Ilustrasi (sumber gambar : john schhnobrich/unsplash)

Ini 3 Rekomendasi Kemitraan di Bawah Rp5 Juta, Ada yang Omzet Rp10 Juta Per Bulan

13 September 2022   |   19:22 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Genhype ingin memulai usaha, tetapi hanya ada modal di bawah Rp5 juta? Jangan khawatir, sebab saat ini ada banyak tawaran peluang bisnis kemitraan di bawah Rp5 juta. Meski modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar tetapi kalian harus tetap fokus menjalankan usaha sehingga bisnisnya bisa berkembang dan membesar.

Nah, sebelum membuka usaha makanan dan minuman bermodal minim, kalian harus memperhatikan beberapa hal.


1. Pilih brand tepat.

Sebisa mungkin pilih brand yang memang sudah cukup dikenal dan memiliki nama. Kalian juga harus mempelajari segala hal berkaitan dengan brand tersebut seperti nilai investasinya, menu yang ditawarkan, harga jualnya, syarat dan ketentuan, termasuk kontrak kesepakatan kerja samanya.


2. Tentukan lokasi yang strategis.

Lokasi ini menjadi sesuatu yang penting sebelum kalian membuka usaha. tak jarang juga pemilik brand menyaratkan kepada calon mitra untuk memilih lokasi yang tepat. Misalnya saja, ketika kalian menjual produk yang murah meriah dan disukai anak muda, maka lokasinya harus di dekat sekolah, kampus, atau mungkin menyewa tempat di depan minimarket.


3. Siapkan pemasaran.

Selain berjualan secara langsung di gerai atau booth, kalian juga perlu mempersiapkan proses pemasaran yang akan dilakukan. Misalnya dengan mendaftar di ojek online atau melakukan pemasaran dengan promo-promo tertentu yang kemudian dipublikasikan melalui media sosial atau di status Whatsapp.


4. Modal dan perhitungan usaha.

Paling penting juga kalian harus menyesuaikan modal yang kalian miliki dengan paket kemitraan yang akan dipilih. Selain itu, kalian juga perlu memperhitungkan modal awal untuk sewa tempat, pegawai, dan biaya operasional lainnya.

Nah, setelah mempersiapkan beberapa hal di atas kalian bisa memilih sejumlah rekomendasi paket kemitraan dengan modal di bawah Rp5 juta yang sudah Hypeabis rangkum. Berikut ulasannya.


1. Endogmu

Endogmu sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti telur untuk kamu.  
Endogmu merupakan jajanan telur gulung jadul yang dikemas secara lebih modern dan kekinian dengan menggunakan saus spesial yang diberi sentuhan sensasi Eropa yang belum pernah ada sebelumnya.

Untuk harga jualnya sangat terjangkau mulai Rp1.000 per satu atau menu paket Rp15.000 dengan berbagai menu seperti sosis telur gulung, telur dadar mini, tempura telur gulung, otak-otak telur gulung, cireng telur, dan lain sebagainya.

Bagi kalian yang tertarik maka kalian perlu menyiapkan modal mulai dari Rp3,9 juta untuk paket tanpa booth, hingga Rp7,9 juta untuk paket booth roda.

Jika kalian penasaran dengan rasanya, maka bisa membeli paket sample hanya 99.000 yang berisi semua menu yang akan dijual.

Perhitungan usaha
Modal awal : Rp3,9 juta atau Rp5,9 juta atau Rp7,9 juta
Harga telur gulung per paket : Rp15.000
HPP : Rp8.000
Penjualan per hari : 30 porsi
Omzet perbulan : Rp11,25 juta
Bahan baku : Rp6,4 juta
Minyak dan gas : Rp300.000
Gaji karyawan  Rp1 juta
Sewa tempat : Rp700.000
Keuntungan : Rp2,85 juta
BEP : 2 bulan


2. Nyoiki Brownies Meleleh

Siapa yang ngga suka cokelat ya, rasanya hampir semua orang suka mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Nah, coklat ini ada banyak variasi olahannya salah satunya adalah brownies. 

Nyoiki Brownies Meleleh ini menyajikan menu brownis dengan coklat meleleh yang lebih berasa tetapi memiliki harga terjangkau sehingga konsumen jadi ketagihan.

Harga per porsi mulai dari Rp10 ribu yang berisi 3 pcs brownies. Ada berbagai toping yang bisa dipakai muldai dari cokelat, green tea, red velvet, oreo, cappucino, dan lain sebagainya.

Untuk memulai bisnis ini, kalian hanya perlu menyiapkan modal minimal Rp3,5 juta. Dari modal itu, kalian sudah mendapatkan hak menjadi mitra, peralatan pendukug, video tutorial, dokumen panduan, dan 10 pack bahan baku yang bisa menjadi 267 porsi.

Nah, jika kalian dapat menjual habis paket ini dan repeat order 1 kali maka kalian bisa langsung untung karena di dalam paket ini, terdapat 10 biang yang bisa diolah menjadi 800 pcs Brownies Meleleh. Kalau ingin memakai booth maka kalian perlu menyediakan modal sebesar Rp7 juta.

Perhitungan Usaha
Modal awal : Rp3,5 juta hingga Rp12,5 juta
Harga jual per paket : Rp10.000 -- Rp22.000
Penjualan per hari : 44 porsi
Omzet perbulan : Rp18 juta
Harga Bahan baku : Rp9 juta
Gaji karyawan  Rp1 juta
Sewa tempat : Rp700ribu
Keuntungan : Rp7,3 juta
Estimasi BEP 2 bulan


3. Nyot-Nyot Thai Tea

Thai tea sudah menjadi salah satu varian olahan teh yang cukup populer bagi masyarakat Indonesia. Apalagi saat ini thai tea dijual dengan harga yang terjangkau. Nah, bagi kalian yang tertarik menjalankan bisnis ini, ada tawaran peluang usaha kemitraan dari Nyotnyot Thai Tea yang sudah berdiri sejak 2016 lalu.

Harga paketnya terbilang sangat terjangkau mulai dari Rp3,9 juta kalian sudah bisa membuka gerai bisnis thai tea lengkap dengan booth, perlengkapan usaha, banner, dan lain sebagainya. Meski harganya cukup terjangkau, tetapi Nyot-Nyot Thai Tea menggunakan teh asli dari Thailand.

Untuk varian menunya mulai dari thai tea original, coklat, coffee, greentea, taro dan lain sebagainya dengan harga jual rata-rata sekitar Rp10.000

Perhitungan Usaha
Modal awal : Rp3,9 juta hingga Rp10 juta
Penjualan rata-rata : 90 cup per hari
Harga jual : Rp10.000
Omzet perbulan : Rp27 juta
Pembelian bahan baku : Rp13,9 juta
Biaya operasional : Rp2,1 juta
Laba bersih : Rp10,9 juta
BEP 1-2 bulan

Baca juga: Cocok Buat Pemula, Simak Tip Bikin Bisnis Franchise Jadi Cuan

Jadi, sudah siap memulai usaha dengan modal minim dengan keuntungan maksimal?

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Diduga Tempat Tinggal Bjorka, Intip 5 Destinasi Wisata Menarik di Warsawa

BERIKUTNYA

Kala Kesyahduan Canggu Terusik Bisingnya Kehidupan Malam

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: