Ilustrasi otak (Dok. Unsplash/Fakurian Design)

Yuk Coba Brain Gym untuk Melatih Tubuh & Pikiran

30 November 2021   |   11:41 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Buat kalian yang masih sekolah atau kuliah, pasti tahu betul betapa drastisnya perubahan gaya belajar saat pandemi. Adaptasi belajar daring pun butuh waktu tak sebentar. Belum jika mengingat kendala-kendala selama pembelajaran daring, seperti sulit fokus dan berkonsentrasi pada pelajaran.

Menurut psikolog Riliv, Erwinda Tri Satya M.Psi, masalah tersebut bisa diatasi dengan brain gym. Brain gym membuat kerja otak menjadi lebih maksimal, sehingga konsentrasi jadi lebih mudah.
 
Terbiasa menggunakan otak kanan atau otak kiri saja? Brain gym membuatmu melatih keduanya! Sebab, seperti diketahui, kebanyakan orang hanya terbiasa menggunakan satu bagian otak saja. Ada yang terbiasa menggunakan otak kiri, ada pula yang lebih sering menggunakan otak kanan.

"Kalau hanya mengandalkan salah satu bagian otak saja, kita tidak memanfaatkan kinerja otak sebaik mungkin. Sangat disayangkan, padahal menggunakan kedua bagian otak bisa membuat kita lebih fokus dan siap belajar," katanya melalui keterangan resmi yang diterima oleh Hypeabis.id pada Selasa (30/11/2021)

(Baca juga: 5 Tips Menjaga Otak Agar Tetap Sehat)

 

Brain Gym (Dok. Riliv)

Brain Gym (Dok. Riliv)


Brain gym adalah salah satu solusi untuk memaksimalkan kinerja otak. Secara keseluruhan, aktivitas yang bisa dilakukan di sela-sela kegiatan sehari-hari ini bisa menyeimbangkan tubuh dan pikiran, meningkatkan kemampuan mengingat dan akademik, serta memperbaiki kemampuan komunikasi.

Tidak serumit namanya, brain gym ternyata bisa dilakukan dengan simpel. Erwinda memberi contoh beberapa gerakan brain gym yang ternyata cukup familiar. Misalnya gerakan menengok ke kanan dan kiri sambil meletakkan tangan di bahu yang berlawanan dengan arah wajah.

Selain itu, ada pula gerakan tangan kanan membentuk pistol dan tangan kiri membentuk huruf 'V', lalu mengubah posisi tangan secara bergantian.

Brain gym juga bukan sekadar aktivitas yang bisa menunjang pembelajaran saja. Jika diterapkan secara rutin, brain gym bisa menjadi latihan yang dapat menyehatkan mental.

Marshanda, selebritis yang sering bicara soal kesehatan mental, juga mengungkapkan pentingnya menjaga kondisi jiwa. Baik kesehatan fisik dan kesehatan mental, keduanya saling menunjang satu sama lain. Sulit menjadi pribadi yang sehat jika mental tidak sehat. 

"Ada banyak 'nutrisi' bagi kesehatan mental. Bisa berupa penerimaan, kasih sayang, afirmasi positif, dan brain gym," ujarnya. 


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Riset: Snapchat hingga TikTok Bisa Tingkatkan Depresi pada Orang Dewasa

BERIKUTNYA

Tayang di Vision+, Menjadi Manusia Rilis Serial Daur Hidup

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: