainnya. Boots sendiri dipilih karena ketahanannya terhadap air dan desainnya yang lebih kuat dibandingkan sepatu lainnya yang cenderung rentan basah seperti sneakers.

"Pilih boots warna hitam atau cokelat agar cocok dengan segala tampilan, baik kasual maupun semi-formal,” tambah Leona.
 

4. Gunakan warna netral

Warna netral menjadi salah satu pilihan warna yang bisa digunakan agar tetap fleksibel dalam berbagai acara. Warna-warna seperti cokelat, krem, biru tua, dan hijau tua bisa memberikan kesan yang natural dan elegan. Di saat yang sama, warna lain yang bisa memberikan keseimbangan adalah warna sand beige atau cokelat muda serupa pasir dan hijau tua emerald.
 

5. Jangan ragu untuk kombinasikan atribut yang simpel

Hujan membuat adanya keterbatasan penampilan karena ada beberapa jenis gaya yang sebaiknya dihindari karena risikonya. Beberapa kombinasi gaya pakaian yang bisa dicoba adalah jaket hoodie dengan training pants dan puffer down jacket dengan celana sweatpants basic.

Selain kombinasi pakaian, penggunaan aksesoris yang simpel juga bisa mendukung penampilan yang menarik saat hujan. Leona menyarankan untuk tidak ragu dengan padu padan motif dan aksesoris pada pakaian untuk bergaya saat musim hujan. Contohnya adalah penggunaan mantel bermotif seragam seperti houndstooth dan pakaian lain bermotif abstrak serta pemakaian topi bucket hat.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Intip 15 Produk Lokal Peraih Penghargaan Brand Founders of The Year

BERIKUTNYA

Cek Daftar Lineup Desainer di Jakarta Fashion Week 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: