Ilustrasi mengukur berat badan (Sumber gambar: Freepik)

5 Cara Sehat Menaikkan Berat Badan

21 September 2022   |   18:30 WIB
Image
Chelsea Venda Hypeabis.id

Sebagian orang berpikir menaikkan berat badan lebih mudah dibanding dengan menurunkan berat badan. Seseorang hanya perlu menambah porsi makan dan otomatis berat badan akan langsung naik. Namun, kenyataannya sering kali tidak sesederhana itu.

Orang yang memiliki berat badan kurang juga kerap kesulitan menaikkan berat badan mereka. Sebab, menambah berat badan bukan hanya masalah makan lebih banyak dibanding biasanya. Konsumsi makanan secara bebas dan tidak terkendali justru malah bisa membahayakan tubuh.

Baca juga: Kenali 3 Miskonsepsi Tentang Menaikkan Berat Badan

Jadi, sebelum menjalankan program menaikkan berat badan, kamu harus mempersiapkan cara-cara yang tepat dan sehat. Berikut lima cara sehat menaikkan berat badan yang bisa kalian coba:
 

1. Makan Sesering Mungkin

Bagi yang ingin menaikkan berat badan, mengonsumsi makanan sesering mungkin lebih dianjurkan dibanding menambah porsi dalam jumlah yang banyak. Jadi, tidak perlu makan dengan porsi besar.

Cobalah untuk makan dengan porsi yang normal saja, tetapi jumlahnya dinaikkan. Jika biasanya makan tiga kali sehari, mulai tambah prosinya jadi 5-6 kali sehari. Cara ini ampuh buat menambah asupan kalori tanpa membuat kamu merasa terlalu kenyang setiap kali makan.
 

2. Perhatikan Kalori

Kalori merupakan faktor penting penentu berat badan. Menaikkan konsumsi kalori bisa membantu berat badan bertambah lebih cepat. Tambahlah asupan kalori sekitar 300-500 kkal per hari secara perlahan lahan.

Ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan kalori, seperti kacang tanah, kacang mete, dan kacang almon. Selain itu, bisa juga dengan mengonsumsi daging-dagingan, seperti daging merah, ayam, ikan dan salmon. Selanjutnya, ada susu full-fat, yoghurt full-fat, kentang, nasi merah, pasta gandum, dan roti gandum.
 

3. Penuhi Gizi dan Nutrisi

Menambahkan berat badan bukan berarti sembarang dalam memilih makanan. Makanan yang dikonsumsi harus tetap memenuhi gizi dan nutrisi harian. Pilihkan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan lemak sehat.

Beberapa makanan tersebut bisa diperoleh dari daging rendah lemah, sayuran, buah, dan kacang-kacangan. Sebaiknya, hindari junk food untuk menaikkan berat badan. Sebab, kandungan lemak trans di dalamnya bisa meningkatkan obesitas.
 

4. Perhatikan Minuman

Meski tampak sederhana, minuman bisa jadi faktor penghambat program menaikkan berat badan. Kebiasaan meminum sebelum makan bisa mengurangi nafsu makan. Sebab, perut seolah telah terisi sehingga kita cenderung merasa cepat kenyang. Oleh karena itu, sebaiknya meminum air setelah kamu selesai makan. Supaya lebih maksimal, cobalah meminum jus buah untuk menambah asupan kalori di dalam tubuh.
 

5. Olahraga

Rutin berolahraga juga bisa membantu kamu menaikkan berat badan. Namun, kamu perlu memilih jenis olahraga yang tepat. Mulailah dengan olahraga yang bisa melatih kekuatan otot, seperti push up, plank, dan latihan barbel.

Sebab, jenis olahraga ini bisa membantu menaikkan massa otot serta mengurangi lemak di dalam tubuh. Olahraga juga bisa meningkatkan nafsu makan yang tentu akan berguna bagi orang yang sedang ingin menaikkan berat badan.


Rumus Menghitung Berat Badan Ideal

Rumus menghitung berat badan ideal ialah dengan mencari titik tengah dari berat badan dan tinggi badan. Salah satu rumus yang paling terkenal ialah rumus Broca. Berikut cara menghitung berat badan ideal dengan rumus Broca.
  • Laki-laki: Berat badan ideal (kg) = [Tinggi badan – 100] – [(Tinggi badan – 100) x 10%]
  • Perempuan: Berat badan ideal (kg)= [Tinggi badan – 100] – [(Tinggi badan – 100) x 15%]

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Rekomendasi 5 Film Tentang Sepak Bola Dunia dan Indonesia, Ada yang Udah Nonton?

BERIKUTNYA

5 Jenis Motif Kotak-Kotak pada Baju, Ternyata Serupa Tapi Tak Sama

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: