Ilustrasi sepak bola (Sumber gambar: Unsplash/Abigail Keenan)

Rekomendasi 5 Film Tentang Sepak Bola Dunia dan Indonesia, Ada yang Udah Nonton?

21 September 2022   |   19:30 WIB

Like
Sepak bola merupakan salah satu cabang olah raga yang paling banyak diminati di dunia. Terlebih dari setiap klub juga memiliki suporternya masing-masing yang tentunya sangat fanatik. Lewat pertandingannya yang berlangsung dua babak dengan 22 pemain berlaga di lapangan, olah raga ini juga memberi inspirasi sineas dunia untuk membuat film bertema sepak bola.

Beberapa di antara mereka ada yang memfilmkan sosok legenda sepak bola dunia, dokumenter perjalanan sebuah klub, bahkan pertentangan antara dua klub suporter yang saling bermusuhan satu sama lain.

Nah, bagi Genhype yang penasaran film-film seru apa saja yang memiliki tema sepak bola  dengan alur yang  asik dan menarik untuk ditonton, berikut Hypeabis.id rangkumkan dari berbagai sumber 5 film tentang sepak bola. Simak ya.

Baca jugaSelain Racket Boys, Ini 5 Drakor Bertema Olahraga yang Inspiratif
 

1. Escape to Victory

Film pertama yang patut kalian tonton adalah Escape to Victory, karya sutradara John Huston yang menggabungkan narasi sejarah perang dunia II, legenda sepak bola, hingga aksi seru tawanan perang yang mencoba kabur dari kamp tahanan di Jerman.

Di film ini kalian tidak akan hanya melihat aksi Sylvester Stallone, tapi juga aksi legenda-legenda sepak bola dunia, seperti Pele, Bobby Moore, Osvaldo Ardiles, hingga Kazimierz Deyna.

Rilis tahun 1981, film Escape to Victory mengisahkan tentang tahanan perang sekutu yang melakukan pertandingan persahabatan melawan tim dari Jerman. 

Namun di balik laga tersebut para tawanan ternyata juga memiliki misi untuk kabur dari kamp tahanan. Bumbu cerita inilah yang kemudian membuat film berdurasi 1 jam 56 menit ini sukses besar pada masanya.
 

2. Maradona in Mexico

Sesuai judulnya, film dokumenter karya sutradara Angues Macquen ini mengisahkan tentang legenda sepak bola dunia Diego Maradona yang menjalani karier sebagai pelatih dari klub asal Culiacan, Sinaloa, Meksiko.

Lewat film yang dirilis pada 2019 ini kita akan melihat semangat Maradona dalam membalikkan skeptisme publik yang sempat beranggapan bahwa saat dia datang ke Sianola hanya untuk berlibur.

Dalam season pertamanya yeng terdiri dari 7 episode, kita juga akan melihat gairah besar Maradona di lapangan hijau sebagai seorang pelatih yang terus membuat taktik-taktik untuk memenangkan klub asuhannya tersebut.
 

3. The Two Escobar

Film dokumenter karya sutradara Michael Zimbalist yang dirilis pada tahun 2010, ini mengisahkan tentang keterkaitan antara kematian bek tim nasional Kolombia di  Piala Dunia 1994, Andreas Escobar, dengan gembong kartel narkoba asal Amerika Selatan, Pablo Escobar.

Berdurasi 1 jam 44 menit, film yang oleh The Hollywood Reporter tempatkan di posisi kelima sebagai acara televisi terbaik bersanding dengan Breaking Bad (2008), Mad Men (2007-205), Rectify (2013), dan Parks and Recreations (2009), ini juga sangat menyentuh dan layak untuk ditonton.
 

4. All or Nothing – Tottenham Hotspur 

Film serial dokumenter ini mengisahkan tentang perjalanan klub sepak bola London, Tottenham Hotspur, dalam aksi mereka pada musim 2019/2020 yang mana saat itu menjadi fase tersulit akibat pemecatan terhadap Maurcio Pochettino sebagai manajer klub tersebut.

Posisi Pochettino lalu digantikan oleh Jose Mourinho, yang mana film ini kemudian akan berfokus dalam upayanya membimbing tim tersebut untuk berlaga dengan momen-momen yang unik di belakang layar klub dengan berbagai adegan yang tidak nampak di lapangan hijau.

Baca jugaPetualangan Adam Sandler Mencari Pemain Basket Berbakat di Film Hustle


5. Romeo Juliet

Tak hanya luar negeri, Indonesia juga memiliki film tentang sepak bola yang layak untuk ditonton, yakni Romeo Juliet karya sutradara Andibachtiar Yusuf yang rilis pada tahun 2009 silam.

Film drama berdurasi 1 jam 44 menit ini mengisahkan tentang percintaan dua muda-mudi yang terhalangi oleh rivalitas antar klub dan suporter sepak bola The Jak (Persija Jakarta) dengan pendukung suporter Viking (Persib Bandung).

Selain mengangkat lanskap sosial suporter sepak bola Indonesia yang dikenal militan, film  ini juga dibintangi sederet aktor ternama seperti Alex Komang, Epy Kusnandar, Nani Wijaya, Ramon Y Tungka, hingga Sissy Priscillia, dan Edo Borne.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

Mulai Menggeliat, Penyedia Jasa MICE Sasar Konser

BERIKUTNYA

5 Cara Sehat Menaikkan Berat Badan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: