ilustrasi konser (Sumber gambar: Freepik)

5 Tip Mengatasi Pegal-Pegal Sehabis Menonton Konser

27 September 2022   |   13:49 WIB
Image
Chelsea Venda Hypeabis.id

Menonton konser musik adalah hal yang menyenangkan, meskipun sebenarnya cukup melelahkan. Namun, rasa lelah itu terkadang baru muncul ketika sudah sampai di rumah. Badan dan kaki mendadak terasa pegal-pegal yang menimbulkan ketidaknyamanan.

Namun, merasa pegal-pegal setelah nonton konser sebenarnya wajar kok. Sebab, aktivitas menonton konser bisa menghabiskan tenaga yang cukup besar. Misalnya saat harus antre pengecekan tiket dan antrean masuk ke area konser yang membuat kita harus berdiri dalam waktu lama.

Belum lagi saat konser sudah dimulai, tentu kita akan berdiri sepanjang musisi favorit menyanyi, terkadang saking excited-nya juga disertai loncat-loncat. Jadi, pantas saja ketika pulang konser, badan terasa pegal dan otot kaku.

Baca juga: 5 Barang yang Wajib Dibawa saat Nonton Konser

Dokter M Berian Rachmanadi mengatakan meski kegiatannya sangat seru, tanpa disadari menonton konser itu menghabiskan cukup banyak tenaga. Umumnya, orang yang merasa capek saat konser akan merasakan pegal-pegal sampai nyeri otot.

Nyeri otot atau pegal-pegal ini diakibatkan oleh aktivitas fisik kita selama mengikuti konser, baik akibat berdiri lama, sampai dengan bergerak mengikuti senandung irama.

Namun, jangan khawatir, ada beberapa tip sederhana yang bisa membantu mengurangi pegal-pegal setelah menonton konser. Berikut 5 hal yang bisa dilakukan biar pegal-pegal berkurang.


1. Jaga hidrasi tubuh.

Menonton konser kerap membuat kita terlalu fokus pada apa yang ditampilkan di atas panggung. Rasa senang yang muncul juga sering kali membuat kita lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Hal itu membuat seseorang bisa mengalami dehidrasi.

Hidrasi tubuh sangat penting dalam membantu pemulihan otot. Oleh karena itu, segeralah penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan meminum air. Minum air yang cukup akan membantu cairan tubuh kita tetap bergerak, mengurangi radang, membuang zat sisa tubuh, dan juga mengantarkan nutrisi ke otot.

Penting bagi kita memastikan status hidrasi kita tetap baik setelah konser. Hal paling gampang ialah dengan melihat warna kekeruhan urin. Jika warnanya kuning terang hingga bening, status hidrasi kita baik. Namun, jika warnanya gelap hingga keruh, berarti kita butuh cairan.


2. Melakukan pemijatan pada area otot yang terasa pegal.

Memijat memang sudah dikenal lama efektif meredakan pegal-pegal. Cara ini cukup sederhana, bisa dilakukan sendiri, dan tidak membutuhkan biaya. Kamu hanya perlu menekan daerah yang terasa pegal secara perlahan.

Pemijatan pada area otot yang pegal dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah yang membawa nutrisi dan oksigen ke area yang pegal. Hal itu mampu mengurangi bengkak dan nyeri yang muncul sehingga recover-nya menjadi lebih cepat.


3. Makan bergizi setelah konser.

Makan setelah konser tentu sangat direkomendasikan. Hal ini bisa mengganti banyaknya tenaga yang keluar setelah aktivitas menonton konser. Makanlah makanan yang banyak mengandung protein yang bisa mengembalikan sel-sel rusak pada kram otot.

Makan makanan bergizi juga akan memberikan nutrisi kepada tubuh kita untuk membantu proses recovery pada otot yang terasa pegal-pegal tersebut. Makanan yang direkomendasikan ialah yang mengandung protein tinggi, buah, sayur, serta vitamin, dan mineral sehingga membantu penyembuhan tubuh


4. Tidur yang cukup.

Setelah mengisi kembali tenaga dengan makan, kamu disarankan untuk langsung beristirahat. Istirahat bertujuan untuk mengembalikan energi tubuh yang telah keluar selama menonton konser.

Baca juga: 7 Inspirasi Outfit Hijab untuk Nonton Konser, Tetap Nyaman dan Stylish

Istirahat juga jadi waktu bagi otot-otot yang merasa tegang untuk healing atau normal kembali. posisikan tubuh senyaman  mungkin sehingga otot-otot yang tegang kembali rileks.


5. Konsumsi obat penghilang nyeri.

Jika semua tip telah dilakukan dan badan masih pegal, kamu bisa menggunakan obat penghilang nyeri apabila diperlukan. Penggunaan obat analgesik (painkiller) dapat membantu meredakan rasa nyeri akibat otot yang tegang. Namun, jika keluhan berlanjut, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Takut Beli Minuman Manis? Yuk Buat Teh Kombucha di Rumah

BERIKUTNYA

Kendaraan Boros Bensin? Ini 4 Cara Mudah Cek Konsumsi BBM

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: