Duta Besar Inggris untuk RI, Owen Jenkins (Sumber gambar: Kedubes Inggris)

Dubes Inggris Apresiasi Ucapan Warga Indonesia Atas Meninggalnya Ratu Elizabeth II

09 September 2022   |   19:30 WIB

Kabar meninggalnya Ratu Elizabeth II terus menggema di jagat dunia maya. Sang ratu telah berpulang pada Kamis, 8 September 2022 di Istana Balmoral, Skotlandia, Britania Raya waktu setempat. Bukan hanya warga Inggris, seluruh negara persemakmuran hingga warga dunia turut berkabung atas kepergian ratu tersohor tersebut.

Indonesia yang menjadi mitra perdagangan penting bagi Inggris pun turut menyampaikan belasungkawa setelah sang ratu dinyatakan tutup usia pada umur 96 tahun. Atas banyaknya ucapan yang menyentuh, Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkis menuliskan pernyataan resmi terkait perginya sang ratu.

“Hari ini kita kehilangan seorang pemimpin yang luar biasa, Yang Mulia Ratu Elizabeth II. Wafatnya Yang Mulia, pada hari Kamis 8 September 2022 adalah momen kesedihan dan kehilangan yang mendalam bagi rakyat Inggris dan bagi mereka di seluruh dunia yang hidupnya tersentuh oleh Yang Mulia,” tulis Owen Jenkins. 

Baca juga: Jadi Pewaris Takhta, Cek Silsilah Lengkap Kerajaan Inggris dari Ratu Elizabeth II
 

Melihat Ratu Elizabeth II sebagai sosok yang menginspirasi, Owen menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada sang ratu yang telah memimpin Inggris dalam 7 dekade terakhir, melampaui Ratu Victoria.

Dia menyebut, Ratu Elizabeth II tak henti memberikan pelayanan bagi warga Inggris dan negara persemakmuran lainnya. “Dedikasinya yang luar biasa untuk melayani rakyat Inggris dan hubungan global kami, termasuk dengan Indonesia, menjadikannya diplomat terhebat kami,” lanjut Owen.

Owen melihat sang ratu sebagai sosok yang penuh pesona, kecerdasaan, kebijaksanaan, hingga professional dalam menjalankan tugas memimpin Inggris. Duta Besar Inggris untuk Indonesia itu juga menyampaikan kebenaran pernyataan Raja Charles III mengenai terpukulnya warga dunia mendengar kematian Ratu Elizabeth II.

“Raja Charles III mengatakan bahwa kehilangan Yang Mulia Ratu akan sangat dirasakan di seluruh negeri, Kerajaan dan Persemakmuran, dan oleh banyak orang di seluruh dunia. Dan beliau benar, hal itu memang sangat dirasakan oleh rekan-rekan, mitra dan teman-teman kami di Indonesia,” ungkapnya. 

Baca juga: Fakta Prosesi Pemakaman Keluarga Kerajaan Inggris, Charles III Gantikan Elizabeth II 

Terakhir, Owen mencapaikan rasa terima kasih yang mendalam untuk warga Indonesia yang telah menuliskan pesan belasungkawa kepada Kedutaan Besar Inggris. “Atas nama Pemerintah Inggris, saya ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada rakyat Indonesia atas pesan belasungkawa yang telah kami terima dalam beberapa jam terakhir. Kami tersentuh oleh kasih sayang terhadap Yang Mulia Ratu yang dirasakan oleh begitu banyak masyarakat Indonesia,” tutupnya dalam pernyataan resmi tersebut.

Sebagaimana diketahui, Indonesia dan Inggris memiliki hubungan perdagangan yang cukup serius. Inggris sangat mengandalkan ekspor plastik dan sawit dari Indonesia. Negeri Britania raya itu juga memiliki cukup banyak kebutuhan yang tinggi akan produk kayu, pakaian, hingga furniture dari Indonesia.

Kepergian sang ratu telah merenyuhkan hati banyak masyarakat. Surat pernyataan belangsungkawa mulai berdatangan ke Pemerintahan Inggris. Tak hanya kalangan pejabat dan pemerintah, masyarakat maya dapat menyampaikan pesan belasungkawa melalui situs resmi Royal Family UK. Nantinya, pesan yang dituliskan melalui internet itu akan disampaikan kepada anggota keluarga Kerajaan Inggris. Beberapa pesan juga akan masuk dalam Arsip Royal Family untuk dikenang anak dan cucu kerajaan.
 
SEBELUMNYA

Kepoin Yuk, Daftar FIlm & Serial Tentang Ratu Elizabeth II

BERIKUTNYA

5 Lukisan Ratu Elizabeth II Karya Seniman Termahsyur Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: