iPhone (Sumber gambar: Va Tao/Unsplash)

Penyebab iPhone Tidak Ada Layanan, Begini Cara Mengatasinya

15 September 2022   |   10:14 WIB

iPhone masih menjadi produk andalan dari perusahaan Apple. Setiap seri iPhone terbaru akan selalu diburu oleh penggemar Apple. Meski dibekali fitur termutakhir, tak sedikit penikmat produk Apple yang pernah merasakan kehilangan layanan saat menggunakan iPhone.

Biasanya kehilangan layanan ini ditandai dengan tulisan Tidak Ada Layanan di sebelah tampilan sinyal pada lockscreen iPhone. Saat iPhone memunculkan tampilan Tidak Ada Layanan, maka produktivitas dalam menggunakan iPhone untuk aktivitas sehari-hari akan terganggu. Pengguna tidak bisa menggunakan layanan internet selama iPhone masih menampilkan Tidak Ada Layanan.

Baca juga: iOS 16 Dirilis Besok, Intip Fitur dan Cara Update di iPhone
 

Penyebab iPhone Tidak Ada Layanan

iPhone (Sumber gambar: Va Tao/unsplash)

iPhone (Sumber gambar: Va Tao/unsplash)

Dilansir dari Apple Support, tampilan Tidak Ada Layanan tersebut menandakan perangkat iPhone tidak terhubung ke jaringan seluler. Ketidakmampuan iPhone dalam menerima sinyal juga turut memengaruhi munculnya tampilan tersebut. Hal ini mengindikasikan iPhone hanya menangkap sinyal yang lemah  atau bisa juga adanya faktor masalah jaringan operator. Cek juga pada kartu SIM yang digunakan. Pastikan SIM dapat diguankan dan tidak dalam keadaan rusak.

Jika masalah bukan berada pada jaringan dan kartu, mungkin iPhone mengalami masalah bug pada iOS. Untuk mengatasinya, Genhype bisa melakukan restart atau restore. Penyebab lainnya juga bisa datang dari rusaknya pembaca kartu SIM saat iPhone terbentur atau terbanting.

Penyebab terakhir  adalah IMEI yang terblokir, sehingga iPhone tidak dapat menghubungkan ke jaringan. Biasanya IMEI yang terblokir ini terjadi pada iPhone yang tidak melalui distribusi resmi masuk ke Indonesia. Hal ini dapat menyebabkan iPhone tidak bisa menggunakan jaringan Indonesia. Pengguna harus segera mengurus registrasi IMEI ke Bea Cukai dibawah Pemerintahan Indonesia.


Bagaimana Cara Mengatasi iPhone Tidak Ada Layanan?

Apple menyarankan pengguna untuk memeriksa jangkauan area yang dapat dicek di Pengaturan. Pertama, matikan dan hidupkan kembali data seluler. Untuk kamu yang sedang bepergian ke luar negeri, buka Pengaturan, klik Seluler, kemudian lanjutkan dengan klik Pilihan Data Seluler, lalu aktifkan Data Roaming.

Kedua, jika metode tersebut belum berhasil, pengguna disarankan me-reset iPhone dengan cara memulai ulang atau mematikan dan menghidupkan iPhone. Ketiga, iOS juga akan memengaruhi kelancaran hubungan ke jaringan. Saat iPhone Tidak Ada Layanan, segera perbaharui iPhone ke iOS versi terbaru.

Mengatur ulang Pengaturan Jaringan juga bisa dilakukan dengan cara membuka pengaturan, umum, atur ulang perangkat jaringan. Hal ini akan membantu mengatur ulang jaringan dan kata sandi, Wi-Fi, pengaturan seluler, serta pengaturan VPN dan APN yang telah digunakan sebelumnya.

Namun sebelum mengatur ulang jaringan, pastikan terlebih dahulu kamu sudah menggunakan jaringan LTE. AT&T sudah mulai menghentikan jaringan 3G secara bertahap. Sehingga pengguna direkomendasikan mengaktifkan jaringan LTE di menu Pengaturan, lalu klik Seluler dan nyalakan LTE.

Apabila iPhone tetap berstatus Tidak Ada Layanan, mungkin operator atau provider yang kamu gunakan sedang bermasalah. Hubungi operator seluler untuk mengetahui masalah lebih lanjut pada jaringan yang digunakan. Genhype, itulah penyebab dan cara mengatasi iPhone Tidak Ada Layanan. Semoga membantu ya!

Editor: Dika Irawan 
SEBELUMNYA

Selesai Berolahraga Malah Mengantuk, Baiknya Lanjut Bobo atau Enggak Nih?

BERIKUTNYA

Dengarkan 8 Lagu yang Akan Hadir dalam Film One Piece Film: Red

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: