Konsumsi teh kombucha baik untuk kesehatan (Sumber gambar: Unsplash/Dannie Sorum)

Takut Beli Minuman Manis? Yuk Buat Teh Kombucha di Rumah

27 September 2022   |   14:00 WIB
Image
Dian aditama Ibu berjiwa muda yang sedang dalam proses kurus

Beberapa hari terakhir ini media massa sedang dihebohkan dengan cuitan netizen yang menuliskan bahwa dia merasa minuman yang dibelinya terlalu manis. Dia merasa dirugikan dengan dalih minuman tersebut akan bisa menimbulkan efek buruk bagi tubuhnya. 

Namun, memang tidak bisa dipungkiri lagi makin kesini semakin banyak merek-merk minuman manis kekinian di masyarakat. Dari teh-tehan hingga kopi-kopian. Dari yang murah hingga mahal. 

Mengutip postingan Instagram dokter Adam Prabata, dia menyebut bahwa terlalu banyak mengonsumsi minuman manis bisa menyebabkan beberapa penyakit. Beberapa di antaranya adalah penyakit diabetes melitus, penyakit jantung, hingga perlemakan hati. Aduh kok jadi serem ya Genhype.

Daripada takut untuk mengonsumsi minuman manis yang sedang viral, kenapa tidak mencoba jenis minuman manis lain yang lebih sehat. Minuman manis itu ialah teh kombucha. Kombucha atau juga bisa disebut dengan teh-bio sudah di kenal sejak tahun 220 M di Manchuria.

Berdasarkan informasi dari dokter Irvan Rahmat Amanu dari RS Harapan Kita Jakarta, Kombucha adalah hasil fermentasi teh hitam yang dimaniskan oleh proses simbiosis bakteri asam asetat dan juga ragi, atau lebih dikenal dengan sebutan Scoby (Symbiotic Culture of Bacteria and Yeast). Scoby ini sudah banyak di jual jadi tidak perlu khawatir untuk mencarinya. 

Hasil dari fermentasi ini akan menghasilkan teh dengan rasa manis agak asam dan sedikit bersoda. Teh kombucha dipercaya baik untuk kesehatan karena mengandung probiotik yang baik untuk tubuh. Melihat manfaatnya yang dari konsumsi teh ini, bagaimana kalau kita buat sendiri di rumah.

Berikut ini adalah bahan-bahan yang digunakan untuk membuat 2 liter teh kombucha, lengkap dengan prosesnya step by step. Yuk simak! 
 

Bahan- Bahan

  • 1300ml Air matang
  • 500 ml  Air panas
  • 30 gr  Daun teh murni
  • 1 buah Scoby
  • 200 ml Larutan starter/ cuka scoby
  • 200 gr Gula
 

Alat Yang Digunakan

  • Saringan teh
  • Gelas ukur
  • Sendok kayu
  • Toples kaca beserta tutupnya
  • Kain katun atau tisu
 

Cara Membuatnya

  1. Rebus 500 ml air ke dalam panci. Masukkan 30 gram teh dan aduk setelah itu diamkan selama 6-10 menit.
  2. Setelah itu saring dan tambahkan 50 – 100 gram gula pasir untuk menambah rasa manis.
  3. Kemudian tambahkan 1300ml pada suhu ruang. Untuk catatan usahakan suhu tidak boleh lebih dari 35 derajat Celcius.
  4. Campurkan Scoby dalam 200 ml  larutan starter ke dalam larutan teh. Larutan starter ini biasanya ada didalam packing bersama dengan scoby jadi jangan di buang.
  5. Masukan sampuran tadi ke dalam toples kaca kemudian lapisi dengan kain katun bersih dan tutup rapat.
  6. Diamkan larutan teh selama 6 – 9 hari pada suhu 26 derajat hingga 27 derajat C
  7. Pada hari ke- 7 Genhype bisa membuka toples teh dan bisa di cicipi rasanya. Jika masih dirasa manis maka larutan teh harus kembali difermentasikan lagi.
 

Hal yang Perlu Diperhatikan 

  • Karena ini adalah minuman berfermentasi, pastikan semua peralatan yang digunakan dalam kondisi steril. Hal ini dilakukan untuk menghindari tumbuhnya jamur yang berbahaya.
  • Hindari perggunaan peralatan dari logam akan lebih baik menggunakan peralatan dari kayu.
  • Scoby yang telah digunakan jangan langsung dibuang karena scoby ini masih bisa digunakan untuk membuat teh kombucha lagi.  
Mudah sekali kan cara membuatnya Genhype. Selamat mencobanya di rumah.


*Disclaimer: Seluruh konten dalam tulisan ini merupakan murni hasil karya penulis yang bersangkutan sebagai penulis independen dan Hypeabis.id tidak bertanggung jawab jika di kemudian hari terdapat kekeliruan atau gugatan dari pihak lain.*
 
SEBELUMNYA

6 Cara Mendesain Ruang TV di Rumah, Dijamin Bikin Betah

BERIKUTNYA

5 Tip Mengatasi Pegal-Pegal Sehabis Menonton Konser

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: