Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahilla (Sumber gambar: Situs Kemendikbud Ristek)

5 Rekomendasi Museum di Jakarta Buat Liburan Edukatif Selain Museum Nasional Indonesia

26 September 2023   |   16:54 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Museum merupakan salah satu tempat penyimpanan koleksi peninggalan dan artefak bersejarah yang sangat bernilai bagi sebuah Bangsa, termasuk Indonesia. Ada banyak pilihan museum yang dapat dijadikan destinasi wisata edukatif sekaligus mengisi waktu liburan bersama keluarga. 

Berdasarkan data Referensi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, di Indonesia terdapat 442 museum yang terdaftar di kementerian tersebut. Hal ini tentu saja menggambarkan bahwa Indonesia memiliki banyak ruang koleksi peninggalan budaya yang tersimpan secara baik di dalam museum-museum.

Baca juga: Arkeolog Tekankan Pentingnya Kesadaran Mitigasi Bencana di Museum Indonesia

Beberapa waktu lalu, tepatnya pada 16 September 2023, Museum Nasional Indonesia yang merupakan museum terbesar di Indonesia mengalami kebakaran. Hal ini kemudian berdampak pada penutupan sementara museum terbesar itu guna menjalani rehabilitasi bangunan dan koleksi museum.

Namun kalian tidak perlu khawatir, sebab masih banyak museum yang memiliki koleksi peninggalan bersejarah yang lengkap. Berdasarkan sumber dari situs Kemendikbudristek dan Asosiasi Museum Nasional, berikut beberapa rekomendasi museum yang dapat dikunjungi utuk mengisi liburan.


1. Museum Sejarah Jakarta

Museum Sejarah Jakarta atau lebih dikenal dengan Museum Fatahillah, menyimpan begitu banyak replika peninggalan masa Tarumanegara dan Pajajaran. Terdapat beberapa ruangan dalam museum, yakni ruangan Prasejarah Jakarta, ruangan Tarumanegara, ruangan Jayakarta, ruangan Fatahillah, ruangan Sultan Agung, dan ruangan Batavia.

Museum ini juga menghadirkan benda arkeologis seperti mebel antik yang berasal dari abad ke-27 hingga 19 dengan paduan gaya Eropa. Selain itu, Museum Sejarah Jakarta juga memiliki koleksi mebel antik dari Republik Rakyat Tiongkok, dan Indonesia. 

Selain itu, pengunjung juga dapat berkunjung ke tempat wisata Kampung Tua, melakukan jelajah malam, mengikuti diskusi sketsa gedung tua, menikmati sajian film-film kuno, dan masih banyak lagi.

Untuk dapat menikmati koleksi-koleksi Museum Sejarah Jakarta, kalian dapat membeli tiket yang sangat terjangkau untuk berbagai kategori. Harga tiket dewasa Rp5.000, mahasiswa Rp3.000, dan anak-anak Rp2.000. Museum yang terletak di jalan Taman Fatahillah, Kota Jakarta Barat ini buka hari Selasa hingga Minggu, pukul 09.00 sampai 15.00 WIB. 


2. Museum Bahari

Museum Bahari terletak di Jalan Pasar Ikan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Beberapa koleksi dalam museum yang dapat ditemukan adalah perahu tradisional dengan berbagai ukuran dan bentuk, gaya dan ragam hias, hingga kapal peninggalan VOC.

Tidak hanya itu, dalam museum ini kalian juga akan disuguhkan dengan berbagai miniatur kapal kekinian dan berbagai perlengkapan saat berlayar.

Sesuai namanya, museum ini akan memberikan berbagai informasi terkait kehidupan laut dengan menghadirkan koleksi biota laut, jenis dan sebaran ikan di perairan Indonesia, cerita dan lagu klasik dari para nelayan Nusantara pada zaman dahulu, koleksi kartografi, toko Maritim Nusantara, matra TNI AL, maket Pulau Onrust, dan perjalanan kapal KPM Batavia-Amsterdam.

Harga tiket masuk orang dewasa Rp5.000, pelajar Rp3.000, dan anak-anak Rp2.000. Museum ini akan dibuka untuk masyarakat pada hari Selasa hingga Minggu pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. 


3. Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum yang diresmikan pada 12 Januari 1870 ini menghadirkan berbagai ragam koleksi keramik dari berbagai daerah di Indonesia hingga luar negeri. Museum yang terletak di Jalan Pos Kota, Kotamadya, Jakarta Barat ini juga menyediakan berbagai koleksi lukisan yang terdapat di beberapa ruangan, seperti uang Mas Raden Saleh, ruang Masa Hindia Jelita, ruang Persegi, ruang Pendiri Sanggar, dan ruangan lainnya.  

Tidak hanya itu, dalam museum ini juga menghadirkan berbagai koleksi seni rupa, seperti Totem Asmat, patung tradisional Bali, dan totem serta patung modern. Beberapa keramik yang dikoleksi oleh museum ini menampilkan keramik dari beberapa daerah dan seni kreatif zaman dahulu.

Hal lain yang dapat kalian nikmati ketika berkunjung ke museum ini adalah studio gerabah yang memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk membuat gerabah, toko souvenir yang menyediakan banyak cinderamata, dan perpustakaan
 
Adapun tiket masuk perorangan terdiri dari beberapa kategori, yaitu anak-anak Rp600, mahasiswa Rp1.000, dan dewasa Rp2.000. Bisa juga tiket masuk rombongan yang lebih murah minimalnya untuk 20 orang. Sedangkan jam operasional pada hari Selasa hingga Minggu pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. 


4. Museum Transportasi

Museum Transportasi merupakan salah satu museum yang terletak di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Utara. Museum ini menghadirkan beragam koleksi alat transportasi yang digunakan sejak zaman penjajahan hingga transportasi modern. 

Dalam museum ini, kalian akan menemukan beberapa modul transportasi seperti modul pusat yang menggambarkan keadaan alat transportasi pada zaman dahulu seperti cikar, andong, bendi, dan perahu layar.

Selain itu, museum ini juga terdapat moda darat yang menampilkan berbagai jenis transportasi darat seperti cakar DAMRI dan gerbong kereta api lokomotif, serta berbagai jenis sepeda. Pada moda laut, kalian akan menemukan berbagai kendaraan laut yang sudah menggunakan mesin seperti kapal penumpang dan dok terapung yang dilengkapi dengan papan informasi tentang teknologi kelautan.

Tidak hanya itu, terdapat pula moda transportasi udara yang menggambarkan layanan, jasa transportasi udara hingga perkembangan teknologi transportasi udara.

Kalian dapat mengunjungi museum ini pada hari Senin-Minggu pukul 06.00-20.00 WIB. Harga tiket  pintu masuk TMII sebesar Rp25.000, plus mobil  Rp35.000, motor Rp15.00, sepeda Rp10.000, bus dan truk Rp60.000. Sedangkan untuk masuk ke dalam museum transportasi, kalian dapat membeli tiket masuk Rp10.000/orang. 


5. Museum Komodo dan Reptil

Museum Komodo terletak di kompleks Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Bagi kalian pencinta fauna, wajib mengunjungi museum bersejarah yang satu ini. Museum Komodo menghadirkan berbagai jenis binatang mamalia dan reptil, seperti harimau, gajah, beruang, kupu-kupu, kerang, keong,  laba-laba, biawak, kura-kura, iguana, buaya, kasuari, dan beragam jenis hewan lainnya.

Baca juga: 5 Deretan Museum Tertua di Dunia, Pintu ke Masa Lalu

Kalian dapat mengunjungi museum ini setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 07.30 hingga 17.00 WIB. Harga tiket masuk pada weekday Rp40.000/orang, dan untuk weekend Rp50.000/orang.
 
Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Moviegoers Merapat, 13 Film Lokal Siap Tayang & Menyapa Penggemar di Prime Video

BERIKUTNYA

Potret Terkini Dunia Pendidikan Indonesia dalam Buku Bangkit Lebih Kuat: Studi Kesenjangan Pembelajaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: