Ilustrasi Museum (sumber gambar Unsplash/artur matosyan)

Yuk Wisata Sejarah dengan Mengunjungi Museum di Jakarta, Hemat Kantong & Kaya Informasi

12 October 2022   |   16:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, tahu enggak sih kalo setiap tanggal 12 Oktober, Indonesia memperingati Hari Museum Nasional. Perayaan yang dibuat untuk memperingati berdirinya museum-museum yang ada di seluruh penjuru Tanah Air ini ditetapkan saat Musyawarah Museum se-Indonesia pada 2015 di Malang.

Sementara itu, 12 Oktober dipilih menjadi tanggal peringatan berdasarkan diadakannya Musyawarah Museum se-Indonesia yang pertama kali di dalam negeri, yakni pada 12 Oktober 1962 silam bertempat di wilayah Yogyakarta.

Baca jugaKenapa Museum Kurang Memiliki Daya Tarik untuk Wisata Edukatif?
 

Museum memang menjadi salah satu tempat untuk belajar mengenai berbagai macam ilmu pengetahuan, selain di sekolah. Momentum peringatan Hari Museum Nasional ini juga dapat dinikmati dengan berkunjung ke museum di wilayah masing-masing.

Sebagai tempat menyimpan memori dan kenangan dari masa lalu, museum tidak hanya berisi informasi sejarah saja loh, tapi juga saksi hidup pembangunan bangsa lewat berbagai koleksi yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu, dengan mengunjungi museum Genhype bisa belajar banyak hal.

Nah, mumpung masih Hari Museum Nasional, yuk agendakan kunjungan akhir pekan Genhype ke berbagai museum di Jakarta, yang pastinya menyenangkan, karena selain belajar kalian juga bisa jalan-jalan seru di sana. 

Baca jugaSeniman Yusuf Susilo Hartono Akan Gelar Pameran Tunggal di Museum Nasional


1. Museum Sejarah Jakarta

Ilustrasi Museum Sejarah Jakarta (sumber gambar filckr)

Ilustrasi Museum Sejarah Jakarta (sumber gambar filckr)

Berlokasi di kawasan Kota Tua Jakarta, Museum Sejarah Jakarta atau dikenal dengan nama Museum Fatahillah dulunya merupakan Balai Kota Batavia yang dibangun atas perintah Gubernur Jenderal Joan van Hoorn. Pasca kemerdekaan, tepatnya pada 30 Maret 1974, gedung ini diresmikan oleh Gubernur DKI Ali Sadikin sebagai museum yang menyimpan banyak koleksi bersejarah. 

Koleksi bersejarah museum ini terdiri dari bentuk benda asli hingga replika. Beberapa di antaranya adalah meriam zaman perang, replika prasasti tugu, lempengan batu VOC, pot keramik Jepang abad ke-17, hingga mural karya Harijadi Sumodidjojo, dan masih banyak lagi karya seni yang terdapat di dalam museum. 

Museum Sejarah Jakarta buka setiap hari Selasa-Minggu dari pukul 09.00-15.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp5.000 untuk dewasa dan Rp2.000 untuk anak-anak. Genhype bisa datang ke museum ini di akhir pekan sambil menikmati suasanya yang hangat.
 

2. Museum Taman Prasasti

Ilustrasi Museum Taman Prasasti  (sumber gambar Wikimedia.org)

Ilustrasi Museum Taman Prasasti (sumber gambar Wikimedia.org)

Museum Taman Pasasti merupakan cagar budaya peninggalan masa kolonial Belanda yang memiliki koleksi prasasti nisan kuno, kereta jenazah antik, hingga miniatur makam khas dari 27 provinsi yang ada di Indonesia. Dengan luas lahan 1,2 hektare, museum juga menyuguhkan banyak karya fenomenal masa lalu dari para seniman Tanah Air. 

Sebagai informasi, Museum Taman Prasasti buka setiap hari Selasa-Minggu dari pukul 09.00-15.00 WIB dengan harga tiket masuk RpRp5.000 untuk dewasa dan Rp2.000 untuk anak-anak atau pelajar. Lokasinya berada di Jalan Tanah Abang Nomor 1, Jakarta Pusat.

Halaman selanjutnya: Museum Nasional hingga Museum Wayang
1
2


SEBELUMNYA

Minat Makin Tinggi, Art Moments Jakarta Edisi Kelima Antisipasi Peningkatan Penjualan Karya

BERIKUTNYA

5 Makanan Jepang yang Laris Manis di Indonesia, Mulai Hidangan Mentah hingga Berkuah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: