Ilustrasi kamera pada ponsel iPhone. (Sumber gambar: Unsplash/Thai Nguyen)

Apple Bakal Perbaiki Masalah Kamera Bergetar lewat Pembaruan Software

20 September 2022   |   20:07 WIB

Setelah perilisan iPhone 14 series secara global beberapa pekan lalu, beberapa keluhan pengguna mulai mencuat. Salah satunya adalah masalah kamera bergetar (shake atau rattling) yang terjadi pada seri iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang dikonfirmasi pada Senin (19/9/2022).

Masalah getaran pada bagian kamera ini terjadi sebagai dampak dari kecacatan di bagian tertentu pada perangkat ponsel tersebut. Getaran ini bervariasi, mulai dari bagian dalam kamera hingga pada komponen kameranya sendiri.

Baca juga: Jarang Diketahui Pengguna iPhone, Ini 6 Fitur Tersembunyi di iOS 16

Dugaan awal masalah ini terjadi saat aplikasi dan perangkat lunak lain tidak siap dengan perubahan pada aspek kamera dalam seri iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Namun, analisis terbaru menunjukkan bahwa masalah kamera yang bergetar tersebut ada kaitannya dengan masalah pada perangkat iPhone.
 
Berdasarkan laporan 9to5Mac, masalah ini terjadi ketika kamera diaktifkan pada aplikasi pihak ketiga seperti TikTok, Instagram, hingga Snapchat. Bahkan, sebagian pengguna mengeluhkan adanya efek samping pada modul kamera fisik, yang juga membuat adanya suara getaran sebagai dampak dari masalah getaran pada kamera tersebut.

Pihak Apple mengonfirmasi bahwa resolusi yang bisa dilakukan adalah lewat pembaruan perangkat lunak atau software yang akan hadir pada pekan depan. Namun, saat ini pihaknya menyarankan agar tidak mengutak-atik bagian kamera jika ada keluhan bergetar, yang berisiko pada kerusakan perangkat keras selama belum ada solusi pasti terkait dengan masalah tersebut.

"Kami sadar akan isu ini dan sebuah perbaikan akan dirilis pekan depan," ujar perwakilan Apple sebagaimana dikutip dari CNET.

Kendati masalah ini hanya terjadi pada beberapa ponsel dan saat menggunakan aplikasi pihak ketiga, masalah kamera ini tidak terjadi saat menggunakan aplikasi kamera bawaan dari Apple. Meski tidak ada konfirmasi penyebab pasti dari masalah tersebut, sistem stabilisasi gambar diduga memiliki kaitan atas masalah tersebut.

Sebelumnya, Apple merilis pembaruan sistem operasi iOS 16.0.1 pada pekan lalu yang memberikan perbaikan pada beberapa masalah di dalam perangkat iPhone seperti aktivasi dan hasil foto yang tampak lembut saat zoom.

Pembaruan ini merupakan yang pertama setelah hadirnya iPhone 14 pada bulan ini, dilanjutkan dengan pembaruan pada pekan depan untuk masalah tersebut.

Baca juga: Penyebab iPhone Tidak Ada Layanan, Begini Cara Mengatasinya

Setelah peluncurannya, ponsel seri terbaru dari iPhone tersebut memiliki beberapa catatan, misalnya saat aktivasi perangkat ketika membuka koneksi Wi-Fi, masalah aktivasi saat penggunaan iMessage dan FaceTime, adanya percakapan yang masuk ke dalam dua utasan terpisah, hingga adanya penerima pesan yang bisa salah mendapatkan pesan dari akun yang salah.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Googlenews)

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Honda New CBR250 RR Meluncur, Cek Spesifikasi & Harganya

BERIKUTNYA

Mau Liburan ke Luar Negeri? 5 Barang Ini Wajib Masuk Koper

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: