Ilustrasi seseorang menggunakan alat massage gun (Sumber gambar: Freepik)

Risiko & Manfaat Massage Gun untuk Kesehatan, Cek Sebelum Pakai

04 February 2024   |   10:32 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Pijat menjadi salah satu cara bagi banyak orang untuk mengatasi berbagai masalah. Salah satu di antaranya adalah ketika badan terasa capek. Saat ini, berbagai alat untuk pijat dihadirkan oleh produsen untuk memudahkan dan memaksimalkan proses pijat, termasuk massage gun

Dikutip dari laman Petersen Physical Therapy, seperti dua sisi mata uang, massage gun memiliki kelebihan dan kekurangan bagi para penggunanya. Namun, tidak bisa dimungkiri bahwa alat pijat ini memiliki sejumlah kepraktisan yang dapat menjadi pertimbangan untuk dimiliki. 

Baca juga: Manfaat Pijat Saat Badan Pegal-pegal, Efektif atau Sekadar Sugesti?

Individu bisa menggunakan sendiri alat pijat itu di rumah, untuk diri sendiri, ke keluarga lain atau orang terkasih. Lantaran bentuknya yang relatif ringkas, alat ini juga bisa dibawa bepergian sehingga bisa dipakai kapan saja saat diperlukan. 

Dengan kepraktisannya itu, alat ini tentu punya manfaat untuk kesehatan para pengguna. Meskipun begitu, ada juga kekurangan atau risiko yang bisa timbul dari pemanfaatan alat ini. Apa saja risiko dan manfaat massage gun untuk kesehatan? Yuk simak ulasannya. 
 

Manfaat Massage Gun 

 

1. Mengurangi ketegangan otot

Manfaat pertama penggunaan massage gun adalah dapat mengurangi ketegangan otot. Alat ini memiliki cara kerja membombardir jalur aferen atau sensorik dengan stimulus intensitas tinggi. Dampak yang dihasilkan mirip ketika seseorang membenturkan sikunya dan secara naluriah menggosoknya.

Senjata pijat pada dasarnya memiliki cara kerja yang sama dengan stimulus aferen terapeutik intensitas tinggi lainnya. Langkah membombardir sistem saraf dengan stimulus aferen (sensorik) intensitas tinggi dapat menyebabkan penghambatan refleks ketegangan otot. 


2. Meningkatkan sirkulasi

Massage gun juga dapat memiliki manfaat dalam meningkatkan sirkulasi aliran darah ke seluruh tubuh. Namun, yang perlu menjadi perhatian adalah keuntungan ini bisa diperoleh jika digunakan dengan benar. Alat ini dapat meningkatkan sirkulasi aliran darah ke seluruh tubuh lantaran hubungan relaksasi otot dengan refleksif otot polos dalam sistem darah arteri.


3. Stimulasi sistem limfatik

Senjata pijat juga memiliki potensi manfaat dalam menstimulasi kelenjar getah bening, sehingga dapat mengedarkan cairan limfatik ke bagian tubuh yang membutuhkannya. Sistem limfatik dalam tubuh manusia terdiri dari beberapa kelenjar getah bening yang berada di beragam area. Kelenjar ini penting untuk melawan potensi infeksi dalam tubuh. 
 

4. Mengurangi nyeri otot

Jika Genhype suka mengalami nyeri otot, massage gun dapat menjadi pilihan untuk menguranginya. Sebuah studi pada 2014 menunjukkan bahwa terapi getaran adalah salah satu cara efektif untuk pencegahan dan pengolahan delayed onset muscle soreness (DOMS).

Terapi kompresi dan getaran massage gun menggunakan mekanisme yang sama untuk pemulihan otot. Namun, percussive therapy bekerja langsung di jaringan otot dan berpotensi memberikan hasil yang lebih kuat dan spesifik. 
 

5. Meningkatkan masa dan kekuatan otot

Terapi dengan massage gun ke seluruh tubuh dan beberapa bagian secara lokal terbukti meningkatkan massa dan kekuatan otot terhadap orang dewasa. Senjata pijat dapat sangat meningkatkan daya tahan otot, meningkatkan tenaga, dan meningkatkan kesadaran kinestetik. 

Dengan begitu, dampaknya adalah penurunan nyeri, peningkatan tonus otot, rentang gerak, dan sirkulasi. Percussive therapy yang menawarkan sirkulasi darah yang efisien dan peningkatan mobilitas jaringan lunak dapat membantu tubuh bekerja di tingkat yang lebih tinggi. 

Baca juga: Coba Pijat di 6 Titik Ini untuk Meredakan Sakit Kepala
 

Risiko Massage Gun 


1. Melukai diri sendiri

Selain memiliki sejumlah manfaat, massage gun juga memiliki risiko untuk melukai diri sendiri. Bagaimanapun juga, pistol pijat adalah sebuah alat bisa berguna atau menimbulkan risiko. 

Alih-alih memberikan manfaat, seseorang berisiko melukai diri sendiri atau tidak mendapatkan hasil yang diinginkan ketika digunakan dengan tidak tepat. Jadi, pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan dengan benar sebelum memakainya dan mendapat keuntungan bukan malah buntung.
 

2. Memperparah cedera atau kondisi kronis lainnya

Massage gun juga dapat berisiko memperparah cedera atau kondisi kronis lainnya. Kondisi seperti hipertensi, varises, rheumatoid arthritis, dan yang lainnya bisa menjadi lebih buruk jika Genhype menggunakan alat pijat.

Jadi, kalian perlu mencari tahu dari dari dokter atau terapis mengenai kondisi tubuh sebelum menggunakan alat pijat. Massage gun juga tidak disarankan digunakan terhadap cedera seperti keseleo, patah tulang, atau area bengkak atau memar yang luas.


3. Berat, besar, dan mahal

Kekurangan alat ini adalah beberapa di antaranya memiliki ukuran yang agak besar dan berat, sehingga sulit ketika digunakan. Selain itu, harga alat massage gun yang ditawarkan juga kerap relatif tidak murah alias mahal. Alhasil, orang perlu merogoh kocek dalam untuk memilikinya. 

Baca juga: Moms! Begini Cara Alami Redakan Sakit Pada Anak dengan Pijatan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Film Terbaik Aktor Carl Weathers, dari Rocky sampai Star Wars: The Mandalorian

BERIKUTNYA

7 Anime Adaptasi Manhwa, Solo Leveling sampai Tower of God

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: