Apple telah resmi menghadirkan sistem operasi iOS 16 ke sejumlah perangkat iPhone (Sumber gambar: Va Tao/Unsplash)

Jarang Diketahui Pengguna iPhone, Ini 6 Fitur Tersembunyi di iOS 16

18 September 2022   |   20:30 WIB

pada pengumuman perdana iPhone 14 beberapa waktu lalu, Apple juga resmi mengenalkan sistem operasi iOS 16 yang memiliki banyak peningkatan dibandingkan perangkat lunak versi sebelumnya. Beberapa fitur yang menjadi andalan adalah lock screen yang dapat dimodifikasi sesuai selera pengguna, hingga edit dan hapus pesan di iMessage.

Tidak hanya deretan fitur-fitur andalan, di iOS 16 juga terdapat fitur tersembunyi yang jarang diketahui oleh pengguna. Fungsi tersembunyi ini sejatinya dapat membantu pengguna agar bisa beraktivitas dengan lebih banyak. Misalnya dalam proses pengetikan dan koneksi ke AirPods. 

Kali ini, Hypeabis.id telah merangkum berbagai fitur tersembunyi di iOS 16 yang mungkin belum Genhype ketahui. Yuk simak informasi selengkapnya: 

Baca juga: iOS 16 Resmi Dirilis, Cek Fitur Lengkap & Cara Update-nya
 
 

1. Keyboard Haptics

Genhype dapat menikmati fitur Keyboard Haptics yang identik dengan efek getaran saat mengetik. Pengguna dapat merasakan efek ini setiap menekan huruf-huruf pada keyboard. Kamu bisa mengaktifkan dan mematikan fitur ini di menu Sound & Haptics pada menu Settings, kemudian klik Keyboard Feedback dan nyalakan Haptics.


2. Hidden Album

Menu Hidden Album di galeri kini dapat diakses dengan Face ID. Sehingga pengguna yang merasa memiliki privasi pada galeri dapat melakukan penguncian bagian ini dengan fitur pengenalan wajah. Caranya mudah, kamu hanya perlu masuk ke menu Settings, kemudian klik Photo dan hidupkan Face ID.
 

3. Menghapus Kontak Lebih Mudah

Biasanya, pengguna iPhone yang hendak menghapus kontak harus menekan nama pada kontak, mengklik edit, menggulir layar ke bawah, dan baru menemukan tulisan Hapus Kontak. Sekarang, iPhone yang telah menggunakan iOS 16 dapat menghapus kontak dengan cara yang lebih praktis. Cukup menekan dan menahan pada daftar kontak, kamu langsung dapat menemukan fitur hapus kontak. 

Baca juga: Mengenal Dynamic Island, Fitur Sorotan iPhone 14 Series
 

4. Menghubungkan AirPods

AirPods (Sumber gambar: Kal Visuals/Unsplash)

AirPods (Sumber gambar: Kal Visuals/Unsplash)

Kamu juga bisa menghubungkan AirPods dengan cara yang baru di iOS 16 kali ini. Untuk iPhone 8 dan seterusnya, menyambungkan ponsel ke AirPods dapat lebih mudah dilakukan di sisi atas menu Settings. Fitur ini juga memudahkan pengguna untuk mengatur penghubungan AirPods tanpa perlu ke pengaturan Bluetooth lagi.


5. Mengunci Notes

Fitiur mengunci notes memang sudah lama ada di iPhone. Namun, biasanya pengguna diharuskan membuat password tersendiri untuk mengunci notes. Di iOS 16 ini, pengguna dapat mengunci notes menggunakan kata sandi yang sama dengan password lock iPhone kamu.
 

6. Konversi Mata Uang

Genhype sudah biasa menggunakan fitur Siri untuk melakukan konversi mata uang? Pada iOS 16, Apple mengeluarkan fitur konversi mata uang melalui kamera. Jadi, kamu hanya perlu melakukan scan pada mata uang yang ingin kamu konversi. Mata uang akan langsung terbaca dan menampilkan kurs yang diinginkan.

Baca juga: Ini Daftar lengkap Seri iPhone yang Support iOS 16 

Genhype, itulah beberapa fitur tersembunyi iOS 16 yang dapat kamu gunakan. Perlu diingat, iOS 16 hanya dapat dinikmati mulai dari iPhone 8 dan seterusnya saja ya. Selamat mencoba!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

Tren Cat Ash Blonde X Golden Brown, Begini Tips Warna Rambut Tahan Lama

BERIKUTNYA

Gim Indonesia A Space for the Unbound Raih Penghargaan di Ajang Tokyo Game Show 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: