Ilustrasi makanan sehat (Sumber gambar: Unsplash/Anna Pelzer)

Jangan Sampai Terlewat, Simak 5 Makanan Pantangan Bagi Penderita Diabetes

07 September 2022   |   13:16 WIB
Image
Nabila Yuanita seorang perempuan yang suka berbicara melalui tulisan

Memiliki penyakit diabetes pasti tidak mudah karena tidak semua makanan bisa dikonsumsi. Sebab terdapat makanan atau minuman yang bisa membahayakan penderita diabetes. Salah mengkonsumsi akan menyebabkan kadar gula darah naik hingga menyebabkan diabetes.
 
Lantas, apa saja makanan pantangan bagi penderita diabetes? Simak bacaan di bawah ini.

1. Chicken crispy

Makanan ini menjadi favorit banyak orang tidak terkecuali bagi penderita diabetes. Chicken crispy dilarang keras bagi penderita diabetes karena cara mengelolanya dengan deep fried. Inilah yang menyebabkan chicken crispy menjadi pantangan. Selain itu, semua jenis makanan yang diolah dengan digoreng sangat dianjurkan untuk dihindari bagi penderita diabetes, seperti bakwan, mendoan, cireng, cimol, molen, dan berbagai gorengan lainnya.
 

2. Nasi putih

Bukan makan kalau tidak makan nasi. Apakah kamu salah satu yang mengaminkan kalimat itu? Jika kamu adalah penderita diabetes sebaiknya ganti nasi putih dengan makanan lain. Nasi putih memiliki kadar gula tinggi yang bisa menyebabkan kadar gula darah naik. Gantilah nasi putih dengan jenis makanan lain seperti ubi, nasi merah, dan kentang.

Tidak hanya bagi penderita diabetes saja, nasi putih sangat dianjurkan untuk dihindari bagi siapapun agar hidup tetap sehat dan tidak terkena diabetes. Walaupun sulit, kamu bisa memulai dengan mengurangi porsi nasi putih dan menambah lebih banyak sayuran serta buah-buahan.
 

3. Makanan dan minuman manis

Hindari makanan manis jika kamu tidak ingin gula darahmu naik. Makanan manis yang umum dikonsumsi adalah terang bulan, cokelat, permen, es boba, dan es teh. Jangan sampai kondisi kesehatanmu semakin parah karena nekat konsumsi makanan dan minuman tersebut.

Orang yang terkena diabetes dan masih nekat makan makanan manis akan berpeluang terkena komplikasi yang bisa menyebabkan gagal jantung hingga kematian. Sebaiknya hindari mengkonsumsi yang manis-manis, ya.
 

4. Susu

Tidak semua jenis susu aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Susu memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga bisa mempengaruhi kadar gula darah. Akan tetapi, kamu masih bisa minum susu bila produk tersebut memiliki rendah lemak. Tidak hanya susu, kamu juga bisa mengkonsumsi yogurt dan keju yang rendah lemak.
 

5. Salad buah

Apakah kamu suka salad buah yang biasa dijual di pasaran? Hindari makanan ini secepatnya. Sebab rasa manis dari mayones dan susu pada salad buah bisa menaikkan risiko gula darah. Sebaiknya konsumsi buah saja tanpa ada campuran bahan-bahan lain yang mengandung gula. Apalagi salad buah biasanya mengandung gula yang sangat tinggi dan tentu tidak aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.
 
Mulailah menerapkan gaya hidup sehat dengan menghindari makanan-makanan pantangan seperti di atas. Jangan sampai kamu kelewatan jika tidak ingin berakhir fatal. 

Baca juga: 5 Inspirasi Olahan Fermentasi, Cocok Buat Kesehatan Pencernaan

Disclaimer: Seluruh konten dalam tulisan ini merupakan murni hasil karya penulis yang bersangkutan sebagai penulis independen dan Hypeabis.id tidak bertanggung jawab jika di kemudian hari terdapat kekeliruan atau gugatan dari pihak lain.

SEBELUMNYA

Penggemar Manga Merapat, Kisah Gon Hunter x Hunter Lanjut Lagi Nih!

BERIKUTNYA

Rekomendasi 5 Film Zombi yang Bisa Kalian Tonton di Disney+ Hotstar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: