Ilustrasi liburan (Sumber gambar: Anna Shvets/Pexels)

Mau Liburan ke Luar Negeri? 5 Barang Ini Wajib Masuk Koper

20 September 2022   |   20:35 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Menyambut akhir tahun, liburan sepertinya menjadi agenda wajib bagi sebagian besar masyarakat, salah satunya dengan travelling ke luar negeri. Buat kalian yang pertama kali merencanakan liburan lintas negara ini, ada baiknya membuat persiapan sejak jauh hari, agar jalan-jalannya berjalan lancar dan menyenangkan.

Untuk itu, persiapan harus dilakukan matang mulai dari kesehatan, rencana perjalanan, biaya, hingga barang-barang yang tidak boleh lupa dibawa saat travelling.

Lantaran akan bepergian jarak jauh, disarankan menggunakan koper untuk membawa semua barang yang diperlukan selama liburan. mengingat volume koper yang lebih besar dibandingkan dengan tas ransel.

Baca juga: Ini Cara Rencanakan Liburan Hemat Tanpa Ribet

Namun, Genhype juga sebaiknya membawa tas kecil untuk memuat dokumen penting selama perjalanan yang wajib dibawa, seperti paspor. Selain paspor, beberapa barang ini wajib masuk dalam koper dan tas saat akan bepergian keluar negeri. Yuk simak daftarnya!
 

1. Vaccum bag.

Mungkin seluruh barang bawaanmu muat dalam koper saat pergi. Namun beberapa orang kebingungan memuat barang mereka saat hendak pulang dari luar negeri. Biasanya hal ini terjadi karena ada barang belanjaan yang dibeli di luar negeri.

Bagaimanapun kamu harus memuatnya ke dalam satu koper yang sama digunakan saat pergi. Cara menyiasatinya adalah memasukkan barang-barang kecil ke dalam vacuum bag. Tas vaccum ini akan menyedot kelebihan udara di dalamnya sehingga barang dapat terkemas lebih kecil dan isi koper muat lebih banyak.
 

2. Adaptor.

Adaptor pipih (Sumber gambar: Screen Post/Pexels)

Adaptor pipih (Sumber gambar: Screen Post/Pexels)


Genhype pasti sudah tahu jika beberapa negara memiliki tipe steker listrik yang berbeda-beda. Tidak semua steker listrik menggunakan tipe dua lubang seperti di Indonesia. Untuk itu, kamu perlu membawa adaptor yang sesuai dengan negara yang dikunjungi.

Pastikan tidak salah dalam memiih adaptor dengan cara melakukan pengecekan terlebih dahulu di internet. Sebut saja, negara Jepang yang menggunakan tipe adaptor pipih persegi.
 

3. Powerbank

Liburan pada era digital identik dengan berfoto dan mengunggahnya di media sosial. Selain itu, kamu juga memerlukan fitur maps yang aktif untuk menjadi petunjuk arah selama bepergian di luar negeri.

Baca juga: Mau Liburan? Intip Dulu 6 Hidden Gems Ini

Tentunya aktivitas gadget ini akan memakan banyak daya baterai, sehingga disarankan untuk membawa powerbank dengan kapasitas yang cukup besar agar aktivitas komunikasi dan internetan tetap lancar.


4. Uang Tunai

Ilustrasi uang tunai (Sumber gambar: Pixabay/Pexels)

Ilustrasi uang tunai (Sumber gambar: Pixabay/Pexels)


Sebelum berlibur ke luar negeri, pastikan kamu sudah menyiapkan pecahan uang dalam mata uang negara yang dikunjungi. Mempersiapkan uang tunai merupakan salah satu langkah jika sewaktu-waktu perlu menggunakannya pada saat tidak terduga.

Siapkan juga uang tunai rupiah untuk bisa ditukar ke mata uang negara tujuan saat diperlukan. Jangan lupa juga untuk membawa kartu kredit ya!
 

5. Makanan Instan.

Ilustrasi makanan instan(Sumber gambar: Charlesdeluvio/Unsplash)

Ilustrasi makanan instan(Sumber gambar: Charlesdeluvio/Unsplash)


Tidak semua orang mampu menemukan taste yang cocok dengan lidahnya saat sedang di luar negeri. Selain itu, tidak semua negara menyediakan makanan halal untuk masyarakat beragama Muslim.

Baca juga: 5 Kota yang Ramah Kantong sebagai Destinasi Liburan

Cara paling mudah menyiasatinya adalah dengan membawa makanan instan dari Indonesia. Kamu bisa mengolah makanan dengan praktis dan mudah disajikan pada saat dibutuhkan saat liburan.

Nah Genhype, itulah beberapa barang yang wajib kamu bawa di koper saat bepergian ke luar negeri. Sudah siap liburan akhir tahun nanti?

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Apple Bakal Perbaiki Masalah Kamera Bergetar lewat Pembaruan Software

BERIKUTNYA

Intip Daftar 5 Penelitian Kulit & Rambut Terbaru dari Indonesia, Ada yang Pakai Bawang Hitam Lho

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: