Gim A Space for the Unbound besutan developer lokal mampu memenangi penghargaan kategori Future Division bersama gim-gim kenamaan (Sumber gambar: Toge Productions/Mojiken)

Gim Indonesia A Space for the Unbound Raih Penghargaan di Ajang Tokyo Game Show 2022

18 September 2022   |   22:00 WIB

Ada kabar membanggakan untuk industri gim dalam negeri. Permainan video besutan Mojiken Studio dan Toge Productions - developer gim asal Indonesia - berjudul A Space for the Unbound berhasil menjadi salah satu pemenang penghargaan kategori Future Division Japan Game Awards, yang diadakan pada pameran Tokyo Game Show (TGS) 2022.  

Kemenangan tersebut disampaikan oleh akun media sosial Twitter @MojikenStudio. “Terima kasih banyak Tokyo Game Show dan semua orang di #TGS2022 yang memilih @ASFTUgame dalam penghargaan kategori Future dan selamat untuk 11 pemenang! Mari kita buat saat-saat indah di masa depan bersama,” demikian tertulis. 

Baca juga: Profil 10 Perusahaan Gim Indonesia yang Hadir di Ajang Tokyo Game Show 2022 
 

Dilansir laman resmi Japan Game Awards, gim besutan developer lokal tersebut mampu memenangkan penghargaan kategori Future Division bersama dengan sejumlah pemenang lainnya. Tidak main-main, gim karya anak bangsa itu bersanding dengan jajaran gim top yang dikembangkan oleh raksasa industri video gim. 

Selain A Space for the Unbound, pemenang lain pada kategori tersebut adalah Atelier Ryza 3: Alchemist of the End & Secret Key, Exoprimal, Final Fantasy XVI, Forspoken, Like a Dragon: Ishin!, Mega Man Battle Network Legacy Collection, Sonic Frontiers, Street Fighter 6, dan Wo Long: Fallen Dynasty. 

Sebagaimana diketahui, Final Fantasy XVI merupakan permainan gim video yang diterbitkan oleh perusahaan Square Enix Co., Ltd. dan pengembangan Creative Business Unit III. Sementara itu, Street Fighter 6 adalah gim dari penerbit Capcom Co., Ltd yang merupakan pemain arus utama di industri gim global. 

Adapun, gim A Space for the Unbound menjadi satu-satunya gim indie yang berhasil masuk dalam dafter pemenang kategori tersebut di ajang Tokyo Game Show. Gim ini menggandeng publisher Chorus Worldwide LLC, yang merupakan penerbit gim indie global. 

Baca juga: Wajib Coba, Ini 5 Permainan Gim Video Lokal yang Mendunia 
 

Sinopsis Gim 

Dalam laman Toge Productions, disebutkan bahwa A Space for the Unbound adalah sebuah gim petualangan slice-of-life berlatar era 1990an di Indonesia. Gim ini bercerita tentang berbagai hal mulai dari mengatasi kecemasan, depresi, cinta, persabahatan, dan kekuatan gaib.

Dua orang siswa dan siswi sekolah menengah atas (SMA), yakni Atma dan Raya harus menjelajahi dan menyelidiki kota yang mereka tinggali untuk mengungkap rahasia tersembunyi, menghadapi akhir dunia, dan mungkin belajar lebih banyak tentang satu sama lain.

Gim ini menghadirkan pengalaman yang digerakkan oleh cerita menawan dengan lingkungan semarak, yang menunggu untuk dijelajahi oleh para pemain. Tidak hanya itu, gim ini juga akan menghadirkan musik indah yang digubah oleh Masdito Bachtiar yang merupakan komposer untuk She and the Light Bearer dan When the Past was Around

A Space for the Unbound rencananya akan dirilis pada 2022 di berbagai platform gim mutakhir, termasuk Nintendo Switch, PlayStation5, PlayStation 4, dan Xbox One. Akan tetapi, karena ada masalah dengan penerbit sebelumnya, perilisan gim ini ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. 

Baca juga: Permainan Gim Video dari Pengembang Asia Tenggara yang Ditunggu-Tunggu 
 
 


Tokyo Game Show 

Adapun, Ajang Tokyo Game Show pada tahun ini kembali diselenggarakan secara luring untuk yang pertama kalinya dalam 3 tahun pandemi, selain juga diadakan secara daring. Acara yang terselenggara pada 15 sampai 18 September itu diadakan di Japan Convention Center Makuhari Messe.

Dalam penyelenggaraannya, 2 hari pertama, yakni pada 15 dan 16 September 2022 adalah untuk para profesional industri gim. Periode ini umumnya dipakai sebagai pertemuan bisnis para pelaku industri. Aksesnya terbatas hanya untuk stakeholder terkait yang telah ditetapkan sebelumnya. 

Sementara itu, 17 dan 18 September 2022 adalah waktu untuk masyarakat umum bisa berkunjung ke salah satu pameran industri gim video tersebesar di dunia itu. Pada ajang ini terdapat 605 perusahaan dan organisasi dari 37 negara dan wilayah yang memamerkan produk dan layanannya.

Dari total itu, sebanyak 312 adalah peserta pameran dari Jepang dengan 25 di antaranya berpartisipasi secara daring. Kemudian 293 peserta pameran lainnya berasal dari luar Jepang dengan 25 di antarnaya juga ikut serta dalam pameran melalui daring.

Peserta ajang Tokyo Game Show 2022 tercatat lebih banyak 1,7 kali jika dibandingkan dengan pameran khusus virual pada tahun lalu. Ajang Tokyo Game Show 2022 memiliki tema Nothing Stops Gaming

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
 
SEBELUMNYA

Jarang Diketahui Pengguna iPhone, Ini 6 Fitur Tersembunyi di iOS 16

BERIKUTNYA

Jadi Simpul Literasi di Jakarta, Ini Wajah Baru Taman Literasi Martha Christina Tiahahu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: