Ilustrasi orang insecure (Sumber gambar: Freepik)

5 Cara Atasi Rasa Insecure yang Muncul Tiba-tiba

03 October 2022   |   13:53 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Hampir semua orang di dunia ini pernah merasa insecure di dalam hidupnya. Rasa insecure bisa muncul kapan pun dan di mana pun. Terkadang, perasaan tidak percaya diri dan tidak aman dirasakan ketika kita baru saja mendapat penolakan atau hal tidak menyenangkan lainnya.

Insecure adalah perasaan yang normal dan bisa jadi sinyal bahwa ada sesuatu yang kurang yang masih kita rasakan. Pada beberapa orang sinyal tersebut menjadi tanda bahwa kita perlu bergegas memperbaiki diri.

Namun, bagi beberapa orang lain rasa insecure muncul secara berlebihan. Alih-alih jadi momen untuk memperbaiki diri, insecure justru malah menghambat pengembangan diri. Sebab, seseorang terfokus pada kekurangan dirinya atau ketidakpercayaan dirinya saja.

Baca juga3 Langkah Membangun Rasa Percaya Diri

Meski rasa insecure sebenarnya manusiawi, kamu enggak boleh menyepelakan kondisi tersebut. Rasa insecure yang berlebihan sering kali membuat seseorang jadi stres dan ragu untuk melakukan sesuatu.

Oleh karena itu, kamu perlu memiliki langkah-langkah yang tepat mengatasi rasa insecure. Cara pandangmu yang keliru dan membuat insecure itu harus diubah. Berikut beberapa tip sederhana yang bisa membantumu mengatasi rasa insecure di dalam diri sendiri.
 

1. Fokus pada Kelebihan

Tidak ada orang yang sempurna di dunia ini. Jadi, sangat wajar bila seseorang memiliki kekurangan di bagian tertentu. Namun, setiap orang pasti juga memiliki kelebihan di bidang lain.

Ketika seseorang bisa mengenal kelebihan diri sendiri, dia akan fokus pada nilai-nilai tersebut. Ingatlah bahwa orang lain mungkin tidak memiliki kelebihan yang kamu punyai saat ini. Dengan demikian, kamu bisa mulai memupuk kembali rasa percaya dirimu akan sesuatu.


2. Jangan Suka Membandingkan Diri

Rasa insecure bisa memudar ketika kita punya rasa syukur.  Jangan pernah membandingkan diri sendiri dengan orang lain yang bisa membuatmu malah makin terpuruk. Ketidakpercayaan diri bisa muncul ketika seseorang melihat orang lain bisa berhasil, tetapi kita tidak.

Menerima fakta bahwa diri kita tidak harus selalu tampil sempurna dapat membuat hati tenang. Sebab, rasa iri pada orang lain malah membuatmu lupa pada kelebihan dirimu di bidang lain.


3. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Rasa insecure kerap muncul ketika seseorang melakukan kesalahan. Pikiran negatif setelah melakukan kesalahan bisa membuat  seseorang jadi cemas dan gelisah. Pada akhirnya orang tersebut akan merasa tidak percaya diri lagi dan sibuk menyalahkan diri sendiri.

Melawan pikiran negatif memang tidak mudah. Namun, tidak akan ada yang berubah dari masa lalu. Dibanding sibuk menyalahkan diri sendiri, lebih baik jadikan momen ini sebagai pelajaran. Tulislah kejadian negatif dan pikiran negatif kamu saat ini, kemudian temukan solusi supaya hal tersebut tidak kembali terulang.


4. Istirahatkan Diri

Istirahatkan diri dari topik yang sedang membuatmu insecure. Jika rasa insecure datang dari tempat bekerja, kamu bisa mengajukan cuti dan mengambil jeda dari padatnya aktivitas kantor.

Cobalah untuk menenangkan diri dengan melakukan hal-hal yang disukai. Mulai liburan ke tempat yang diinginkan, bermain dengan teman, mengajak hewan peliharaan ke taman, dan lainnya. Liburan terkadang membuat seseorang bisa menemukan sudut pandang baru terhadap masalah yang kita hadapi.
 

5. Curhat

Rasa insecure membuat seseorang jadi tidak bisa berpikir jernih. Rasa cemas, tidak percaya diri, dan gelisah membuat orang sulit menemukan solusi atas permasalahannya.

Untuk meredakan ketegangan, kamu bisa curhat dan mengobrol dengan teman dekatmu atau keluargamu. Orang lain mungkin bisa memberimu sudut pandang baru sehingga ketidakpercayaan dirimu bisa teratasi.

Baca jugaLakukan Ini Agar Lebih Percaya Diri saat Perkenalan Wawancara Kerja

Jika rasa insecure tidak juga hilang, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan psikolog atau ahli lainnya untuk mengetahui kondisi sebenarnya yang sedang kamu rasakan.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Jadi Celana Sejuta Umat, Ini 5 Fakta Menarik Jeans yang Perlu Kalian Ketahui

BERIKUTNYA

Kenalin Nih Robot Optimus Punya Elon Musk, Bisa Siram Tanaman hingga Angkat Barang, Harganya Rp300 Jutaan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: