Ini Dia Fitur-Fitur Canggih Instagram yang Dirilis 2021
22 July 2021 |
13:11 WIB
Pengguna Instagram makin dimanja oleh kehadiran fitur-fitur canggih yang dihadirkan oleh platform media sosial tersebut. Kali ini, mereka kedatangan fitur penerjemahan teks yang ada di Story.
Seperti diketahui sebelumnya Instagram hanya menghadirkan fitur penerjemahan pada teks yang ada di unggahan Feeds.
Fitur tersebut hanyalah satu dari sekian banyaknya fitur baru yang dihadirkan oleh Instagram sepanjang tahun ini.
Selama beberapa tahun terakhir, fitur-fitur di Instagram terus berubah. Meski sempat menghapus beberapa fitur, Instagram terus berinovasi dengan merilis fitur-fitur terbaru agar pengguna tidak pindah ke platform media sosial lain.
Dilansir dari legalreader.com, berikut 8 fitur Instagram terbaru 2021 yang perlu kalian tahu dan coba sendiri:
1. Dasbor Profesional
Pada awal 2021, Instagram memperkenalkan tab baru yang dikenal sebagai Dasbor Profesional (Professional Dashboard). Fungsi dari tab tersebut adalah membantu pengguna, khususnya para kreator konten atau pelaku usaha memeriksa informasi yang mereka perlukan.
Di dalam dasbor baru ini, pengguna dapat menemukan beberapa sumber daya dan alat utama seperti:
-Promosi
- Kinerja keseluruhan akun Anda
- Wawasan Instagram
- Balasan tersimpan
- Belanja Instagram
- Persetujuan konten
2. Stiker IG Story
Selama beberapa bulan terakhir, Instagram telah memasukkan cukup banyak stiker baru di bagian cerita Instagram atau IG Story. Tujuan utama dari stiker ini adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
Terdapat berbagai stiker cerita menarik yang bisa kalian coba, yaitu:
- Stiker donasi
- Stiker pesanan makanan
- Stiker tantangan
- Stiker tetap di rumah
- Stiker DM Saya
- Dukung stiker bisnis kecil
- Stiker kartu hadiah
3. Facebook Shop
Facebook telah mengubah seluruh dunia e-commerce dengan meluncurkan Facebook Shop, yang dapat diakses melalui Instagram dan juga Facebook.
Singkatnya, pebisnis dapat mengembangkan katalog yang dapat disesuaikan untuk layanan dan produk mereka di mana pengguna dapat menelusuri, berbagi, menyimpan, dan membelinya.
Nah, yang perlu dilakukan pengguna hanyalah memilih produk yang ingin Anda iklankan, lalu menambahkan gambar sampul yang menarik dan tema yang relevan untuk meningkatkan daya tarik.
Pengguna dapat menikmati layanan pelanggan yang luar biasa dalam aplikasi dan Facebook terus memperkenalkan pembaruan baru untuk membuat pengalaman pengguna ini lebih lancar.
4. Mengunggah di Banyak Akun
Fitur ini sangat menghemat waktu pengguna, terutama bagi pengguna yang memiliki banyak akun Instagram dan ingin memposting konten dalam waktu bersamaan.
Pengguna hanya perlu mengunggah konten melalui satu akun dan kemudian hanya mengizinkan beberapa opsi untuk mengunggah konten di akun lain. Namun, jangan lupa bahwa konten yang sama akan diunggah di kedua profil Instagram lainnya.
Meski demikian, fitur ini sepertinya tidak terlalu populer. Orang biasanya menghindari memposting konten yang sama di dua akun Instagram yang berbeda karena itu akan menurunkan tingkat keterlibatan.
5. IGTV Preview
Salah satu fitur paling populer dari Instagram mendapatkan popularitas besar saat ini adalah video IGTV.
Untuk meningkatkan visibilitas video IGTV, Instagram mulai memperlakukannya sebagai postingan Instagram biasa. Ketika kalian mengunggah video IGTV, video tersebut akan terlihat di preview berita serta profil followers kalian.
Namun, ingat bahwa itu akan memutar preview 60 detik yang akan menarik followers. Video IGTV akan membantu pengguna mendapatkan followers, tetapi pengguna juga dapat membeli pengikut di Instagram untuk meningkatkan kecepatan proses.
6. Dark Mode
Pengguna Instagram telah mengantisipasi mode gelap atau Dark Mode pada aplikasi beberapa waktu lalu. Ini akan membantu mereka menghemat masa pakai baterai ponsel mereka.
Selain itu, Dark Mode juga memiliki tampilan yang lebih menarik. Namun, pengguna tidak dapat mengaktifkan mode gelap dari aplikasi Instagram. Mereka harus melalui pengaturan umum ponsel untuk mengaktifkan Dark Mode.
7. Organisasi Inbox
Setelah pembaruan diluncurkan, Instagram telah mengubah antarmuka kotak masuk (inbox) dengan membaginya menjadi tab Utama, Umum, dan Permintaan.
Utama adalah bagian di mana pengguna akan menerima semua pesan dari orang-orang yang mengikuti mereka. Pesan lainnya akan tiba di tab Permintaan dan Anda dapat memindahkannya baik di Utama atau Umum.
8. Saran Unfollow
Kalian mungkin memperhatikan bahwa terkadang kalian kehilangan followers. Atau mungkin kalian ingin berhenti mengikuti beberapa akun yang tidak cukup interaktif?
Apa pun alasannya, Instagram baru-baru ini memperkenalkan fitur kecil ini yang akan menyarankan orang mana yang harus kalian berhenti ikuti dari akun Instagram.
Kalian akan menerima dua opsi: 'paling tidak berinteraksi dengan' dan 'paling banyak ditampilkan di preview'. Orang-orang dengan 'paling tidak berinteraksi dengan' adalah saran kalian untuk segera unfollow.
Editor: Fajar Sidik
Seperti diketahui sebelumnya Instagram hanya menghadirkan fitur penerjemahan pada teks yang ada di unggahan Feeds.
Fitur tersebut hanyalah satu dari sekian banyaknya fitur baru yang dihadirkan oleh Instagram sepanjang tahun ini.
Selama beberapa tahun terakhir, fitur-fitur di Instagram terus berubah. Meski sempat menghapus beberapa fitur, Instagram terus berinovasi dengan merilis fitur-fitur terbaru agar pengguna tidak pindah ke platform media sosial lain.
Dilansir dari legalreader.com, berikut 8 fitur Instagram terbaru 2021 yang perlu kalian tahu dan coba sendiri:
1. Dasbor Profesional
Pada awal 2021, Instagram memperkenalkan tab baru yang dikenal sebagai Dasbor Profesional (Professional Dashboard). Fungsi dari tab tersebut adalah membantu pengguna, khususnya para kreator konten atau pelaku usaha memeriksa informasi yang mereka perlukan.
Di dalam dasbor baru ini, pengguna dapat menemukan beberapa sumber daya dan alat utama seperti:
-Promosi
- Kinerja keseluruhan akun Anda
- Wawasan Instagram
- Balasan tersimpan
- Belanja Instagram
- Persetujuan konten
2. Stiker IG Story
Selama beberapa bulan terakhir, Instagram telah memasukkan cukup banyak stiker baru di bagian cerita Instagram atau IG Story. Tujuan utama dari stiker ini adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
Terdapat berbagai stiker cerita menarik yang bisa kalian coba, yaitu:
- Stiker donasi
- Stiker pesanan makanan
- Stiker tantangan
- Stiker tetap di rumah
- Stiker DM Saya
- Dukung stiker bisnis kecil
- Stiker kartu hadiah
3. Facebook Shop
Facebook telah mengubah seluruh dunia e-commerce dengan meluncurkan Facebook Shop, yang dapat diakses melalui Instagram dan juga Facebook.
Singkatnya, pebisnis dapat mengembangkan katalog yang dapat disesuaikan untuk layanan dan produk mereka di mana pengguna dapat menelusuri, berbagi, menyimpan, dan membelinya.
Nah, yang perlu dilakukan pengguna hanyalah memilih produk yang ingin Anda iklankan, lalu menambahkan gambar sampul yang menarik dan tema yang relevan untuk meningkatkan daya tarik.
Pengguna dapat menikmati layanan pelanggan yang luar biasa dalam aplikasi dan Facebook terus memperkenalkan pembaruan baru untuk membuat pengalaman pengguna ini lebih lancar.
4. Mengunggah di Banyak Akun
Fitur ini sangat menghemat waktu pengguna, terutama bagi pengguna yang memiliki banyak akun Instagram dan ingin memposting konten dalam waktu bersamaan.
Pengguna hanya perlu mengunggah konten melalui satu akun dan kemudian hanya mengizinkan beberapa opsi untuk mengunggah konten di akun lain. Namun, jangan lupa bahwa konten yang sama akan diunggah di kedua profil Instagram lainnya.
Meski demikian, fitur ini sepertinya tidak terlalu populer. Orang biasanya menghindari memposting konten yang sama di dua akun Instagram yang berbeda karena itu akan menurunkan tingkat keterlibatan.
5. IGTV Preview
Salah satu fitur paling populer dari Instagram mendapatkan popularitas besar saat ini adalah video IGTV.
Untuk meningkatkan visibilitas video IGTV, Instagram mulai memperlakukannya sebagai postingan Instagram biasa. Ketika kalian mengunggah video IGTV, video tersebut akan terlihat di preview berita serta profil followers kalian.
Namun, ingat bahwa itu akan memutar preview 60 detik yang akan menarik followers. Video IGTV akan membantu pengguna mendapatkan followers, tetapi pengguna juga dapat membeli pengikut di Instagram untuk meningkatkan kecepatan proses.
6. Dark Mode
Pengguna Instagram telah mengantisipasi mode gelap atau Dark Mode pada aplikasi beberapa waktu lalu. Ini akan membantu mereka menghemat masa pakai baterai ponsel mereka.
Selain itu, Dark Mode juga memiliki tampilan yang lebih menarik. Namun, pengguna tidak dapat mengaktifkan mode gelap dari aplikasi Instagram. Mereka harus melalui pengaturan umum ponsel untuk mengaktifkan Dark Mode.
7. Organisasi Inbox
Setelah pembaruan diluncurkan, Instagram telah mengubah antarmuka kotak masuk (inbox) dengan membaginya menjadi tab Utama, Umum, dan Permintaan.
Utama adalah bagian di mana pengguna akan menerima semua pesan dari orang-orang yang mengikuti mereka. Pesan lainnya akan tiba di tab Permintaan dan Anda dapat memindahkannya baik di Utama atau Umum.
8. Saran Unfollow
Kalian mungkin memperhatikan bahwa terkadang kalian kehilangan followers. Atau mungkin kalian ingin berhenti mengikuti beberapa akun yang tidak cukup interaktif?
Apa pun alasannya, Instagram baru-baru ini memperkenalkan fitur kecil ini yang akan menyarankan orang mana yang harus kalian berhenti ikuti dari akun Instagram.
Kalian akan menerima dua opsi: 'paling tidak berinteraksi dengan' dan 'paling banyak ditampilkan di preview'. Orang-orang dengan 'paling tidak berinteraksi dengan' adalah saran kalian untuk segera unfollow.
Editor: Fajar Sidik
Komentar
Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.