Ada banyak permainan video game lokal yang dikenal di kalangan gamers dunia (Sumber gambar: Pexels/Soumil Kumar)

Wajib Coba, Ini 5 Permainan Video Game Lokal yang Mendunia 

05 July 2022   |   18:32 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Bermain video gim telah menjadi salah satu aktivitas hiburan favorit masyarakat Indonesia. Akses yang makin mudah - bisa dimainkan di genggaman tangan - hingga koleksi judul permainan yang beragam, telah menjangkau banyak kalangan. 

Laporan Digital 2022 Indonesia dari We Are Social dan Kepios, menunjukkan bahwa pengguna internet kita dalam sehari rata-rata menghabiskan waktu sekitar 1 jam 19 menit untuk bermain gim. Aktivitas ini lebih lama dibandingkan dengan mendengarkan siniar (podcast). 

Kepopuleran permainan video gim tidak hanya diisi oleh studio luar negeri. Para pengembag gim dalam negeri juga punya produk gim yang tidak kalah menarik. Bahkan, beberapa di antaranya sudah menembus pasar global dan mendapatkan pengakuan dunia internasional. 

Baca Juga : Ini Dia Permainan Video Game dari Asia Tenggara yang Ditunggu-Tunggu 

Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah sejumlah permainan video gim karya anak bangsa yang sudah go intenational:
 

1. DreadOut 

 

DreadOut (Sumber gambar: Steam/Digital Happiness)

DreadOut (Sumber gambar: Steam/Digital Happiness)

DreadOut merupakan permainan video gim bergenre horor buatan studio lokal Digital Happiness. Gim yang telah dirilis sejak 2014 di platform komputer ini telah dimainkan banyak kreator konten kelas dunia, termasuk YouTuber kenamaan PewDiePie. 

Kepopuleran gim ini telah merambah ke bentuk media lain yakni film dengan judul serupa. Selain itu, pengembang juga telah menghadirkan sekuel gimnya berjudul DreadOut 2, yang pada tahun ini tengah di-porting ke konsol generasi terbaru PS4, PS5, Xbox One, dan Xbox X/S. 
 

2. When the Past Was Around 

 

(Sumber gambar: Steam/Mojiken-Toge Production)

(Sumber gambar: Steam/Mojiken-Toge Production)

Permainan video gim teka-teki (puzzle) berjudul When the Past Was Around besutan Mojiken Studio dan Toge Production, adalah salah satu judul gim lokal yang populer di pasar internasional. Gim ini tersedia di berbagai platform termasuk Steam hingga Nintendo Switch. 

Berkonsep point and click puzzle, gim ini berkisah tentang seorang gadis dan kekasihnya dalam dunia surealis. Para pemain akan dibawa menuju dunia dengan visual epik dan suara musik yang menenangkan, sembari mengungkap rahasia-rahasia bertema cinta. 


3. Coffee Talk

 

(Sumber gambar: Steam/Toge Production)

(Sumber gambar: Steam/Toge Production)
 

Pencinta gim lokal sudah pasti tidak asing lagi dengan judul visual novel Coffee Talk karya Toge Production. Gim bertemakan kopi ini dirilis pada 2020, termasuk di pasar Jepang. Judul ini dapat dimainkan di banyak platform termasuk komputer dan konsol seperti PS4, Xbox One, dan Nintendo Switch. 

Gim ini dibuat oleh talenta gim terbaik Indonesia, almarhum Mohammad Fahmi. Bercerita tentang seorang barista yang bekerja di kedai kopi fantasi, yang mendengarkan berbagai keluhan para pelanggan. Pengembang kini tengah menyiapkan sekuel gim berjudul Coffee Talk Episode 2: Hibiscus & Butterfly.
 

4. Ghost Parade 

 

(Sumber gambar: Steam/Lentera Nusantara)

(Sumber gambar: Steam/Lentera Nusantara)
 

Ghost Parade merupakan permainan video gim platformer yang dikembangkan oleh Lentera Nusantara. Dirilis pertama kali pada 2019, gim ini telah tersedia untuk dimainkan di komputer, PlayStation 4, dan Nintendo Switch. 

Ceritanya mengikuti kisah seorang gadis kecil bernama Suri, yang berteman dengan hantu Ghost Inside Svaka Forest. Hantu itu ternyata membutuhkan bantuan si kecil untuk menyelamatkan hutan. Gim ini juga telah berkembang ke bentuk komik mini bergenre komedi fantasi. 


5. Rising Hell 

(Sumber gambar: Steam/Tahoe Games)

(Sumber gambar: Steam/Tahoe Games)

 
Rising Hell adalah permainan video gim berkonsep roguelike yang dikembangkan oleh Tahoe Games dan diterbitkan Toge Productions. Gim ini tersedia untuk platform komputer, PS4, Xbox One, dan Nintendo Switch 

Baca juga: Jadwal Rilis & Tampilan Game RPG Star Ocean: The Divine Force 

Pemain akan berperan sebagai Arok, seorang pendosa dengan kekuatan misterius untuk melawan kelompok setan, dengan permainan berkonsep vertical platformer. Gim ini mendapatkan dua penghargaan pada ajang SEA Games Awards 2021. 

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Jangan Anggap Remeh Risiko Waxing karena Akan Memicu Persoalan Ini

BERIKUTNYA

Begini Cara Mengaplikasikan Bata Ekspos dalam Desain Rumah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: