Laptop ROG Strix SCAR 17 Special Edition (Sumber gambar: ASUS)

Ada Petunjuk Rahasia, Intip Spesifikasi Laptop Gaming ROG Strix SCAR 17 Special Edition

07 September 2022   |   19:57 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Pemain dan pencinta gim (gamers) membutuhkan laptop dengan performa powerful untuk menjelajah judul gim favorit. Salah satu vendor yang punya fokus menghadirkan laptop khusus segmen ini adalah ASUS dengan brand Republic of Gamers (ROG) 

Baru-baru ini, ASUS resmi memboyong ROG Strix SCAR 17 Special Edition ke pasar Indonesia. Perusahaan coba menghadirkan pengalaman bermain gim berkekuatan tinggi dengan central processing unit (CPU) paling kuat yang ada saat ini, tidak lain adalah CPU 12th Gen Intel Core i9-12950HX. 

Lantaran pemain cenderung lama dalam bermain game, laptop ROG Strix baru ini hadir dengan sistem pendingin termutakhir agar tidak mengalami overheat. ASUS Southeast Asia Regional Director, Jimmy Lin mengungkap beberapa fitur andalan ROG Strix SCAR 17 Special Edition kali ini diklaim ASUS sebagai sebuah laptop yang setara dengan performa PC gaming. 

“Tidak hanya sekadar dibekali dengan hardware paling bertenaga, ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga dilengkapi dengan fitur-fitur khusus yang menjamin pengalaman gaming terbaik sekelas PC desktop,” ungkap Jimmy Lin.

Baca juga: Lenovo Boyong Laptop Legion 5i Series dengan Intel Core Generasi Ke-12 


CPU & GPU 

Mengandalkan kekuatan mesin, laptop ini diperuntukan bagi pertandingan e-sports yang tidak memungkan digelar dengan menggunakan komputer desktop. Lengkap dengan CPU berkonfigurasi 16 core dalam 8 P-core dan 8 E-core, laptop ini juga memiliki 24 thread yang performanya sudah ditingkatkan.

CPU yang digunakan laptop edisi spesial ini juga sudah punya kekuatan base hingga 65W dengan performance-core yang bisa berjalan pada frekuensi 5,2GHz. Tak hanya itu, penggunaan CPU di laptop ini juga telah mengalami peningkatan performa melalui Manual Mode di aplikasi Armoury Crate.

Spesifikasi ini dihadirkan ASUS untuk memberikan rasa yang sama pada saat gamers bermain game di desktop. Tidak hanya CPU, ASUS turut memperhatikan tenaga GPU dengan penggunaan NVIDIA GeForce RTX 3080Ti pada laptop ini. Gamers juga dapat merasakan dynamic boost yang membuat TGP bisa berjalan maksimal dalam resolusi yang tinggi. 

Dengan memori DDR5 4800MHz, kapasitas RAM laptop ini bisa ditingga hingga 64 GB yang mendukung performa maksimal bersama dengan MUX Switch, hingga VMe PCIe Gen4 SSD yang dapat dikonfigurasikan secara RAID 0. 

Baca juga: Bawa Konsep Unik, Corsair Umumkan Laptop Gaming Pertamanya 
 

ROG Strix SCAR 17 Special Edition (Sumber gambar: ASUS)

Ilustrasi penggunaan ROG Strix SCAR 17 Special Edition (Sumber gambar: ASUS)


Berbicara mengenai tampilan luar, ROG Strix SCAR 17 Special Edition sudah dibekali layar beresolusi QHD dengan refresh rate mencapai 240Hz dan respons time 3ms. Teknologi Dolby Vision dan Adaptive Sync juga akan membuat tampilan layar lebih nyaman tanpa stuttering atau tearing yang bisa terjadi saat bermain gim.
 

Sistem Pendingin

Mengklaim laptopnya kali ini sebagai laptop paling bertenaga, ASUS mengerti masalah overheat yang sering dirasakan gamers. Oleh sebab itu, ROG Strix SCAR 17 Special Edition punya sistem pendingin khusus bernama ROG Intelligent Cooling. Sistem ini memakai liquid metal sebagai thermal compound di bagian CPU dan GPU.  

Teknologi thermal tersebut akan membuat suhu operasional laptop bisa mencapai 15 derajat celcius, lebih dingin ketimbang sistem sebelumnya. Di sisi lain, teknologi Vapor Chamber juga didesain khusus untuk laptop ini agar membuat semua komponen laptop terasa dingin.

Vapor chamber ini telah dilapisi 48,8 persen mainboard yang terhubung dengan CPU, GPU, VRM, dan VRAM. Selain sistem pendingin, ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga dibuat dengan sistem pelepas panas melalui heatsink tembaga dan Arc Flow yang ditenagai dua kipas agar aliran udara berjalan lebih baik.

Istimewanya laptop special edition ini terletak pada invisible ink di bagian bodi laptop yang hanya dapat dilihat dibawah paparan sinar UV. Invisible ink dalam body laptop ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga merupakan petunjuk khusus dalam sebuah game bernama SCAR Runner di game ROG Citadel XV. 

Di Indonesia, ASUS ROG Strix SCAR 17 Special Edition dibanderol mulai dari Rp48,99 juta. Bagaimana Genhype, kamu tertarik memiliki laptop ini?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Alasan Kalian Perlu Mengunjungi Desa Wisata Campaga di Sulsel

BERIKUTNYA

Yuk Pelajari 4 Benang Merah dalam Metode Self Healing ala Reza Gunawan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: