Bermain rubik merupakan salah satu senam otak. (Sumber gambar: Unsplash/ Alan de la Cruz)

10 Cara Asyik Senam Otak untuk Mengurangi Pikun, Kuy Dicoba

28 September 2022   |   19:09 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Sadarkah Genhype bahwa semakin tua kalian maka semakin sering mengalami kejadian lupa? Entah itu lupa menaruh barang hingga lupa nama orang. Perlu dipahami, seseorang yang kelupaan sepanjang waktu mungkin ada kaitannya dengan gangguan pada memori otak mereka.

Sebuah studi pada 2014 menemukan bahwa latihan atau senam otak membantu orang tua mempertahankan keterampilan penalaran dan kecepatan kognisinya bahkan 10 tahun setelah penelitian berakhir.

Perlu diketahui, senam otak merupakan serangkaian kegiatan yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan fungsi otak, serta melatih daya pikir dan kreativitas serta memberikan stimulasi. Melakukan aktivitas yang menantang otak ini penting untuk dilakukan secara rutin, khususnya bagi para lansia.

Baca jugaKembalikan Fokus dengan Brain Gym, Ini 7 Gerakan yang Bisa Dicoba

Kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk mencegah dan mengurangi pikun, meningkatkan daya ingat, kecerdasan, dan konsentrasi, sekaligus untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak seiring bertambahnya usia.

Meningkatkan kekuatan otak tidak hanya dilakukan ketika usia kita menginjak usia 50, kalian bisa melakukannya sekarang. Hal yang perlu dilakukan adalah mengembangkan beberapa kebiasaan sederhana, seperti berolahraga secara teratur, cukup tidur, dan makan makanan yang tepat.

10 tips dibawah ini akan sangat membantu menjadi lebih waspada, kemampuan fokus, dan membuat keputusan. Yuk simak!


1. Lakukan pekerjaan sulit di pagi hari

Otak kita bekerja paling baik saat mereka segar dan berenergi setelah tidur malam yang nyenyak. Jika kamu memiliki tugas yang membutuhkan banyak pemikiran dan fokus, waktu terbaik untuk melakukan tugas itu adalah di pagi hari ketika otak masih dalam kondisi paling segar.

Cobalah untuk menghindari memeriksa surel dan rapat di pagi hari. Sebaliknya, jadwalkan pekerjaan yang membutuhkan energi dan konsentrasi kreatif untuk memanfaatkan tingkat energi otak Anda yang lebih tinggi.
 

2. Main game menantang otak

Sekarang ini kalian bisa mengunduh game online yang berfungsi untuk senam otak. Contohnya adalah teka-teki silang. Saat kamu main teka-teki silang, kamu menggunakan memori verbal untuk mencari kata-kata yang cocok.

Bahkan satu studi dari Journal of the International Neuropsychology Society menemukan kemungkinan hubungan antara menyelesaikan teka-teki silang dengan keterlambatan penurunan memori yang menyebabkan demensia. Selain itu, kamu bisa menemukan beberapa gerakan brain gym di aplikasi online maupun website yang membantu mengasah otakmu. 
 

3. Belajar hal-hal baru

Semakin kalian mempergunakan otak, maka lebih baik kinerjanya. Contohnya, mempelajari instrumen musik yang baru atau mempelajari bahasa baru yang memaksa otak untuk bekerja dengan cara yang berbeda.

Dengan benar-benar melakukan sesuatu yang baru berulang kali, otak kalian menghubungkan jalur baru yang membantu melakukan hal baru ini dengan lebih baik dan lebih cepat dengan meningkatkan fungsi kognitif tertentu. Ingat, dengan melatih otak untuk melakukan sesuatu berulang kali, Genhype sebenarnya mengubah diri secara permanen.


4. Olahraga Minimal 20 menit

Olahraga tidak hanya untuk menggerakkan tubuhmu, tapi juga meningkatkan kebugaran otak. Otak kita berevolusi untuk berfungsi sebaik mungkin saat kita berolahraga. Bahkan berolahraga sebentar saja selama 20 menit sangat membantu pemrosesan informasi dan fungsi memori. Bukan hanya itu, olahraga juga membantu otak Anda membuat koneksi saraf baru lebih cepat.

Dalam beberapa studi menjelaskan ketika kita berolahraga, jumlah oksigen yang masuk ke otak meningkat dan membantu mempertajam fungsi otak. Anda akan belajar lebih cepat, dan tingkat kewaspadaan meningkat.

Inilah sebabnya mengapa kita cenderung menemukan solusi untuk masalah ketika kamu berjalan atau berolahraga daripada ketika hanya duduk di meja menatap layar. Beberapa aktivitas moderate aerobic yang bisa dicoba adalah bersepeda, bola voli, jalan santai, dan aerobik air.


5. Baca buku, jangan feeds sosial media

 

Membaca buku penting untu meningkatkan kemampuan bernalar. (Sumber gambar: Unsplash/  Clem Onojeghuo)

Membaca buku penting untu meningkatkan kemampuan bernalar. (Sumber gambar: Unsplash/ Clem Onojeghuo)

Tidak ada jalan pintas untuk meningkatkan pengetahuan dan tentunya tidak dengan cara menghabiskan waktu berjam-jam di media sosial. Jadikan membaca buku sebagai kebiasaan rutin. Ketika kalian membaca buku berkualitas baik, kamu dapat meningkatkan kemampuan dan mempergunakan pengetahuan itu untuk memecahkan masalah. Cobalah membaca buku tentang teori ekonomi, sejarah, dan psikologi karena topik ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
 
1
2


SEBELUMNYA

Potret Mini Dress Black Jisoo BLACKPINK di Show Dior Paris Fashion Week, Detail Gaunnya Jadi Perhatian

BERIKUTNYA

Fans MCU Sambut Antusias kembalinya Hugh Jackman sebagai Wolverine di Deadpool 3

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: