JFW 2023 di Metaverse (Sumber gambar: Dok. JFW dan WIR Group)

Jakarta Fashion Week 2023 Bakal Hadir di Metaverse, Yuk Simak Gambarannya!

12 October 2022   |   06:33 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Gelaran fashion bergengsi di Indonesia, Jakarta Fashion Week (JFW) 2023 siap dilaksanakan pada 24-30 Oktober 2022 mendatang. Kembali ke panggung offline, JFW 2023 akan dilangsungkan di City Hall, Level 5, Pondok Indah Mall 3, Jakarta Selatan. Nantinya, akan ada total 116 brand yang mengisi 34 rangkaian show dari JFW 2023 kali ini.

Berisi ratusan desainer lokal dan mancanegara, ternyata ajang ikonik bagi para perancang mode menampilkan karyanya ini juga akan berlangsung dalam di metaverse. Sebagaimana diketahui, tren konser dan show dalam dunia metaverse tengah booming belakangan ini. Tren acara di metaverse membuat setiap pengguna yang memiliki avatar mampu mengakses banyak hal layaknya aktivitas fisik manusia sehari-hari.

Melihat kesempatan yang besar dalam digitalisasi event, JFW 2023 bersama WIR Group melakukan kerjasama untuk menghadirkan desain terbaik dari perancang mode di metaverse untuk event kali ini.

WIR Group sendiri merupakan perusahaan berbasis augmented reality, virtual reality, dan artificial intelligence melalui platform Nusameta yang telah menjadi bagian dari ekosistem metaverse Indonesia.

Baca juga5 Implementasi Metaverse Fashion yang Sedang Populer

Hal itu disampaikan CMSO WIR Group, Gupta Sitorus, yang menyambut baik kerjasama ini sebgaia ajang perkenalan metaverse pada masyarakat untuk mengetahui lebih dalam manfaat dari metaverse dalam industri kreatif seperti fashion. “Nusameta memungkinkan para pegiat mode untuk mewujudkan pengalaman unik berinteraksi antara dunia nyata dengan dunia digital di panggung JFW 2023,” ungkap Gupta.
 

JFW 2023 di Metaverse (Sumber gambar: Dok. JFW 2023 dan WIR Group)

JFW 2023 di Metaverse (Sumber gambar: Dok. JFW 2023 dan WIR Group)


Tidak hanya menjadi wadah bagi desainer dalam berkreasi, dunia metaverse juga memberi peluang gerak ekonomi terbaru untuk pekerja kreatif termasuk dalam bidang fashion untuk membuat kreatifitas desainer semakin maksimal tanpa hambatan yang bersifat fisik seperti bahan, material, dan lainnya.

“Kami bekerja sama dengan 21 desainer fashion untuk gelaran JFW 2023 ini dengan cara memindahkan karya mereka dari physical ke digital. Kami hara phal ini juga bisa memberi nilai ekonomi yang konkrit bagi pengiat kreatif dalam bereksperimen membuat karya-karya terbaiknya,” lanjut Gupta.

Metaverse JFW 2023 akan dibuka bertepatan dengan opening JFW 2023 yakni pada 24 Oktober 2022, dan dapat diakses hingga 24 Desember 2022. Dunia virtual dalam bidang fashion itu diperkirakan dapat menanmpung sekitar 1000 pengguna untuk bermain, berbincang, dan melakukan aktivitas layaknya di dunia nyata di dalam metaverse ini.
 

JFW 2023 di Metaverse (Sumber gambar: Dok. JFW 2023 dan WIR Group)

JFW 2023 di Metaverse (Sumber gambar: Dok. JFW 2023 dan WIR Group)


Baca juga5 Brand Fesyen Mewah yang Merambah Metaverse

Kendati metaverse dirancang dengan megah, nyatanya WIR Group juga sempat mengalami beberapa kesulitan memindahkan karya-karya fisik desainer ke dunia digital.

“Kita cukup tertantang dengan bagaimana pola kain yang satu dan yang lainnya yang sangat berbeda. Setiap material kain jika terkena angin pasti menghasilkan gerak yang berbeda. Hal ini yang kami banyak pelajari dan perdalam terutama teman-teman yang bekerja di back end,” kata Gupta.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

5 Tempat Wisata Unik di Banda Neira, Bukan Cuma Pantai!

BERIKUTNYA

Ingin Lebih Sehat? Yuk Coba Terapkan Pola Makan 3J

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: