Setiap 10 Oktober, dunia merayakan Hari Kesehatan Mental Sedunia. (Sumber gambar: Pexels/Maksim Goncharenok)

Hari Kesehatan Mental Sedunia, Ini Kutipan yang Bisa Menjadi Penyemangat

10 October 2022   |   13:33 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Setiap 10 Oktober, dunia merayakan Hari Kesehatan Mental Sedunia. Tahun ini World Federation for Mental Health (WFMH) mengusung tema Jadikan Kesehatan Mental & Kesejahteraan untuk Semua Prioritas Global yang bertujuan untuk mendorong dunia menjadi tempat yang lebih baik.

WFMH adalah organisasi non-pemerintah (LSM) multi-profesional internasional, termasuk sukarelawan warga dan mantan pasien. Didirikan pada tahun 1948 di era yang sama dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Untuk diketahui, Federasi Kesehatan Mental Dunia terbentuk asal saran dari George Brock Chisholm yang merupakan Direktur Jenderal pertama Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Chisholm adalah seorang psikiater dari Kanada.

Dia memiliki visi membentuk WFMH sebagai badan non pemerintah internasional yang menyediakan tautan ke organisasi kesehatan mental akar rumput dan badan-badan PBB. Chisholm berpandangan bahwa kesehatan adalah kesejahteraan fisik, mental, dan sosial yang lengkap.

Baca juga: 5 Fakta di Balik Hari Kesehatan Mental Dunia yang Diperingati Tiap 10 Oktober

WFMH sendiri memiliki akar kembar. Salah satunya terdapat pada organisasi pendahulunya, Komite Internasional untuk Kebersihan Mental (ICMH), yang pertama kali dibentuk pada tahun 1919 oleh Clifford Beers — mantan pasien rumah sakit jiwa yang menyusun jaringan internasional asosiasi kesehatan mental nasional.

Akar kedua dan lebih memiliki keterlibatan langsung dengan WFMH berasal dari harapan pasca-Perang Dunia II untuk perdamaian melalui kerjasama internasional. Puncaknya pada tahun 1948 dengan berdirinya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan WHO terkait.

Dalam memberikan semangat kepada sesama, salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan kata-kata penyemangat. Jadi, jangan lupa untuk menebarkan pesan positif kepada seluruh orang pada Hari Kesehatan Mental Sedunia.

Berikut ini sejumlah kutipan yang bisa Genhype jadikan referensi:
 

(Sumber gambar: Pexels/Mica Asato)

Hari Kesehatan Mental Sedunia. (Sumber gambar: Pexels/Mica Asato)


1. "Happiness can be found even in the darkest of times, if only one remembers to turn on the light."

Kutipan di atas merupakan kalimat terkenal yang diucapkan oleh karakter Albus Dumbledore dalam franchise Harry Potter. Kata-kata tersebut berarti “Kebahagiaan dapat ditemukan bahkan pada saat-saat tergelap, hanya jika seseorang ingat untuk menyalakan lampu”.


2. "Mental Health is not a destination. It is a process. It's not about where you are going, but about how you drive!"

Ini kutipan dari Noam Shpancer. Profesor psikologi di Otterbein University dengan spesialisasi klinis dalam penilaian dan pengobatan gangguan kecemasan itu menuturkan bahwa “Kesehatan mental bukan lah tujuan, tapi sebuah proses. Ini tentang bagaimana Anda pergi [ke sebuah tujuan], bukan ke mana Anda akan pergi”.

Jika kalian kesulitan menemukan motivasi, merasa lebih cemas atau stres dari biasanya, atau bahkan merasa benar-benar kewalahan, jangan menunggu atau menundanya sampai hidup di sekitar kita melambat, jika tidak, mungkin sudah terlambat. Sebaliknya, temukan waktu untuk diri sendiri dan cari bantuan.


3. "Not until we are lost do we begin to understand ourselves."

Kutipan ketiga yang dapat kalian gunakan untuk memberikan pesan positif adalah tulisan Henry David Thoreau, yakni seorang penulis dan filsuf asal Amerika Serikat. Menurutnya, perlu jalan panjang untuk mengenal diri kita sendiri, dan tidak jarang kita tersesat dalam prosesnya.

Konsep kehilangan dan kekecewaan mungkin menakutkan bagi sebagian orang, tapi proses ini akan terjadi pada kita di beberapa titik, di sepanjang jalan kehidupan. Merasa tersesat adalah kesempatan luar biasa untuk menemukan kembali siapa kita dan apa yang membuat kita bersemangat. Bersabarlah dengan diri sendiri dan jangan memaksakan apa pun yang tidak tepat untuk kalian. 


4. “You are not your illness. You have an individual story to tell. You have a name, a history, a personality. Staying yourself is part of the battle."

Kutipan dari Julian Seifter juga dapat menjadi ucapan selamat yang kalian gunakan untuk memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia. Pria yang merupakan Senior Advisor di Walter Bradford Cannon Society itu mengatakan, “Kamu bukan penyakitmu. Anda memiliki kisah individu untuk diceritakan. Anda memiliki nama, sejarah, kepribadian. Tetap menjadi diri sendiri adalah bagian dari pertempuran”.


5. "Just because no one else can heal or do your inner work for you doesn't mean you can, should, or need to do it alone.” 

Lisa Olivera adalah penulis dan terapis yang kutipannya bisa menjadi ucapan pada Hari Kesehatan Mental Sedunia. Kutipan itu berbunyi “Hanya karena tidak ada orang lain yang dapat menyembuhkan atau melakukan pekerjaan batin Anda untuk Anda, tidak berarti Anda dapat, harus, atau perlu melakukannya sendiri”.

Dilansir dari situsnya, Olivera menuliskan bahwa dirinya adalah manusia yang berbagai pekerjaan yang berpusat pada penerimaan radikal, menumbuhkan kasih sayang, mengintegrasikan cerita, dan merangkul kemanusiaan sepenuhnya.

Dia mengaku memiliki misi untuk membimbing orang-orang dalam mengingat kecukupan, menghormati diri sendiri, dan menemukan kembali kisah-kisah baik untuk menjalani kehidupan yang lebih utuh dan bermakna.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

5 Tips Praktis Menjaga Kesehatan Mental agar Lebih Produktif

BERIKUTNYA

5 Outfit Cozy ala Uhm Ji-won, Pemeran Antagonis Won Sang-ah di Drakor Little Women

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: