Ponsel pintar iPhone dari Apple (Sumber gambar: Pexels/Cotton Bro)

Simak Bocoran Desain hingga Spesifikasi iPhone 14 Series 

23 May 2022   |   15:43 WIB

Setiap tahunnya, salah satu perangkat elektronik dari segmen ponsel pintar yang kedatangannya selalu dinantikan adalah produk terbaru dari Apple, yang tidak lain adalah iPhone 14 Series, yang akan menjadi penerus dari iPhone 13 Series rilisan tahun lalu. 

Jika tidak ada aral melintang, para penggemar akan melihat pengumuman perusahaan tentang iPhone 14 itu pada ajang tahunan terbesarnya, yang biasanya digelar pada musim gugur, atau tepatnya sekitar September tiap tahunnya. Tinggal beberapa bulan lagi. 

Kendati belum ada informasi resmi apa pun mengenai next gen smartphone-nya itu, tetapi sudah banyak bocoran yang beredar terkait dengan tampilan, fitur, dan perangkat keras dari produk iPhone anyar yang akan datang. 

Baca juga: Cek dan lakukan hal ini kalau iPhone kalian terasa lambat

Laporan iDropNews misalnya yang menyatakan iPhone 14 (reguler) dan iPhone 14 Max secara tampilan akan memiliki visual yang identik dengan generasi sebelumnya. Ini disebut akan mengecewakan sebagian besar para penggemarnya. 

Akan tetapi, tentu saja ada peningkatan pada sisi lain, dalam hal ini adalah sistem perangkat lunaknya. Dilaporkan bahwa dua varian itu akan menggunakan prosesor Bionic A15 baru, yang kemungkinan juga akan dinamakan sebagai A16. 

Layarnya berukuran 6,1 inci untuk iPhone 14 reguler dan 6,7 inci untuk iPhone 14 Max. Apple dikabarkan bakal memulai varian ponsel ini dengan minimal memori penyimpanan sebesar 128GB dan variasi warna yang beragam. 

Baca juga: Analis sebut iPhone bakal pakai pengisi daya type-c

Sementara itu, varian yang lebih tinggi, yakni iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max bakal memberikan kesegaran bagi para apple fanboy dan fangirl. Pasalnya, dua varian ini akan hadir dengan desain hingga sistem operasi yang baru. 

Pada bagian desain, raksasa teknologi tersebut dilaporkan akan menghilangkan poni atau takik pada layar depannya, dan menggantinya dengan sistem pill n hole. Ini merupakan hal yang sudah lama dilakukan banyak produsen lain, tapi Apple baru akan melakukannya. 

Selain itu, hal yang menarik dari iPhone 14 paling gahar adalah sistem kameranya. Laporan jurnalis Bloomberg Mark Gurman dan analis Ming Chi Kuo sebelumnya menyatakan ponsel rilisan tahun ini akan hadir dengan resolusi 48 megapiksel (MP). 

Baca juga: Begini bocoran spesifikasi kamera iPhone 14 Series 

Ini tentunya menjadi kabar yang menggembirakan bagi banyak penggemar. Setelah sekian lama menggunakan kamera resolusi 12MP - sementara vendor lain banyak yang sudah menyematkan hingga 108MP - akhirnya Apple akan menaikkan resolusi kameranya. 

Tidak hanya perangkat kerasnya yang meningkat, Apple juga disebutkan bakal menyematkan kemampuan perekaman video hingga resolusi 8K. Ini adalah fitur yang sangat premium, dan baru tersedia di beberapa flagship smartphone. 

Oh iya, kabarnya Apple hanya akan memperkenalkan empat varian dari iPhone 14 Series yakni versi reguler, Max, Pro, dan Pro Max. Sementara itu, versi iPhone Mini sejauh ini masih belum bisa dipastikan. 

Baca juga: Hati-hati, Ini Tanda Baterai iPhone yang Bocor & Rusak 

Hal ini disinyalir sebagai upaya Apple menyelamatkan seri lainnya dari ponsel ini yakni iPhone SE. Pasalnya, banyak para penggemar yang membandingkan seri iPhone SE 2020 dengan iPhone 12 Mini dan iPhone SE 2022 dengan iPhone 13 Mini. 

Editor : Dika Irawan
SEBELUMNYA

Ehm, Ini 9 Tanda Pasangan Kalian Belum Move On

BERIKUTNYA

Kembangkan Teknologi Kamera, Xiaomi Resmi Bemitra dengan Leica

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: