Angga Dwimas Sasongko (Sumber gambar: Angga Dwimas Sasongko/Instagram)

Selain Mencuri Raden Saleh, Ini 5 Film Terbaik Garapan Angga Dwimas Sasongko

27 August 2022   |   12:15 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Film Mencuri Raden Saleh masih menjadi perbincangan hangat di jagat maya. Tak sedikit publik yang menilai bahwa film garapan sutradara Angga Dwimas Sasongko itu berhasil menyajikan film bergenre heist atau perampokan dengan kualitas akting para pemainnya yang mumpuni.

Sampai saat ini, keyword atau kata kunci Mencuri Raden Saleh masih bertengger di jajaran trending topic Twitter. Pada hari pertama penayangannya di bioskop, film yang dibintangi Iqbaal Ramadhan dan Angga Yunanda itu berhasil meraup lebih dari 120.000 penonton di bioskop.

Para penggemar film Indonesia tentu sudah tak asing lagi dengan nama Angga Dwimas Sasongko. Dia merupakan sineas Indonesia berbakat dalam menciptakan sejumlah film layar lebar berkualitas. Angga juga merupakan pemilik rumah produksi Visinema Pictures. 

Selain Mencuri Raden Saleh, Angga juga telah menggarap sejumlah film yang tak jarang menjadi nominasi film terbaik di berbagai ajang penghargaan film. Berikut 5 film terbaik dari Angga Dwimas Sasongko.
 

1. Cahaya dari Timur: Beta Maluku (2014)

 


Dibintangi oleh Chicco Jerikho dan Shafira Umm, Cahaya dari Timur: Beta Maluku diangkat dari kisah nyata mengenai konflik agama yang terjadi di Ambon. Film ini berhasil menyabet dua penghargaan dalam ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2014 yakni Film Terbaik dan Pemeran Utama Pria Terbaik oleh Chicco Jerikho. Dalam film ini, Angga Dwimas Sasongko berperan sebagai penulis skenario, produser, sekaligus sutradara.

Film bertema sepak bola ini menceritakan tentang seorang mantan pemain sepak bola yang ingin menyelamatkan anak-anak di kampungnya karena konflik agama. Ia berniat mengakhiri konflik itu dengan kompetisi sepak bola. Keputusannya menggabungkan anak-anak yang berbeda agama itu malah membawa perpecahan.


2. Filosofi Kopi (2015)

 

Filosofi Kopi merupakan film adaptasi dari cerita pendek dengan judul yang sama karya Dewi Lestari. Film ini berkisah tentang lika-liku perjalanan dua orang sahabat, Jody dan Ben, dalam menjalankan bisnis kedai Filosofi Kopi.

Di tengah perjuangan mengatasi hutang dan belitan konflik di antara mereka, seorang pengusaha muncul dengan tantangan yang sanggup menyelamatkan Filosofi Kopi. Ben dan Jody tidak punya pilihan selain pergi mencari Kopi Tiwus yang akan menentukan kelangsungan Filosofi Kopi dan persahabatan mereka

Film yang dibintangi Chicco Jerikho dan Rio Dewanto ini berhasil mendapatkan 5 nominasi FFI 2015, dan menyabet 2 Piala Citra untuk kategori Skenario Adaptasi Terbaik dan Penyunting Gambar Terbaik.


3. Surat dari Praha (2016)

 

Dibintangi oleh Julie Estelle, Tio Pakusadewo, Widyawati, dan Rio Dewanto, Surat Dari Praha terinspirasi dari kisah kehidupan para pelajar Indonesia di Praha, Ceko, yang tidak bisa kembali akibat perubahan situasi politik Indonesia tahun 1966 pasca Gerakan 30 September.

Film Surat Dari Praha kembali menuai kesuksesan seperti karya terdahulu Angga Dwimas Sasongko yakni Cahaya Dari Timur: Beta Maluku (2014). Di ajang penghargaan perfilman, film ini meraih tiga piala Usmar Ismail Awards 2016 untuk kategori Film, Sutradara, dan Pemeran Utama Pria. Serta piala Indonesia Movie Actor Awards 2016 untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terfavorit.


4. Love for Sale  (2018)

 

Film garapan Angga Dwimas Sasongko ini berhasil mengantarkan Gading Marten, sebagai pemeran utama, memenangkan Piala Citra untuk Aktor Terbaik dalam ajang FFI 2018. Sementara Della Dartyan, lawan main Gading, mendapatkan nominasi Aktris Terbaik.

Film ini berkisah tentang lelaki jomblo bernama Richard yang sudah nyaman dengan kesendiriannya. Hingga suatu hari, temannya memberi tantangan untuk membawa pacar dalam pernikahan temannya. Segala cara dia lakukan hingga menemukan seorang wanita bernama Arini di aplikasi kencan. Seiring berjalannya waktu, benih-benih asmara tumbuh. Namun, kondisi menjadi berubah setelah Arini mendadak pergi dan tak kembali.


5. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020)

 

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini merupakan film adaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Marchella FP. Salah satu film terlaris pada 2020 ini dibintangi oleh Rachel Amanda, Rio Dewanto, Sheila Dara, Donny Damara, dan Susan Bachtiar.

Film ini bercerita tentang kakak beradik yang hidup dalam keluarga tampak bahagia yakni Angkasa (Rio Dewanto), Aurora (Sheila Dara), dan Awan (Rachel Amanda). Setelah mengalami kegagalan besar pertamanya, Awan berkenalan dengan Kale (Ardhito Pramono), seorang cowok eksentrik yang memberikan Awan pengalaman hidup baru, tentang patah, bangun, jatuh, tumbuh, hilang, dan semua ketakutan manusia pada umumnya.

Perubahan sikap Awan mendapat tekanan dari orang tuanya. Hal tersebut mendorong pemberontakan ketiga kakak beradik ini yang menyebabkan terungkapnya rahasia dan trauma besar dalam keluarga mereka.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

UOB Indonesia Pamerkan Koleksi Karya Seniman Asia Tenggara di Art Jakarta 2022

BERIKUTNYA

Duh! Spesies Dugong Dinyatakan Punah di Perairan China

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: