Buckingham Pallace adalah kediaman resmi Ratu Inggris (sumber gambar ilustrasi: pexels/Craige Mcgonigle)

Kepoin Yuk, Daftar FIlm & Serial Tentang Ratu Elizabeth II

09 September 2022   |   17:00 WIB

Ratu Elizabeth II mengehembuskan napas terakhirnya di Istana Balmoral, Skotlandia pada 8 September 2022 waktu setempat. Perempuan nomor satu Inggris itu menjadi pemimpin terlama yang tercatat dalam sejarah Inggris. Dia menduduki takhta-nya mulai dari 1953 hingga 2022 atau sekitar 69 tahun. 

Menjadi simbol Inggris dalam kurun waktu hampir 7 dekade tentu bukan waktu yang singkat. Perjalanan atau kisah hidupnya pun kerap menjadi inspirasi para pembuat film. Hal tersebut mendorong lahirnya sejumlah karya sinema baik berupa film maupun serial tentang Ratu Elizabeth II. 

Dirangkum Hypeabis.id, berikut adalah daftar film dan serial tentang sang Ratu yang kini telah berpulang. Simak list berikut ini: 

Baca juga: Prestasi Ratu Elizabeth II Semasa Hidup, Ini Daftar Peristiwa Penting dalam Hidup Ratu Inggris 
 

1. Her Majesty (2001)

Film ini adalah salah satu dari sejumlah film tentang Ratu Elizabeth II. Diarahkan dari sutradara Mark J. Gordon, Her Majesty mendapatkan peringkat atau skor 6,9 dari 10 di laman IMDb, dengan 446 akun memberikan penilaiannya. Sementara Rotten Tomatoes mencatatkan skor 57 persen kritikus dan 53 persen audiens.

Dibintangi oleh Sally Andrews, Anna Sheridan, Alison Routledge, dan masih banyak yang lainnya, film ini bercerita tentang Elizabeth yang merupakan seorang anak berusia 13 tahun yang populer. Digambarkan juga bahwa dia tidak sabar menunggu hari di mana ratu Inggris akan mengunjungi kampung halaman Elizabeth.

Kampung itu adalah sebuah wilayah yang kuno di Selandia baru. Elizabeth kian gembira lantaran mengetahui kemungkinan bisa bertemu dengan sang ratu secara langsung. Namun, Elizabeth tertarik terhadap orang tua dan orang buangan misterius bernama Hira saat seluruh kota sibuk.
 

2. The Queen (2006)

Film lainnya yang bercerita tentang Ratu Elizabeth II adalah adalah The Queen yang tayang pada 2006 silam. Film yang diarahkan oleh sutradara Stephen Frears dan penulis naskah Peter Morgan itu mendapatkan rating 7,3 dari 10 di situs IMDb. 

Film yang dibintangi oleh Helen Mirren, Michael Sheen, James Cromwell, dan sebagainya itu meraih sejumlah penghargaan. Termasuk Piala Oscar pada 2007 yang didapatkan oleh Helen Mirren untuk kategori Best Performance by an Actress in a Leading Role.

Selain itu, The Queen juga keluar sebagai pemenang untuk kategori Best Film pada ajang BAFTA Film Awards 2007. Pada acara penghargaan tersebut, Helen Mirren juga mendapatkan kemenangan dan membawa pulang piala kategori Best Actress in a Leading Role. 

Ceritanya mengikuti Diana, seorang putri meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil di Paris, Prancis. Sang ratu yang diperankan oleh Dame Helen Mirren dan keluarganya memutuskan tetap bersembunyi di dalam kastil Balmoral untuk yang terbaik bagi keluarga.

Publik pun tidak mengerti dan meminta agar sang ratu menghibur. Kondisi ini membuat Tony Blair yang diperankan oleh Michale Sheen tertekan. Blair berusaha terus meyakinkan kerajaan untuk bericara kepada publik.
 

3. A Royal Night Out (2015)

Karya sinema yang rilis pada 2015 ini adalah salah satu film yang dapat ditonton oleh Genhype tentang Ratu Elizabeth II. Dengan durasi 1 jam 37 menit, A Royal Night Out menyuguhkan peran Sarah Gadon, Bel Powley, Emily Watson, dan sebagainya.

Film yang mendapatkan rating 6,5 dari 10 dalam laman IMDb itu tercatat telah memenangkan 1 penghargaan dan masuk dalam 3 nominasi. Film ini mendapatkan kemenangan dalam ajang Hamptons International Film Festival 2015 yang diperoleh oleh Bel Powley dengan kategori Breakthrough Performer.

Film ini bercerita tentang Elizabeth dan Margaret yang memperoleh izin dari Sang Raja untuk bergabung dalam perayaan deklarasi perdamaian di seluruh Eropa dan London. Dia diminta oleh sang raja untuk melaporkan perasaan orang-orang terhadapnya.

Dalam perayaan itu, Elizabeth dan Margaret mendapatkan pendampingan dari seorang perwira angkatan darat kerajaan. Keduanya kemudian menyelinap dan berpetualang tanpa pengawalan dari petugas yang diperintah untuk mengawal.


4. The Crown (2016)

Tontonan yang satu ini merupakan serial yang tayang di platform digital over the top (OTT) Netflix dan telah memasuki musim keempat. Sejumlah nama aktris yang berperan sebagai Ratu Elizabeth II dalam serial ini antara lain Claire Foy, Olivia Colman, dan Imelda Staunton. 

Kisah serial ini berfokus pada Ratu Elizabeth II sebagai pengantin baru muda yang dihadapkan dengan memimpin monarki paling terkenal di dunia sambil menjalin hubungan dengan Perdana Menteri Sir Winston Churcill.
 

5. Elizabeth: The Unseen Queen (2022)

Film ini mendapatkan rating 7,3 dari 10 dalam laman IMDb. Film ini menjadi spesial lantaran sang ratu merupakan pengisi suaranya langsung sebagai narator. Film ini mengikuti momen pribadi yang langka dari kehidupan Ratu Elizabeth II, termasuk pertunangannya di Balmoral dan di balik layar rekaman tur pertamanya di luar negeri bersama keluarganya.

Salah seorang pengulas film yang memberikan nilai 10 dari 10 dalam laman IMDb menuliskan bahwa film dokumenter itu disatukan dengan penuh kasih dan menggambarkan refleksi pribadi sang ratu. Film dokumenter ini disusun dari 400 gulungan rekaman yang sebelumnya tidak pernah dirilis. 

Film berkonsep 'rumahan' yang dibuat oleh keluarga Kerajaan Inggris ini ditayangkan perdana di BBC One pada 29 Mei 2022. Film juga dihadirkan dalam rangka memperingati Queen's Platinum Jubilee, perayaan internasional yang menandai peringatan 70 tahun aksesi Ratu Elizabeth II. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

Kisah Cinta Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, Wafat Berselang Satu Tahun

BERIKUTNYA

Dubes Inggris Apresiasi Ucapan Warga Indonesia Atas Meninggalnya Ratu Elizabeth II

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: