Ilustrasi Galeri Seni (sumber Unsplash/Vincentas Liskauskas)

Yuk Tamasya Seni, Ini Jadwal 5 Pameran Terbesar September-November 2022

27 September 2022   |   11:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Gelaran seni di berbagai kota di Indonesia mulai semarak lagi nih Genhype. Hal ini tentu menjadi kabar gembira  bagi para pencinta seni yang ingin menikmati pameran secara langsung setelah lama terkurung pandemi. Jadi bersiap ya buat menikmati tamasya seni rupa dalam 2 bulan ke depan.

Sepanjang September hingga November 2022, galeri-galeri seni di beberapa daerah Indonesia diketahui sudah mulai membuka pameran dengan menampilkan karya-karya seniman Tanah Air yang pantang untuk dilewatkan, dan pastinya seru.

Baca juga: 8 Lukisan Maestro Indonesia Ini Hadirkan Karya Seni yang Menakjubkan

Nah, bagi kalian yang bingung untuk berkunjung menikmati pameran keindahan seni di galeri apa saja yang telah dibuka secara langsung, berikut Hypeabis.id rangkumkan dalam ulasan berikut:
 

1. Bentara Budaya Yogyakarta.

Lembaga kebudayaan Bentara Budaya di Yogyakarta menggelar pameran seni rupa bertajuk Ajur Ajer untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) mereka yang ke-40 dengan menampilkan puluhan karya seniman Tanah Air.
 


Berlangsung dari 22 September-2 Oktober 2022, dalam pameran ini ditampilkan 26 karya seniman yang pernah memberikan kontribusainya di tempat tesebut. Beberapa di antaranya adalah Djoko Pekik, Bambang Heras, Samuel Indratama, Budi Ubrux, hingga Nasirun.
 

2. Taman Ismail Marzuki.

Oase seni yang berada di daerah Cikini, Jakarta Pusat ini juga mulai menggelar pameran dengan tajuk Memoar, di Galeri Emiria Soenassa, Pusat kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki dari 16 September-14 Oktober 2022.
 

Dikuratori Citra Smara Dewi, pameran kali ini menampilkan karya-karya seni rupa dari tokoh Dewan Kesenian Jakarta (1968) dan Akademi Jakarta (1970) serta pendidik LPKJ era 1970-an hingga sekarang. 

Beberapa lukisan yang dipacak a.l karya dari, Trisno Sumardjo. Danarto, Nashar, Sardono W Kusumo, Jim Supangkat, Dolorosa Sinaga, Srihadi Soedarsono, Affandi, hingga Popo Iskandar.
 

3. Bentara Budaya Jakarta.

Tak hanya di Yogyakarta, Bentara Budaya Jakarta atau BBJ, juga akan menampilkan karya-karya maestro lukis Indonesia dalam rangka memperingati ulang tahun mereka yang ke-40 dengan tajuk, Seraut Wajah Indonesia di Kanvas Kita.
 

Dikuratori Efix Mulyadi, pameran yang dibuka pada 26 September-7 Oktober 2022 ini akan menampilkan 77 lukisan karya 40 perupa Indonesia dan mancanegara yang menjadi koleksi Bentara Budaya  yang dapat dilihat oleh publik secara gratis.
 

4. Museum  Basoeki Abdullah.

Museum yang terletak di daerah Jakarta selatan ini juga menampilkan sepilihan karya-karya seniman muda berbakat di Indonesia dari hasil kompetisi Basoeki Abdullah Art Award (BAAA) #4  yang berlangsung dari 26 September-26 Oktober 2022, dengan tajuk IDEOLOG: Kini, Tokoh dan Bangsa.
 

Pada pemeran ini Genhype dapat menonton 25 karya perupa dan seniman Indonesia muda dari berbagai penjuru Tanah Air yang berhasil lolos kurasi dewan juri yang pastinya sangat seru dan membuka pengetahuan kita akan lanskap kesenian.

Baca juga: Rekomendasi 5 Galeri Seni Instagramable di Jakarta, Bikin Feed Tambah Ciamik
 

5. Distrik Seni Sarinah.

Distrik Seni Sarinah yang terletak di lantai 6 Gedung sarinah Jakarta juga menampilkan ratusan karya dari 30 seniman Indonesia dari lintas generasi di berbagai wilayah Indonesia dengan mengusung tajuk Berkelanjutan.
 

Pameran ini berlangsung dari 10 September- 24 November 2022, dan dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB dengan menampilkan karya dari maestro seni  A.D Pirous, Sunaryo, hingga Tromarama.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Tracklist Lengkap TREASURE The Second Step Chapter 2, Asahi & Haruto Unit di Lagu Ciptaannya

BERIKUTNYA

10 Pamali di Indonesia, Pantangan yang Masih Banyak Dipercaya Hingga Saat Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: