Pakar penyembuh holistik yang mengajarkan metode self healing. (Sumber gambar : Instagram/Reza Gunawan)

Yuk Pelajari 4 Benang Merah dalam Metode Self Healing ala Reza Gunawan

07 September 2022   |   19:22 WIB

Like
Pakar penyembuh holistik Reza Gunawan meninggal dunia pada Selasa, 6 September 2022, pada usia 46 tahun. Walaupun praktisi kesehatan lahir batin itu telah tiada, namun ilmu yang diajarkannya sangat bermakna, terutama untuk membantu pemulihan jiwa.

Pada masa hidupnya, Reza kerap kali mengajarkan followers-nya di media sosial untuk merawat diri secara lengkap, mulai dari kesehatan tubuh, mental, dan emosional. Hal ini lantaran masih terbatasnya tenaga profesional di bidang kesehatan lahir dan batin. 

Baca juga: Profil Reza Gunawan Sang Penyembuh Holistik

Dia menegaskan ada beberapa aspek tentang diri kita yang tidak tersentuh kerangka keilmuan. “Kesehatan lahir batin adalah tanggung jawab masing-masing. Ada pentingnya merawat kesehatan lebih lengkap dan mandiri,” ujar Reza dikutip Hypeabis.id dari akun YouTube pribadinya, Rabu (7/9/2022).

Suami Dee Lestari itu menerangkan bahwa manusia tidak bisa lepas dari alam, yakni antara bumi dan langit. Segala energi di alam dibutuhkan manusia. 

Contohnya, bumi mengandung air yang energinya kita butuhkan, tanah yang di dalamnya ada banyak elektron negatif dan penting untuk kesehatan tubuh, mineral dan dunia tumbuhan yang kita kenal khasiatnya melalui herbal.

“Begitu banyaknya yang kita butuhkan dari bumi, pada saat yang sama kita perlu merawat kesehatan bumi ini,” imbuhnya.

Sementara di langit, ada udara yang dihirup setiap sehat, cahaya yang penting untuk regenerasi sel tubuh dan memproduksi vitamin D. “Kalau semesta terdiri dari bumi dan langit, kita harus bisa merawat bumi dan langit agar hidup dalam keselarasan,” tuturnya.

Dari berbagai ilmu penyembuhan yang dipelajarinya, Reza menyebut ada beberapa benang merah yang dia temukan untuk senantiasa memperoleh energi dari semesta itu. Setidaknya ada empat benang merah, yakni napas, gerak, sentuhan atau pijatan, dan keheningan.

Ketika belajar mengenal kembali bagaimana menggunakan napas, gerakan, sentuhan, dan keheningan untuk menciptakan keselarasan di dalam diri, kesadaran yang jernih, dan kesehatan lahir batin, itulah yang menurutnya disebut sebagai keterampilan self healing.

Self healing terkait dengan napas, gerak, sentuhan, dan keheningan. Setiap manusia memiliki keempatnya. Self healing sesuatu yang praktis, sederhana, universal tidak terkait budaya dan agama, bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan hidup” jelas Reza.

Untuk mengenal empat benang merah terkait self healing, berikut penjabarannya secara terperinci. 

1. Napas

Reza menyampaikan bahwa napas adalah jembatan antara batin dengan tubuh. Napas langsung memengaruhi sistem energi tubuh. Pola napas senantiasa berubah tergantung emosi yang dirasakan seperti gelisah, sedih, marah, senang, hingga lega. “Dengan mengenal kembali napas, Anda bisa mengharmoniskan diri,” ucapnya. 


2. Gerak 

Tubuh dirancang aktif, namun tidak seaktif atlet profesional. Kendati demikian, tubuh butuh bergerak agar dia hidup dan agar terjadi sirkulasi. “Ada banyak sirkulasi dan komunikasi penting di dalam tubuh yang hanya akan terjadi jikalau kita bergerak. Makanya banyak dokter menyarankan untuk olahraga, bergerak,” sebutnya.


3. Sentuhan atau pijatan.

Sentuhan atau pijatan menurutnya adalah respons yang sangat penting untuk tubuh. Sepanjang hidup, setiap merasakan kasih sayang, kita mengidentikkan adanya sentuhan. Baik dalam rahim, maupun saat dibesarkan sebagai anak menuju manusia dewasa, kita membutuhkannya.

Menurut Reza, masih dalam konten Youtubenya, sebuah survei menunjukkan bahwa semakin sering anak mendapat kenyamanan dan sentuhan fisik yang nyaman, maka semakin sempurna otaknya berkembang. 

Baca juga: 5 Fakta Stroke Perdarahan yang Diidap Pakar Penyembuh Holistik Reza Gunawan

Sentuhan atau pijatan yang benar akan menstimulasi sirkulasi energi dan respons rasa nyaman alias rileks. “Dan dalam kehidupan cepat dan tegang, kita membutuhkan keajaiban sentuhan untuk kembali memulihkan diri ke dalam kondisi yang sehat,” terangnya. 


4. Hening

Reza menegaskan bahwa hening adalah gerbang agar kita bisa mengasah kesadaran. Kesadaran merupakan bagian dari inti di dalam komponen manusia. Dengan hening kita kembali ke pusat diri, dan dari situ menciptakan keselarasan ke setiap lapis diri kita. 

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Ada Petunjuk Rahasia, Intip Spesifikasi Laptop Gaming ROG Strix SCAR 17 Special Edition

BERIKUTNYA

3 Hal Penting Siapkan Dana Pendidikan Anak, Menabung Saja Tak Cukup

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: