Tanaman tahi ayam atau tembelekan yang memiliki beragam manfaat kesehatan. (Sumber gambar : Universitas Padjadjaran/Arief Maulana)

Disebut Tanaman Tahi Ayam, Ini Manfaat Kesehatan Tembelekan dan Cara Mengolahnya

25 April 2022   |   12:22 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, kalian tahu tanaman Tahi Ayam? Dinamai demikian karena bau tanaman ini cukup menyengat. Namun tanaman yang memiliki nama lain saliara atau tembelekan ini memiliki bunga cantik dengan berbagai warna mencolok seperti merah, kuning, ungu tua, ungu muda, orange, dan putih. 

Di balik keunikannya tersebut, tembelekan ternyata memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan, lho. Mengutip Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, akar tanaman ini berkhasiat untuk pereda demam, penawar racun dan penghilang nyeri. 

Daunnya berkhasiat untuk mengobati gatal-gatal dan mengempiskan bengkak. Sedangkan bunganya berkhasiat untuk penghenti pendarahan.

Nah, berikut ini cara mengolah tembelekan untuk mendapatkan manfaatnya seperti dikutip dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan Kementerian Pertanian. 
 

1. Sakit kepala dan sakit gigi

Ya, tembelekan juga berkhasiat untuk meredakan sakit kepada dan gigi. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, rebus akar tembelekan yang sudah kering dengan air 500 cc, tunggu hingga mendidih hingga air tersisa 250 cc, saring, dan minum air rebusannya saja.
 

2. Daire

Untuk mengobati masalah pada sistem pencernaan seperti diare dan sakit perut, minum seduhan tujuh gram bunga tembelekan bubuk menggunakan segelas air panas. 
 

3. Rematik

Penyakit yang menimbulkan gejala nyeri sendi ini bisa diatasi dengan tembelekan. Caranya, rebus daun tembelekan segar dengan jahe merah menggunakan air secukupnya. Tambahkan rebusan tersebut ke dalam bak mandi dan pakai untuk membersihkan diri. 

Kamu juga bisa merebus akar tembelekan kering secukupnya dengan 1 liter air, tunggu hingga mendidih dan campur dengan air dingin sampai hangat, lalu pakai untuk mandi.
 

4. Keseleo

Untuk mengobati keseleo lumatkan daun tembelekan secukupnya, tambahkan dengan arak putih, tepung terigu yang sudah digongseng, kemudian aduk dan tempel kan pada bagian yang terkena sakit. 
 

5. Bengkak

Untuk mengobati sakit pada kulit, bisul, luka berdarah, memar, dan bengkak-bengkak, haluskan daun tembelekan secukupnya, lalu tempel pada bagian yang terkena sakit, dan ganti dua sampai tiga kali dalam sehari.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

SEVENTEEN Umumkan Comeback dengan Album Studio Face The Sun

BERIKUTNYA

5 Film Terbaik Denzel Washington, Aktor Langganan Nominasi Oscar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: