Ratu Elizabeth II (Sumber gambar: The Royal Family Instagram)

Jadi Pewaris Takhta, Cek Silsilah Lengkap Kerajaan Inggris dari Ratu Elizabeth II

09 September 2022   |   15:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Ratu Elizabeth II meninggal dunia di Istana Balmoral, Skotlandia, pada Kamis 8 September waktu setempat. Dia merupakan pemimpin terlama di Inggris, setelah 70 tahun lamanya berada di singgasana kerajaan. Kepergian Sang Ratu pun membuat anak pertamanya, Pangeran Charles, secara otomatis menjadi raja baru Inggris.

Charles akan dikenal sebagai Raja Charles III, dan didampingi oleh Permaisuri Camilla. Setelah Charles, urutan pertama penerus takhta Inggris adalah Pangeran William, yang merupakan anak dari pernikahan Charles dengan Lady Diana. 

Lahir pada tahun 1926, Elizabeth menjadi ratu setelah kematian ayahnya, Raja George VI, pada tahun 1952. Elizabeth menikah dengan Philip, Duke of Edinburgh, pada tahun 1947 dan pasangan ini memiliki empat anak yakni Charles, Anne, Andrew, dan Edward.

Baca juga: Mengenang Ratu Elizabeth II, Simak Profil Lengkap Pemegang Takhta Terlama Inggris 

Suami Elizabeth, Philip, merupakan mantan pangeran Denmark dan Yunani yang lahir pada tahun 1921. Dia bertugas di Angkatan Laut Kerajaan dalam Perang Dunia Kedua. Pangeran Philip adalah pasangan terlama dan tertua yang pernah mendampingi raja/ratu Inggris. Philip pensiun dari tugas kerajaan pada tahun 2017 dan meninggal pada 9 April 2021.

Sejak Ratu Elizabeth II naik takhta pada tahun 1952, pohon keluarga kerajaan Inggris telah berkembang dengan kehadiran pasangan dan cucu dari anak-anak keluarga. Dilansir dari BBC, Elizabeth dan Philip diketahui memiliki 4 anak, 8 cucu, dan 12 cicit.

Bagi kebanyakan orang, silsilah keluarga hanyalah sebuah pengetahuan biasa, tetapi bagi keluarga kerajaan Inggris, urutan kelahiran dan garis keturunan sangat penting karena menentukan garis suksesi atau pewaris takhta masa depan. 

Baca juga: London Bridge is Down, Ini Tahapan Setelah Meninggalnya Ratu Elizabeth II 

Berikut ini adalah silsilah keluarga Kerajaan Inggris dari Ratu Elizabeth II, berdasarkan garis penerus takhta: 
 

1. Pangeran Charles

Putra tertua Elizabeth ini secara otomatis telah menjadi Raja Charles III saat ini. Charles menikah dengan Lady Diana Spencer pada 1981 dan dikaruniai dua putra, William dan Harry. Keduanya lantas bercerai pada 1996. Pada 1997, Lady Diana tewas dalam kecelakaan mobil di Paris. Charles pun menikah dengan Camilla Parker Bowles pada 9 April 2005.
 

2. Pengeran William

Pangeran William adalah putra sulung Raja Charles III dan Lady Diana. Setelah Charles, dia sekarang menjadi pewaris takhta pertama di Kerajaan Inggris. Dia menikah dengan Kate Middleton pada 2011 dan memiliki tiga anak yakni George, Charlotte, dan Louis. Sebagai pewaris takhta, tugas utamanya adalah mendukung Raja Charles III dalam menjalankan kerajaan.
 

3. Pangeran George

Lahir pada 22 Juli 2013, Pangeran George merupakan anak pertama dari pasangan Pangeran William dan Kate Middleton. Saat ini, dia berada di urutan kedua pewaris takhta setelah ayahnya.


4. Putri Charlotte

Setelah Pangeran George, Putri Charlotte adalah anak kedua dari pasangan William dan Kate yang lahir pada 2 Mei 2015. Putri berusia 7 tahun itu adalah pewaris ketiga takhta, setelah ayah dan kakak laki-lakinya.
 

5. Pangeran Louis

William dan Kate memiliki anak ketiga yakni Pangeran Louis yang lahir pada 23 April 2018. Dia pun secara otomatis berada di urutan keempat pewaris takhta kerajaan Inggris.
 

6. Pangeran Harry

Dikenal sebagai Duke of Sussex, Pangeran Harry telah menjadi penasihat Inggris sejak usia 21 tahun dan menggantikan Ratu Elizabeth II dalam sejumlah tugas resmi. Dia menikah dengan aktris AS Megan Markle pada 2018. Dua tahun berselang, dia dan istri memutuskan hengkang dari istana dan telah mengonfirmasi tidak akan kembali ke tugas kerajaan.
 

7. Archie Harrison Mountbatten-Windsor

Archie adalah anak pertama Harry dan Markle. Namun, mereka sengaja memilih tidak menggunakan gelar untuk anak sulung mereka itu. Keputusan itu merupakan indikasi kuat bahwa pasangan itu tidak ingin mengangkat anaknya sebagai bangsawan kerajaan.
 

8. Lilibet Diana Mountbatten-Windsor

Lilibet Diana Mountbatten-Windsor atau dikenal sebagai Lili, diambil dari nama panggilan Keluarga Kerajaan untuk Ratu Elizabeth dan merupakan cicit ke-11. 
 

9. Pangeran Andrew (Duke of York)

Pangeran Andrew adalah pewaris kedelapan takhta, yang merupakan anak ketiga dari Ratu Elizabeth II dan Duke of Edinburgh. Dia diangkat menjadi Duke of York pada pernikahannya dengan Sarah Ferguson, yang menjadi Duchess of York, pada tahun 1986. Mereka memiliki dua putri - Beatrice dan Eugenie. Namun, keduanya bercerai pada 1996.
 

10. Putri Beatrice

Putri Beatrice adalah putri sulung Pangeran Andrew dan Sarah. Gelar lengkapnya adalah Her Royal Highness Princess Beatrice of York. Dia tidak memiliki nama keluarga resmi, tetapi menggunakan nama York dari orang tuanya. 
 

11. Sienna Elizabeth Mapelli Mozzi

Sienna adalah anak pertama dari Putri Beatrice dan suaminya, Edoardo Mapelli Mozzi. Dia berada di urutan ke-10 pewaris takhta dan merupakan cicit ke-12 Ratu Elizabeth II.


12. Putri Eugenie

Putri Eugenie adalah putri bungsu dari Pangeran Andrew dan Sarah. Gelar lengkapnya adalah Her Royal Highness Princess Eugenie of York dan dia berada di urutan ke-11 pewaris takhta.
 

13. August Philip Hawke Brooksbank

August adalah anak pertama dari Putri Eugenie dan suaminya, Jack Brooksbank. Dia merupakan cicit ke-9 Ratu Elizabeth II.

 
1
2


SEBELUMNYA

Charles Jadi Raja Baru Inggris, Kenapa Camilla Tidak Diberi Gelar Ratu?

BERIKUTNYA

Kisah Cinta Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, Wafat Berselang Satu Tahun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: