Ilustrasi pamali berfoto (Sumber gambar: Priscilla du preez/Unsplash)

10 Pamali di Indonesia, Pantangan yang Masih Banyak Dipercaya Hingga Saat Ini

27 September 2022   |   12:30 WIB

Genhype pernah mendengar istilah pamali? Akrab dengan kesan misterius, pamali berisi ragam pantangan sejak zaman dahulu yang disebarkan secara turun temurun sehingga masih kental dipercayai hingga saat ini. Meski sebagian masyarakat meyakini pamali sebagai mitos saja, nyatanya pamali banyak dipercaya dari generasi ke generasi sampai sekarang.

Kata Pamali berasal dari Bahasa Sunda yang berarti sesuatu yang tabu dan tidak boleh dilanggar dalam adat masyarakat sunda. Masyarakat Jawa menyebutnya sebagai Ora Elok yang berarti sesuatu yang tidak baik. Secara umum, pamali menekankan pada hal yang tabu dan berakibat fatal jika sesuatu yang seharusnya tidak dilakukan justru dilanggar.

Tidak diketahui pasti darimana asal mula pamali ini. Namun masyarakat percaya, pamali bermula dari banyaknya satu kategori kasus yang terjadi karena melanggar pantangan, sehingga menampilkan efek yang sama. Misalnya, dalam beberapa kasus orang yang duduk di depan pintu akan sulit mendapatkan jodoh. Hal ini pernah terjadi tidka hanya pada satu orang, melainkan banyak orang.

Meski berada diantara bayang mitos dan tradisi, mengenal pamali yang unik dapat menambah wawasan Genhype mengenai adat norma lisan di Indonesia. Yuk simak ragam pamali di Indonesia yang berisi pantangan dan masih banyak dipercaya masyarakat hingga sekarang! 

Baca juga: 5 Mitos Seputar Olahraga yang Tidak Perlu Dihiraukan
 

1. Berpindah Tempat saat Makan 

Ilustrasi pamali makan ( Sumber gambar: Ali Inay/Unsplash)

Ilustrasi pamali makan ( Sumber gambar: Ali Inay/Unsplash)


Pamali ini menyebutkan akibat buruk jika seseorang mengonsumsi makanan dengan posisi yang berpindah-pindah, dari satu tempat ke tempat lainnya. Konon, berpindah saat makan akan mendatangkan ibu tiri dalam keluarga.
 

2. Mengucap Kata Kasar di Hutan

Hutan memang penuh misteri. Konon, orang harus tetap bersikap sopan meski hanya sendiri di dalam hutan. Hal ini erat kaitannya dengan keberadaan makhluk halus yang dipercaya menghuni tempat tersebut. Makanya kalian tetap dilarang untuk mengucap kata kotor di hutan, jika tidak konon kalian bisa tersesat atau kesurupan di dalam hutan
 

3. Berfoto Bersama Tiga Orang

Kalian mungkin sering mendengar celetukan jangan berfoto dengan tiga orang. Di banyak tempat, pamali ini tidak hanya berlaku untuk tiga orang saja. Masyarakat banyak yang meyakini larangan foto bersama dalam jumlah ganjil, karena konon mereka yang ada di tengah foto akan mendapatkan sial. 
 

4. Gunting Kuku Pada Waktu Malam

Pantangan lain yang masih banyak dipercaya oleh banyak orang adalah mengenai gunting kuku. Diyakini bahwa menggunting kuku pada waktu malam hari akan membuat usia orang yang melakukannya menjadi lebih singkat. 
 

5. Menjual Garam saat Malam Hari

Masih pantangan pada waktu malam hari, konon siapapun orang yang menjual garam saat malam hari akan ditimpa kesialan. Salah satu kesialan yang akan datang berupa bangkrutnya toko atau usaha yang dimiliki. 

Baca juga: Simak 9 Mitor Seputar Diet & Pola Makan
 

6. Keluar Rumah Waktu Magrib

Orang yang keluar rumah saat magrib, terutama untuk keperluan yang tidak penting, seperti ingin mengobrol atau bermain dipercaya akan diikuti oleh makhluk halus. Hal ini tidak lepas dari kepercayaan makhluk halus yang bergentayangan saat memasuki waktu magrib.
 

7. Bercemin & Bersisir Menghadap Kaca Malam Hari

Ilustrasi bercermin saat malam (Sumber gambar: Baarast Project/Pexels)

Ilustrasi bercermin saat malam (Sumber gambar: Baarast Project/Pexels)

Dipercaya jika orang yang bercermin saat malam hari akan menemui pantulan sosok yang bukan dirinya. Mitos yang menyebar mengatakan orang di dalam cermin tersebut adalah makhluk halus yang menyerupai wajah kita. Selain itu, bersisir menghadap kaca saat malam hari juga dipercaya akan mengundang hantu kuntilanak mendatangi orang tersebut.
 

8. Membuka Payung di Dalam Rumah 

Payung adalah barang penting pada musim pancaroba. Item ini juga tidak lepas dari pamali yang dipercaya banyak orang. Disebutkan bahwa membuka payung di dalam rumah erat dengan mitos musibah. Konon, jika seseorang melakukan hal tersebut pemilik rumah akan mendapai musibah dan kesusahan. 
 

9. Bersiul Malam Hari

Mitos bersiul di malam hari sudah lama ada. Kabarnya, jika kamu nekat bersiul pada malam hari artinya secara sengaja kamu telah mengundang makhluk halus untuk datang dan mendekat. Serem juga ya Genhype
 

10. Menyapu pada Malam Hari

Ilustrasi menyapu di malam hari (Sumber gambar: Cottonbro/Pexels)

Ilustrasi menyapu di malam hari (Sumber gambar: Cottonbro/Pexels)

Suatu kepercayaan menyakini menyapu saat malam hari dapat membuang rezeki yang seharusnya masuk ke dalam rumah. Dipercaya juga penghuni rumah akan mengalami kesusahan karena hal tersebut. 

Itulah beberapa mitos yang masih banyak dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Genhype masih sering dengar pamali yang mana nih? 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
 
SEBELUMNYA

Yuk Tamasya Seni, Ini Jadwal 5 Pameran Terbesar September-November 2022

BERIKUTNYA

Ini 100 Maskapai Top Dunia, Garuda Turun ke Peringkat 31

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: