Tampilan iPhone yang sudah di update iOS 16. (Sumber gambar : Apple)

iOS 16 Dirilis Besok, Intip Fitur dan Cara Update di iPhone

11 September 2022   |   18:55 WIB

Raksasa teknologi Apple akan meluncurkan sistem operasi seluler terbaru mereka yakni iOS 16, pada Senin (11/9/2022). Penerus dari peranti lunak iOS 15 yang diperkenalkan tahun lalu ini memuat beragam fitur baru dan pembaruan yang cukup siginifian dari sistem operasi pendahulunya. 

Salah satu fitur pada iOS 16 ini adalah lock screen dibuat menjadi lebih pribadi, indah, dan disesuaikan dengan gaya pengguna. Tampilan tanggal dan waktu juga bisa dibuat lebih ekspresif dengan pilihan warna yang beragam. 

Selain itu, lock screen bisa menampilkan widget yang mengambil inspirasi dari komplikasi Apple Watch untuk memudahkan pengguna mendapat informasi. Ada pula fitur baru bernama Live Activities yang membantu kamu tetap update secara real time

Baca juga: iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max Juga Dirilis, Ada Fitur Dynamic Island dan Chip A16 Bionic

Kemudian Focus yang dibuat lebih mudah teratur dan terhubung ke lock screen, serta menawarkan kemudahan pemakaian. Untuk mengaktifkan Focus, pengguna cukup menggesek ke lock screen yang sesuai. Dengan filter pada fitur tersebut, aplikasi seperti Kalender, Mail, dan Safari hanya dapat menampilkan konten yang relevan dengan penggunanya. 

Fitur berikutnya adalah iCloud Shared Photo Library yang memberikan kemudahan bagi keluarga untuk berbagi foto tanpa hambatan dengan perpustakaan iCloud yang terpisah dan dapat saling dikolaborasikan hingga enam pengguna. 

Nantinya, pengguna dapat memilih untuk membagikan foto yang ada di perpustakaan pribadi mereka, bisa juga dilakukan berdasarkan tanggal atau orang-orang yang ada di dalam foto. Ada juga pilihan untuk membagikan foto secara otomatis saat media itu dibuat. 
 

iPhone dengan peranti iOS 16 (Sumber gambar : Apple)

iPhone dengan peranti iOS 16 (Sumber gambar : Apple)


Selain itu, pengguna akan menerima saran cerdas untuk membagikan foto yang menyertakan peserta di Shared Foto Library. Setiap pengguna yang tergabung memiliki akses untuk menambah, menghapus, mengedit, dan membagikan foto yang ada di perpustakaan tersebut. 

Satu lagi yang menarik adalah fitur Live Text yang dapat mengenali teks di dalam gambar secara langsung. Pada iOS 16, Live Text diperluas termasuk untuk video. Jadi, pengguna dapat menjeda video dan nantinya fitur tersebut dapat dimanfaatkan. Ada juga fitur untuk dengan cepat mengkonversi mata uang dan menerjemahkan teks. 

Masih banyak lagi fitur-fitur yang tersedia di iOS 16 ini. Adapun peranti lunak ini kompatibel atau berfungsi pada iPhone yang memiliki prosesor A10 atau lebih tinggi. Berikut diantaranya, seri iPhone 14, seri iPhone 13, seri iPhone 12, seri iPhone 11, seri iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone SE (generasi ke-2 atau lebih baru).

Baca juga: Yuk Cek Harga dan Warna iPhone 14 Series

Namun kamu perlu update iOS dulu ya untuk menggunakan sistem operasi terbaru dari Apple ini. Sebagai informasi, berikut cara update iOS 16 di perangkat iPhone. 
  • Buka beta.apple.com di iPhone dan masuk dengan ID Apple kamu.
  • Klik Daftarkan perangkat iOS untuk mengunduh profil penginstalan beta publik iOS 16 ke iPhone kamu, ikuti petunjuk di layar perangkat.
  • Buka aplikasi Pengaturan di perangkat iPhone kamu.
  • Item baru akan menunjukkan bahwa Setup Profile telah terdeteksi. Pilih opsi itu, di layar berikutnya ketuk tombol Instal dan ikuti petunjuk di layar. Sebagai catatan, langkah ini hanya menginstal file yang merilis versi uji coba di perangkat.
  • Untuk menginstal iOS beta, ikuti prosedur tradisional seperti Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.
  • Setelah proses selesai, iPhone kamu akan menjalankan iOS 16.
  • Jangan lupa juga saat menginstal iOS 16, iPhone kamu dalam posisi daya baterai yang penuh ya. 


Cara lain

  • Buka pengaturan di iPhone.
  • Arahkan ke opsi Umum.
  • Klik Pembaruan Perangkat Lunak. Sistem akan mencari pembaruan yang tersedia.
  • Jika pembaruan sekarang tersedia, informasi pembaruan yang relevan akan muncul di layar perangkat. Klik opsi  Unduh dan Instal.
  • Setelah mengunduh versi terbaru, pilih Instal Sekarang.
  • Setelah reboot, iPhone kamu akan menjalankan iOS 16.
Editor: Fajar Sidik 
SEBELUMNYA

Bingung Cari Kado Spesial? Yuk Cek Produk UKM Pilihan di E-commerce Ini

BERIKUTNYA

Ingin Belajar Kamera Analog, Yuk Simak 5 Tip Ini Agar Hasil Foto Kalian Lebih Estetik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: