Tampilan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus (Sumber gambar: Apple)

Apple Rilis iPhone 14 dan iPhone 14 Plus, Cek Spesifikasinya Yuk!

08 September 2022   |   10:13 WIB

Like
Buat pecinta smartphone boba, akhirnya Apple merilis iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. Hadir dengan dua ukuran 6,1 inci dan 6,7 inci, dua ponsel pintar ini dirancang dengan sistem kamera ganda baru dan layanan keamanan industri smartphone pertama dengan SOS Darurat melalui satelit, lho.

Wakil presiden senior Apple di bidang pemasaran, Greg Joswiak menerangkan dengan tampilan 6,7 inci di iPhone 14 Plus, pengguna dapat menikmati lebih banyak konten di layar saat menjelajahi website.

Selain itu, ada beberapa spesifikasi lainnya yang tidak kalah canggih. Kedua ponsel memiliki kamera yang lebih tajam di ruangan rendah cahaya, kemampuan konektivitas canggih dengan 5G dan eSIM, serta kinerja luar biasa dari A15 Bionic, yang membuat masa pakai baterai lebih tahan lama.

“Semua ini, terintegrasi erat dengan iOS 16, membuat iPhone ini lebih istimewa dari sebelumnya,” ujarnya dikutip dari siaran pers, Kamis (8/9/2022).

Baca jugaBocoran iPhone 14 Series, Ini PIlihan Warna dan Teknologi Fast Charging Satu Jam Penuh?

Biar enggak tambah penasaran, berikut spesifikasi lengkap iPhone 14 dan iPhone 14 Plus.


1. Desain indah dan masa pakai baterai yang tahan lama

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus menampilkan desain aluminium kelas kedirgantaraan yang tahan lama dan ramping dalam lima sentuhan akhir yang indah. Tampilan iPhone 14 Plus yang lebih besar sangat bagus untuk streaming film dan bermain game. Masa pakai baterai iPhone 14 Plus pun terbaik yang pernah ada di iPhone.

Kedua model memiliki desain internal yang lebih besar untuk kinerja termal yang lebih baik, tampilan Super Retina XDR dengan teknologi OLED yang mendukung 1200 nits kecerahan puncak HDR, rasio kontras 2.000.000: 1, dan Dolby Vision.

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus juga dilapisi Keramik Shield yang tahan lama daripada kaca smartphone lainnya. Ponsel ini aman dari tumpahan dan tahan air serta debu. Jadi, enggak perlu tiup-tiup layar lagi deh. 

 

Tampilan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus

Tampilan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus


2. Upgrade kamera pakai mesin Photonic

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus memperkenalkan standar baru untuk pengambilan foto dan video dengan kamera utama 12MP baru yang menampilkan sensor dan pixels yang lebih besar, TrueDepth baru untuk kamera depan, kamera Ultra Wide untuk menangkap lebih banyak ruang, dan Mesin Photonic yang bekerja di tengah cahaya rendah.

Mesin Photonic memungkinkan peningkatan kualitas dramatis ini menerapkan manfaat komputasi Deep Fusion sebelumnya dalam proses pencitraan untuk memberikan detail yang luar biasa, melestarikan tekstur halus, memberikan warna yang lebih baik, dan mempertahankan informasi lebih lanjut dalam foto.

Sementara itu, peningkatan dan fitur sistem kamera ganda (dual-camera system) meliputi kamera utama baru dengan aperture ƒ/1.5 yang lebih besar dan 1.9 µm pixels, memungkinkan perbaikan foto dan video dalam semua skenario pencahayaan untuk detail dan pembekuan gerak yang lebih baik, kebisingan lebih sedikit, waktu eksposur lebih cepat, dan stabilisasi gambar optik pergeseran sensor.

Kemudian kamera TrueDepth depan baru dengan aperture ƒ/1.9 yang memungkinkan kinerja cahaya rendah yang lebih baik untuk foto dan video. Menggunakan autofocus untuk pertama kalinya, dapat fokus lebih cepat dalam cahaya rendah dan menangkap gambar dari jauh.

Sistem kamera ganda juga menerapkan mode aksi baru untuk video yang sangat halus, menyesuaikan dengan getaran, gerakan, dan getaran yang signifikan, bahkan ketika video sedang ditangkap di tengah aksi. Sementara kamera Ultra Wide menawarkan perspektif unik untuk tangkapan layar yang lebih luas dan perbaikan untuk foto cahaya rendah dengan mesin Photonic.

Ada pula Flash True Tone yang lebih cerah 10 persen dan memiliki keseragaman lebih baik untuk pencahayaan yang lebih konsisten. Mode sinematik pun sekarang tersedia dalam 4K pada 30 fps dan 4K pada 24 fps. Terakhir, HDR Dolby Vision end-to-end, yang hanya tersedia di iPhone.


3. Crash Detection dan Emergency SOS melalui satelit

Seluruh jajaran iPhone 14 memperkenalkan kemampuan keselamatan yang dapat memberikan bantuan darurat. Dengan akselerometer dual-core baru yang mampu mendeteksi pengukuran G-force hingga 256G dan giroskop rentang dinamis baru yang tinggi, Crash Detection pada iPhone saat ini dapat mendeteksi kecelakaan mobil yang parah dan secara otomatis memanggil layanan darurat ketika pengguna tidak sadar atau tidak dapat meraih iPhone mereka. 

Kemampuan ini dibangun pada komponen yang ada, seperti barometer yang saat ini dapat mendeteksi perubahan tekanan kabin, GPS untuk perubahan kecepatan, dan mikrofon yang dapat mengenali suara keras karena kecelakaan mobil parah.

Ketika dikombinasikan dengan Apple Watch, Crash Detection dengan mulus memanfaatkan kedua perangkat untuk mendapatkan bantuan pengguna secara efisien. 

Jajaran iPhone 14 juga memperkenalkan SOS Darurat melalui satelit, memungkinkan pesan dengan layanan darurat ketika di luar cakupan seluler atau Wi-Fi. Dengan SOS Darurat melalui satelit, iPhone front-load akan mengeluarkan beberapa pertanyaan penting untuk menilai situasi pengguna, dan menunjukkan mereka di mana untuk mengarahkan ponsel mereka untuk terhubung ke satelit. 

Baca jugaBegini Cara Lockdown Mode Agar Iphone Dapat Perlindungan Ekstrem dari Spyware

Kuesioner awal dan pesan tindak lanjut kemudian disampaikan ke pusat-pusat yang dikelola oleh spesialis terlatih Apple yang dapat meminta bantuan atas nama pengguna.

Teknologi terobosan ini juga memungkinkan pengguna untuk berbagi lokasi secara manual melalui satelit dengan Find My ketika tidak ada koneksi seluler atau Wi-Fi, memberikan rasa aman saat hiking atau berkemah. SOS darurat melalui satelit akan tersedia untuk pengguna di AS dan Kanada pada November, dan layanan ini akan gratis selama dua tahun.
 
SEBELUMNYA

Yuk Intip Potensi Green Economy Bersama Bank Mandiri

BERIKUTNYA

Pencinta Horor Merapat, Film The Invitation Sudah Tayang di Bioskop

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: