Ilustrasi Museum (sumber gambar Unsplash/artur matosyan)

Yuk Wisata Sejarah dengan Mengunjungi Museum di Jakarta, Hemat Kantong & Kaya Informasi

12 October 2022   |   16:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

3. Museum Nasional


Museum Nasional atau yang akrab disebut Museum Gajah ini juga juga layak dikunjungi karena memiliki ribuan koleksi dari zaman prasejarah, geografi, relik sejarah, numismatik dan heraldik, etnografi, hingga arkeologi arca dari zaman kebudayaan Hindu-Budha di Nusantara.

Lantaran koleksinya yang mencakup dari berbagai macam ilmu pengetahuan, maka berkunjung ke museum ini tentunya wajib dilakukan bila ingin mengenal lebih dekat sejarah bangsa Indonesia. Di sini Genhype juga bisa mengambil foto cantik untuk melengkapi feed Instagram kalian.

Museum Nasional buka setiap hari Senin-Minggu Pukul 08.00-16.00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp15.000 untuk dewasa dan Rp7.500 untuk anak-anak. Lokasinya berada di Jalan Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, jakarta Pusat.
 

4. Museum Wayang


Masih terletak di kawasan Kota Tua Jakarta, Museum Wayang, sesuai namanya banyak menyimpan koleksi wayang dari berbagai wilayah Indonesia serta boneka dari beberapa negara tetangga, seperti Malaysia, China, Vietnam, Suriname, bahkan dari Prancis.

Tidak hanya koleksi wayang, museum yang dulunya adalah bangunan Gereja saat zaman kolonial Belanda ini juga menyimpan berbagai koleksi lain, seperti koleksi piring kuno, ruang teater wayang, hingga workshop pembuatan wayang secara berkala yang diselenggarakan pihak museum.

Museum Wayang buka setiap hari Selasa-Minggu dari pukul 09.00-15.00 WIB. Untuk menikmati koleksinya, Genhype hanya perlu merogoh kocek Rp5.000 saja sehingga sangat ramah di kantong dan tentunya mengasyikan.
 

5. Museum Seni Rupa dan Keramik


Kawasan Kota Tua Jakarta memang gudangnya museum, karena di wilayah ini ada juga Museum Seni Rupa dan Keramik yang bersebrangan dengan Museum Fatahillah yang memiliki 500-an karya seni rupa hingga koleksi keramik dari Tanah Air dan luar negeri yang beragam.

Beberapa karya maestro lukis Indonesia juga dipacak di Museum ini, seperti karya Hendra Gunawan, Raden Saleh, Dullah, S.Sudjojono, hingga karya Affandi yang terkenal dengan teknik melukisnya dengan jari tangan secara langsung. Museum Seni Rupa dan Keramik buka setiap hari Senin-Minggu Pukul 08.00-16.00 WIB. Harga tiket masuknya Rp2.000 untuk anak-anak dan pelajar, dan Rp5.000 untuk dewasa.

Jadi, sudah menentukan mau mengunjungi museum yang mana nih Genhype?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

Minat Makin Tinggi, Art Moments Jakarta Edisi Kelima Antisipasi Peningkatan Penjualan Karya

BERIKUTNYA

5 Makanan Jepang yang Laris Manis di Indonesia, Mulai Hidangan Mentah hingga Berkuah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: