Hantu di film ini berhati mulia meskipun memiliki tampilan yang menyeramkan (Sumber gambar: IG/Jagatarwah)

Cek 4 Fakta Seru Seputar Film Jagat Arwah

24 September 2022   |   18:44 WIB

Film Jagat Arwah besutan sutradara Ruben Adrian akan tayang pada 29 September 2022 di bioskop-bioskop seluruh Indonesia. Film dengan genre horor ini memiliki sejumlah fakta menarik yang dijamiin akan membuat kalian ingin menontonnya.

Dilansir dari laman Lembaga Sensor Film, Jagat Arwah mengisahkan tentang seorang anak bernama Raga. Dia mencoba menelusuri kehidupan diri yang penuh mistis setelah sang ayah Sukmo meninggal dunia.

Baca juga: 4 Fakta Film Sri Asih, Jagoan Perempuan Pertama di Jagat Sinema Bumilangit

Raga adalah seorang keturunan penyeimbang jagat arwah sekaligus jagat manusia yang memiliki gelar Aditya ke-7. Berikut fakta – fakta menarik tentang film Jagat Arwah yang dapat membuat Genhype harus menonton film ini saat rilis.
 

1. Film Horor Fantasi Pertama Visinema Pictures

Jagat Arwah merupakan film dengan genre horor – fantasi pertama yang diproduksi oleh Visinema Pictures. Rumah produksi yang didirikan oleh Angga Dwimas Sasongko ini telah memproduksi beberapa film layar lebar seperti Cahaya Dari Timur Beta Maluku, Filosofi Kopi, Surat Dari Praha, Love for Sale, Keluarga Cemara, Terlalu Tampan, Generasi 90an: Melankolia, Pulau Plastik, Tarian Lengger Maut, NUSSA, dan Ben & Jody.

Kehadiran Jagat Arwah akan menambah jumlah film dengan genre horor – fantasi di dalam negeri. Di samping itu, memperluas ranah film genre horor di Indonesia. Sebelum Jagat Arwah, film dengan genre horor – fantasi yang pernah ada adalah film Kuntilanak 3 dari MVP Pictures.
 

2. Aktor Muda

Ari Irham akan menjadi aktor muda dalam film Jagat Arwah. Pria kelahiran 2001 tersebut akan berperan sebagai Raga, yakni seorang keturunan penyeimbang jagat arwah dan juga jagat manusia. Tidak hanya itu, Ari juga akan beradu peran dengan sejumlah aktor dan aktris senior seperti Oka Antara, Sheila Dara, dan sebagainya.

Saat berperan dalam film Mencuri Raden Saleh yang juga produksi Visinema, Ari berhasil membuat para penonton terpukau dengan peran yang dilakoni.
 

3. Kejawen Sedulur Papat Limo Pancer

Film Jagat Arwah juga sangat kental dengan nuansa kejawen, pedoman atau pandangan hidup yang dianut oleh suku Jawa. Unsur kejawen yang terdapat di film ini adalah sedulur papat limo pancer yang memiliki makna bahwa manusia tidak pernah lahir sendiri.

Manusia selalu ditemani oleh beberapa roh lain yang ikut lahir ketika seseorang dilahirkan. Roh itu menyerupai wujud manusia yang dilharikan. Dalam filosofi ini, setiap orang dipercaya lahir didampingi unsur-unsur yang sudah ada sejak dalam kandungan.
 

4. Hantu Berhati Mulia

Jika biasanya Gunderuwo, kuntilanak, dan hantu lainnya digambarkan sebagai makhluk yang jahat dan mengancam manusia, di film ini sebaliknya. Mereka ditampilkan sebagai  sebagai makhluk yang berhati mulia meskipun memiliki tampilan yang menyeramkan.

Sementara itu, para pemeran makhluk gaib dalam film ini adalah Sheila Dara sebagai kuntilanak, Ganindra Bimo sebagai dru alias genderuwo, dan Cinta Laura yang bermain sebagai Nonik. Ketiga hantu ini bahu-membahu membela Raga menjaga batu jagat, yakni jimat yang dipercaya dapat menyeimbangkan alam manusia dan arwah.

Baca juga: Visinema Pictures Laporkan Pembajak Film Mencuri Raden Saleh ke Polda Metro Jaya

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Coba Pijat di 6 Titik Ini untuk Meredakan Sakit Kepala

BERIKUTNYA

Potret Member BLACKPINK Mengenakan Karya Desainer Indonesia Diana M Putri

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: