Ilustrasi kegiatan olahraga yang menjadi salah satu tips untuk menjaga kesehatan mental (Sumber gambar: Unsplash/ Emma Simpson)

5 Tips Praktis Menjaga Kesehatan Mental agar Lebih Produktif

10 October 2022   |   15:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Dengan mental yang sehat, maka akan membuat pikiran menjadi lebih positif, sehingga kondisi psikologis dan emosional seseorang akan lebih terkontrol.

Orang dengan mental yang sehat juga memiliki risiko lebih rendah terkena berbagai jenis penyakit. Tak hanya itu, mereka juga dapat berkomunikasi dengan baik serta mampu memberikan kontribusi positif pada lingkungan sekitar. 

Baca juga: 3 Kiat Menjaga Kesehatan Mental Karyawan

Hasil riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, menunjukkan lebih dari 19 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami gangguan mental emosional, dan lebih dari 12 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami depresi di Indonesia.

Dengan adanya pandemi Covid-19 juga memilki dampak yang signifikan terhadap kesehatan mental masyarakat, di mana  angka prevalensinya meningkat 1 sampai 2 kali lipat dibandingkan kondisi sebelum pandemi berlangsung.

Kendati begitu, sebetulnya ada langkah dan tips sederhana yang bisa dipraktikkan untuk mendeteksi dan membantu kesehatan mental loh Genhype sebagaimana dikutip Hypeabis.id dari laman Kementerian Kesehatan, dalam ulasn berikut.

Baca jugaPsikolog Bagikan 4 Tips Menjaga Kesehatan Mental Untuk Mahasiswa 
 

1. Kenali Diri Sendiri

ilusrasi mengenali diri sendiri (sumber gambar Unsplash/Brett Jordan)

ilusrasi mengenali diri sendiri (Sumber gambar: Unsplash/Brett Jordan)


Setiap orang memiliki keunikan masing-masing, sehingga mengenali diri sendiri juga penting dilakukan agar dapat membantu Genhype lebih cepat dalam mendeteksi gangguan mental dalam diri. Beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah mencatat durasi istirahat atau jam tidur, mengukur berapa banyak energi yang dibutuhkan untuk melakukan bermacam aktivitas, hingga seberapa sering kalian makan dalam sehari.

Jika nantinya terjadi perubahan dalam kebiasaan-kebiasaan tersebut maka hal itu dapat menunjukkan tekanan secara emosional atau mental kalian sedang terganggu. Untuk mengatasinya, Genhype juga bisa berkonsultasi ke psikolog atau psikiater. 
 

2. Me Time

Dunia saat ini bergerak dengan cepat serta banyak informasi bersliweran dari berbagai jenis sarana berbasis, terutama dari media sosial dan internet. Hal-hal seperti itu yang membuat orang menjadi lebih gampang stres. Terlebih ada tuntutan dari keluarga, lingkungan atau pekerjaan.

Untuk menyikapi hal itu, ambilah waktu sejenak untuk bersantai dengan melakukan apa yang disukai. Misalnya berendam di air hangat, melakukan perawatan di salon, atau menjalankan hobi-hobi lain agar pikiran kembali fresh.
 

3. Jauhi Gawai Sejenak

Sebisa mungkin jauhi juga sejenak berbagai macam teknologi, seperti ponsel, komputer, layar televisi, dan tablet dengan menonaktifkannya barang 1-2 jam setiap hari. Hal ini bisa dilakukan agar Genhype lebih leluasa dalam mengenali diri sendiri.

Langkah ini bisa dilakukan sebelum tidur atau setelah pulang kerja, dengan tidak harus mengecek media sosial atau kabar terbaru dari linimasa yang  malah akan mempengaruhi kualitas tidur kalian. Pasalnya, kualitas tidur yang baik juga penting bagi kesehatan mental seseorang.
 

4. Berolahraga

ilusrasi olahraga (sumber gambar Unsplash/ Chander R)

ilusrasi olahraga (Sumber gambar: Unsplash/ Chander R)

Antara pikiran dan tubuh selalu berhubungan satu sama lain. Kesehatan fisik berpengaruh terhadap kesehatan mental, begitu pula sebaliknya. Dengan belorahraga secara teratur makan akan membantu mengurangi gejala depresi, selain itu olahraga juga menjaga kesehatan fisik kalian.

Beberapa olahraga sederhana yang bisa dilakukan adalah melakukan aktivitas di luar ruangan, seperti berjalan kaki atau lari minimal 30 menit sehari yang akan membuat tubuh menjadi bugar dan pikiran menjadi lebih sehat.
 

5. Menulis

Saat stres melanda maka akan membuat seseorang sulit untuk fokus. Saat ada banyak ide yang bersliweran di kepala, hal itu menjadi sulit diraih atau dijabarkan pada seseorang. Tapi untuk menyikapinya, Genhype bisa memindahkan ide-ide tersebut ke dalam tulisan.

Selain sebagai tempat untuk menuangkan ekspresi kalian, menulis juga memiliki banyak manfaat, seperti memperkuat daya ingat, meningkatkan kemampuan berbahasa, serta dapat menghibur diri. Melalui tulisan, kalian juga bisa menuangkan berbagai ekspresi yang dirasakan, sehingga pikiran bisa jadi lebih segar. 

Nah, itulah dia Genhype beberapa tips sederhana yang bisa kalian lakukan untuk menjaga kesehatan mental agar lebih produktif. Selamat memperingati Hari Kesehatan Mental Dunia ya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Tumpas Stigma Penyintas Bipolar, Marshanda Tampilkan Batik Brainwave dari Gelombang Otaknya

BERIKUTNYA

Hari Kesehatan Mental Sedunia, Ini Kutipan yang Bisa Menjadi Penyemangat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: