Ilustrasi gamers. (Sumber foto: Pexels/RDNE Stock project)

Gim Buatan Indonesia Kuasai Pasar Asia Tenggara

10 January 2024   |   14:04 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Industri gim di Indonesia menunjukkan tren positif. Sejumlah developer dan penerbit pun berlomba-lomba mengembangkan serta merilis produk terbaru untuk meraih pasar gaming, terutama di Asia Tenggara. Terbukti dari banyaknya jumlah gim yang terbit di beberapa platform, seperti Steam. 

Dari laporan VirtualSEA, Indonesia berada di posisi teratas sebagai negara yang menyumbang gim ke platform distribusi gim, Steam, khususnya di wilayah Asia Tenggara. Adapun Virtual SEA merupakan salah satu kurator kenamaan di platform Steam yang biasa mengulas sejumlah gim independen (indie) yang berasal dari Asia Tenggara.

Baca juga: 7 Daftar Game Mobile Rilis Tahun 2024, dari Godzilla x Kong Hingga Call of Duty

Dalam laman X (dahulu Twitter) resmi Virutal SEAsia, total 256 gim yang dikembangkan developer Indie asal Indonesia terbit di Steam. Data ini diambil pada Januari 2024. 

Thailand berhasil menyalip Singapura karena telah menerbitkan 158 gim indie. Adapun Singapura berada di bawahnya dengan jumlah 134 gim. Sementara di posisi keempat terdapat FIlipina dengan 92 gim. 

Negara tetangga, Malaysia menempati posisi kelima dengan 80 gim. Vietnam dengan 40 gim berada di posisi keenam. Dua terbawah diantaranya Brunei dengan 7 gim dan Myanmar 5 gim. 

“Indonesia masih memegang pole position, tapi kita punya nomor dua baru: Thailand, menyalip Singapura untuk pertama kalinya,” tulis Virtual SEAsia pada postingan di X, dikutip Hypeabis.id, Rabu (10/1/202).

Tak dipungkiri, industri gim Indonesia memang tengah berkembang. Sejumlah developer pun menunjukkan eksistensinya di beberapa ajang penghargaan baik regional hingga dunia. 
 

Sebut saja tiga karya anak bangsa, A Space for the Unbound buatan Mojiken Studio, Rendezvous dari Pendopo Creations, dan Unplug garapan Goldlime Studios yang sukses menyabet empat gelar pada ajang SEA Game Awards 2023 yang digelar Level Up KL.  

Dalam ajang ini, A Space for the Unbound menyabet gelar Best Story Telling. Sedangkan Unplug menyabet kategori Audience Choice Award. Adapun Rendezvous berhasil mendapatkan dua penghargaan sekaligus, yakni kategori Grand Jury Award dan Best Visual Art.

Diketahui, gim A Space for the Unbound besutan Mojiken Studio dan diterbitkan Toge Productions juga berhasil masuk dalam nominasi The Game Awards 2023. A Space for the Unbound masuk dalam nominasi Games for Impact.

CEO Toge Productions Kris Antoni menyampaikan masuknya gim ini menjadi sejarah bagi studio mereka dan industri gim Indonesia. Ya, untuk pertama kalinya gim asal Indonesia masuk ke dalam nominasi The Game Awards yang terbilang prestisius.

Sudah terjual puluhan ribu kopi baik di PC maupun Nintendo Switch, Xbox, Playstation. Saat ini gamenya mendapat rating Overwhelmingly Positive di Steam dengan total lebih dari 3.000 ulasan.

“Tidak hanya visual pixelart dengan estetik yang terinspirasi dari film-film Makoto Shinkai tapi juga cerita yang menyentuh serta penuh makna,” sebutnya menjawab gaya tarik dari gim A Space for the Unbound saat ditanya Hypeabis.id beberapa waktu lalu. 

Dia menyampaikan gim ini sudah terjual puluhan ribu kopi baik di PC maupun Nintendo Switch, Xbox, dan Playstation. “Saat ini gamenya mendapat rating Overwhelmingly Positive di Steam dengan total lebih dari 3.000 ulasan,” sebut Kris. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Skandal Berlalu, Golden Globe Awards 2024 Kembali Curi Perhatian Penonton

BERIKUTNYA

Starvision Rilis Trailer Film Sinden Gaib, Tayang di Bioskop 22 Februari 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: