Suasana di Warsawa, Ibu Kota Polandia. (Sumber gambar : Situs wisata resmi pemerintah Warsawa)

Diduga Tempat Tinggal Bjorka, Intip 5 Destinasi Wisata Menarik di Warsawa

13 September 2022   |   14:44 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Nama Warsawa, seketika ramai diperbincangkan dengan viralnya sosok Bjorka. Hacker yang meretas data masyarakat, pejabat publik, hingga Presiden Indonesia Joko Widodo ini mengaku tinggal dan mengoperasikan kejahatan dunia maya dari ibu kota Polandia, Warsawa.  

Terlepas dari aksinya yang cukup menghebohkan dan membuat pemerintah Indonesia ketar-ketir, Warsawa yang diduga menjadi tempat hacker Bjorka berada, memiliki sejumlah destinasi wisata yang indah dan bersejarah, tidak hanya bagi negaranya tapi juga dunia. 

Masih ingat dengan Copernicus? Ilmuan dan matematikawan dengan teori terkenal bahwa Bumi berputar mengelilingi Matahari, ada museumnya di Warsawa lho. Bisa nambah pengetahuan Genhype bukan?

Begitu pula dengan peristiwa Holocaust pada zaman NAZI. Warsawa terkenal karena menahan NAZI selama Perang Dunia II. Di sini kalian bakal bisa mempelajari sejarah mengenai peristiwa pada zaman tersebut dengan berkunjung ke sejumlah museum. 

Nah, berikut ini 5 destinasi yang patut kalian kunjungi ketika berkunjung ke Warsawa, Polandia: 

Baca juga: Dari Dubai hingga Cancun, Menikmati Berbagai Tujuan Wisata Terbaik 2022


1. Museum Kebangkitan Warsawa (Muzeum Powstania Warszawskiego)

 

Suasana di dalam Museum Kebangkitan Warsawa

Suasana di dalam Museum Kebangkitan Warsawa (Sumber gambar : Warsawtour)

Museum interaktif ini memperingati operasi tempur bawah tanah terbesar di Eropa yang diduduki Jerman selama Perang Dunia II. Pemberontakan warga Warsawa pada 1944 akhirnya mengubah wajah ibu kota Polandia.

Warsawa terkenal karena menahan Nazi selama Perang Dunia II. Ghetto Yahudi, tempat orang Yahudi dikurung oleh Nazi, merupakan yang terbesar di Eropa. Di dalam museum ini, kamu akan merasakan suasana pertempuran selama 63 hari warga Warsawa dengan tentara NAZI dan teror komunis pasca perang. 

Berjalan-jalan di sepanjang trotoar granit di antara puing-puing ibukota yang hancur, wisatawan akan mendengarkan kisah-kisah para pemberontak dan melihat pameran asli dari peristiwa tersebut.

Mereka juga bisa melihat bagaimana tentara bergerak melalui selokan dan pemandangan kota yang rata layaknya dalam film The City of Ruins (2010). Selain itu, jangan lewatkan untuk berfoto selfie dengan replika pesawat Consolidated B-24J Liberator lengkap dengan peralatan tempurnya. 

Di jantung museum ada monumen baja yang melewati semua lantai bangunan. Dindingnya ditutupi dengan tanggal setiap hari pemberontakan serta bekas peluru, dan suara detak jantung yang melambangkan kehidupan Warsawa pada 1944. Di Freedom Park yang terletak di sebelah museum, ada Memorial Wall. Hampir 11.000 nama tentara yang tewas dalam pemberontakan terukir di atasnya.


2. Museum Nasional (Muzeum Narodowe w Warszawie)

 

Karya seni di Museum Nasional Warsawa (Sumber gambar : Situs Wisata Resmi Pemerintah Warsawa)

Karya seni di Museum Nasional Warsawa (Sumber gambar : Warsawtour)

Museum ini memiliki lebih dari 830.000 koleksi karya seni mulai dari zaman kuno hingga saat ini. Karya seni Polandia dan dunia disajikan di galeri bertema. Di Galeri Faras kamu dapat melihat koleksi artefak Nubia terbesar di Eropa dari abad kedelapan hingga keempat belas, termasuk koleksi lukisan dinding yang unik.

Koleksi ini berasal dari katedral Kristen yang banjir di Faras, yang menggambarkan dewa, pejabat tinggi, hingga orang suci. Altar abad ke-15 yang otentik dari berbagai daerah di Polandia, patung dan lukisan Gotik untuk rumah sembahyang pribadi dapat dilihat di Galeri Seni Abad Pertengahan. 

Di Galeri Seni Lama, kamu akan dibawa ke era ketika seni lukis dan pahatan berfungsi setara dengan kerajinan. Di sebelah lukisan dan patung, kamu akan melihat perabotan, kain, dan piring yang didekorasi dengan indah, bahkan ada mantel dan lencana penobatan Raja Augustus III.

Sementara itu, di Galeri Seni abad ke-19 kamu akan menikmati karya-karya seniman Polandia yang paling menonjol. Salah satu yang menarik adalah Pertempuran Grunwald karya Jan Matejko. Ini adalah lukisan Polandia terbesar, dan kanvasnya menutupi hampir 40 m2 (4,26 x 9,87m). 

Halaman selanjutnya: Museum Sejarah Yahudi hingga Kota Tua 
1
2


SEBELUMNYA

5 Jenis Kaktus Cantik yang Lagi Banyak Diburu & Cara Perawatannya

BERIKUTNYA

Ini 3 Rekomendasi Kemitraan di Bawah Rp5 Juta, Ada yang Omzet Rp10 Juta Per Bulan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: