Bermain rubik merupakan salah satu senam otak. (Sumber gambar: Unsplash/ Alan de la Cruz)

10 Cara Asyik Senam Otak untuk Mengurangi Pikun, Kuy Dicoba

28 September 2022   |   19:09 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like

6. Menghabiskan waktu dengan orang terkasih

Jika kalian ingin melatih otak dan mengembangkan kemampuan kognitif yang optimal, maka memiliki hubungan baik dengan orang lain adalah salah satu tip penting. Berbicara dengan orang lain dan terlibat aktivitas dengan orang yang dicintai membantu untuk berpikir lebih jernih dan meningkatkan mood.
 

7. Makan sehat

 

Makanan sehat mampu memberikan dorongan yang baik untuk otak. (Sumber gambar: Unsplash/Brooke Lark)

Makanan sehat mampu memberikan dorongan yang baik untuk otak. (Sumber gambar: Unsplash/Brooke Lark)


Makanan seperti ikan, buah-buahan, dan sayur mayur membantu performa otakmu secara optimal dalam jangka panjang.Selain itu, tahukah kamu kalau dark chocolate juga memberikan dorongan yang baik untuk otak.

Saat kalian makan cokelat hitam, otak akan memproduksi dopamin yang membantu untuk belajar lebih cepat dan mengingat lebih baik. Belum lagi, cokelat mengandung flavanol, yang memiliki fungsi antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi otak.


8. Minum cukup air putih

Otak terdiri dari 70 persen air  jadi tanpa cukup air otak kalian tidak akan berfungsi di kondisi terbaiknya. Ketika kamu tidak cukup minum air, kemampuan untuk berkonsentrasi, membuat keputusan dan kewaspadaan akan berkurang. Buruknya, kalian akan merasa mengantuk dan kekurangan energi. Solusinya adalah menyimpan sebotol besar air di meja kerja, dan meminumnya secara teratur sepanjang waktu.


9. Jangan sampai waktu tidur berkurang

Sudah banyak studi ilmiah yang menunjukkan pentingnya kualitas tidur untuk manusia. Jika kalian ingin meningkatkan kemampuan otak, maka mulailah dengan cukup tidur. Jumlah jam yang dibutuhkan bergantung pada ritme sirkadian kamu sendiri, jadi tentukan waktu terbaik. Tidur selama enam hingga delapan jam sehari biasanya cukup bagi kebanyakan orang, jadi pastikan kalian mencapai jumlah jam per malam itu sebagai minimum.
 


10. Istirahat cukup

Otak kita tidak begitu baik dalam mempertahankan konsentrasi dan fokus selama lebih dari satu jam. Setelah Anda melampaui jumlah waktu tertentu dengan melakukan pekerjaan yang fokus, tidak jarang kalian membuat lebih banyak kesalahan. Ini tandanya otakmu lelah dan butuh istirahat.

Mengambil istirahat yang tepat itu penting. Beralih dari mengerjakan spreadsheet yang rumit ke memeriksa feeds media sosial, tidak berarti memberi otak istirahat yang tepat. Sebaliknya, bangun dari meja Anda dan pergi ke luar ruangan. Jika itu tidak memungkinkan, cukup menikmati pemandangan di luar dari jendela terdekat.

Baca juga5 Tips Menjaga Otak Agar Tetap Sehat

Sekarang setelah kalian tahu cara melatih otak, inilah saatnya untuk memulai 10 tips diatas. Meningkatkan kemampuan otak untuk bekerja dan mengingat akan memakan waktu, dan kamu tidak akan melihat hasilnya dalam semalam. Tetapi dengan dedikasi pada rutinitas pelatihan otak ini kalian akan benar-benar melihat hasilnya.

Namun, bila kalian mengalami masalah pada fungsi otak, seperti sulit konsentrasi yang berlebihan, tidak bisa berpikiran jernih, hingga sulit menjalani kegiatan sehari-hari tanpa bantuan orang lain, lebih baik melakukan konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Editor: Dika Irawan
1
2


SEBELUMNYA

Potret Mini Dress Black Jisoo BLACKPINK di Show Dior Paris Fashion Week, Detail Gaunnya Jadi Perhatian

BERIKUTNYA

Fans MCU Sambut Antusias kembalinya Hugh Jackman sebagai Wolverine di Deadpool 3

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: