Game lokal A Space for the Unbound (Sumber: Toge Productions/Mojiken Studio)

Review A Space for the Unbound, Proses Pendewasaan yang Penuh Makna & Nostalgia 

22 January 2023   |   07:25 WIB

Sebuah petualangan fantasi mengantarkan dua orang remaja SMA dalam rangkaian kisah dan cerita yang menakjubkan. Mereka yang sedang berproses untuk jadi dewasa tetap tak luput dari realitas masyarakat yang penuh tuntutan hingga ragam aral dan rintangan yang seakan menghalangi anak muda untuk bermimpi.

Konsep cerita inilah yang hadir dalam A Space for the Unbound, gim terbaru dari Mojiken dan Toge Productions yang menghadirkan petualangan, mimpi, hingga pendewasaan. Kisahnya berfokus pada Atma, seorang siswa SMA biasa, yang mengalami perjalanan penuh fantasi dengan temannya Raya, yang memiliki kekuatan misterius. 
 
Baca juga: Ulang Tahun Ke-14, Toge Productions Hadirkan Rangkaian Pengumuman Menarik
 
Kisah mereka berdua awalnya tampak biasa-biasa saja seperti siswa SMA pada umumnya, tapi berbagai kejadian di lingkungan sekitar mulai menciptakan sebuah pengalaman tak terlupakan. Dalam perjalanannya, banyak dimensi kisah dan tantangan yang disajikan untuk menunjukkan perjuangan para remaja tersebut, yang relevan bagi anak-anak muda masa kini.

Rilis pada 19 Januari 2023 untuk komputer dan konsol, gim buatan Mojiken Studio dan Toge Productions ini mengusung desain gambar piksel dan mengambil latar Indonesia pada era 1990-an. 

Kisahnya memuat konsep cerita coming-of-age atau perkembangan seorang remaja menjadi dewasa. Ceritanya disesuaikan dengan lakon kehidupan anak Indonesia pada eranya, dibumbui lagi dengan suguhan fantasi yang sangat menarik. 

Sebelumnya, gim ini sempat merilis versi prolog yang memuat bagian awal dari permainan versi utuh (full version). Prolog ini memiliki kontrol yang lebih dinamis, di mana kontrol utama menggunakan panah atau format WASD. Layaknya versi demo, ini merupakan versi pranala yang memuat bagian awal kisah Atma di dalam mimpi. 

Namun, ini berbeda dengan versi penuh yang menggunakan kontrol panah dan beberapa kontrol standar seperti Shift Kiri, Tab, hingga beberapa tombol huruf pada papan ketik. Penerapan tersebut membuat beberapa metode kegiatan seperti membuka buku dan membatalkan aktivitas karakter, jadi lebih mudah diingat. 
 

(Sumber: Toge Productions/Mojiken Studio)

(Sumber: Toge Productions/Mojiken Studio)

Pada aspek permainan atau gameplay, A Space for the Unbound memiliki kontrol yang cukup mudah karena mengandalkan kibor. Jauh lebih simpel ketimbang gim lain yang membutuhkan papan tik, tetikus, hingga alat tambahan. Walaupun begitu, implementasinya masih cukup kompleks ketimbang gim point and click

Sistem kendali ini masih sepadan dengan konsep permainan yang banyak mengandalkan penyelesaian misi seperti mencari objek, berinteraksi dengan manusia dan kucing, mengambil barang, hingga bertarung dengan tokoh-tokoh antagonis. 

Dalam hal desain, gim ini memakai konsep artistik dengan seni piksel yang khas ala gim-gim era 1990-an. Meski konsep ini umumnya sulit untuk menunjukkan berbagai detail objek, tim pengembang bekerja keras menciptakan visual yang menarik lewat gradasi warna dan detail yang lebih umum. 

Bahkan, desain ini berhasil memberikan gambaran tentang situasi masyarakat pada eranya, termasuk kehidupan komunal dan situasi sosial politik. Kendati situasi kala itu mendorong sikap pesimisme, berbagai citra tentang kebahagiaan dan optimisme masih hadir dari pembawaan beberapa karakternya.

Lebih rinci mengenai semesta dari kisah fantasi yang tampak sejak bagian prolog, perjalanan Atma saat melakukan ‘space diving’ atau masuk ke dalam alam bawah sadar karakter pendukung, menjadi kisah yang memperluas perjuangan masyarakat pada saat itu. Menariknya, konsep ini digunakan untuk menyelesaikan misi terkait dengan ketakutan karakter lain di dalam gim.

Penyelesaian misi ini tentu tak sama bagi setiap individu. Ada misi yang cenderung mudah karena hanya mengambil objek tertentu. Namun, ada juga yang cukup rumit karena berhubungan dengan misi-misi sebelumnya. Di sini ketelitian pemain diperlukan selama menjalankan rangkaian misi yang ada.

Secara keseluruhan, A Space for the Unbound menjadi gim yang berfokus pada narasi dan petualangan yang menarik untuk diikuti. Permainan yang simpel, grafis yang apik, hingga musik yang ciamik jadi daya tarik permainan yang membawa kenangan manis dan nostalgia masa lalu.
 
Data Game
Judul: A Space for the Unbound
Pengembang: Mojiken Studio
Penerbit: Toge Productions
Tanggal Rilis: 19 Januari 2023
Genre: Adventure, Indie
Platform: PC, Nintendo Switch, Xbox, dan Playstation
 
Baca jugaCek 4 Game Strategi yang Seru Buat Main Bareng Teman!
 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Mitos & Pantangan Tahun Baru Imlek, Bisa Mengusir Keberuntungan

BERIKUTNYA

Makna Filosofis Burung Phoenix dalam Tradisi China, Kerap Hadir di Busana Imlek

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: