Ada banyak film yang mengusung konsep zombie untuk memikat para penggemar (Sumber gambar: Pexels/Cottonbro)

Rekomendasi 5 Film Zombi yang Bisa Kalian Tonton di Disney+ Hotstar

06 September 2022   |   18:30 WIB

Salah satu kategori film yang banyak menarik perhatian penonton adalah film zombi. Para penggemar film ini pasti tak asing dengan ekspresi mata melotot, tatapan kosong, gerak tubuh yang kaku, serta sosok yang tak bisa bicara dan mengejar-ngejar karakter tokoh protagonis di suatu film, yang tentunya menegangkan.

Film zombi memang selalu menarik untuk ditonton dengan jalan ceritanya yang seru. Tak hanya bagi para pencinta adegan yang dapat membuat jantung copot, kisah di balik kemunculan mayat hidup itu sendiri juga membuat film-film ini layak untuk diikuti.

Dikutip dari BBC, ada spekulasi bahwa kata zombie sendiri berasal dari bahasa-bahasa Afrika Barat – ndzumbi yang berarti mayat dalam bahasa Mitsogo di Gabon, dan nzambi berarti ‘jiwa dari orang yang telah meninggal’ dalam bahasa Kongo. 

Dalam sejarahnya, film bertema zombi juga  bisa dilacak lewat karya sutradara asal Amerika Victor Halperin yang berjudul White Zombie, yang dibuat pada 1932. Judul itu tercatat sebagai film panjang pertama tentang zombi. 

Pasca dibuatnya film ini, diikuti dengan berbagai majalah picisan di Amerika Serikat yang banyak membuat dongeng-dongeng tentang zombi, akhirnya banyak bermunculan kisah hingga film bertemakan mayat hidup di layar televisi dan bioskop sinema global. 

Nah, bagi Genhype yang ingin merasakan keseruan menonton film zombi, Hypeabis.id bakal kasih rekomendasi film-filmnya nih dari berbagai rangkuman hasil karya rumah produksi mulai dari Hollywood, Asia hingga buatan Diseney. Yuk simak : 
 

1. 28 Days Later (2002)


Menceritakan tentang virus misterius dari seekor simpanse yang menyebar ke manusia hingga menyebabkan mereka menjadi zombi, film garapan Danny Boyle ini berhasil menduduki peringkat 100 besar film terbaik sepanjang masa di Inggris.

28 days Later berpusat pada karakter bernama Jim (diperankan oleh Cillian Murphy) yang baru terbangun dari koma di sebuah rumah sakit selang 28 hari virus itu menyebar dan menjangkiti penduduk kota. Jim yang kaget karena keadaan di Inggris telah porak poranda tiba-tiba diserang oleh zombie.

Cerita pun berkembang saat muncul Selena (Naomie Harris) dan Mark (Noah Huntley) yang menolongnya hingga mereka bersatu padu untuk melindungi diri dari kejaran zombie-zombie itu saat sedang mencari tempat perlindungan. Di laman IMDb film ini mendapat rating 7.5 yang berarti mendapat respon cukup positif dari penontonnya.
 

2. 28 Weeks Later (2007)


Adalah sekuel dari film sebelumnya, 28 Days Later yang digarap oleh sutradara Juan Carlos Fresnadillo. Film ini menceritakan bagaimana keadaan Inggris yang telah pulih dari serangan virus misterius dan orang-orang kembali ke kota unutk mencari keluarganya yang terpisah.

Namun, di tengah kegembiraan itu ternyata ada satu orang, Alice (Catherine McCormark) yang masih terinfeksi virus tersebut. Tak ayal penduduk pun kembali mengahadapi gelombang kedua dari penyebaran virus ini. Peristiwa seru dan menegangkan pun kembali dimulai.
 

3. KL Zombi (2013)


Merupakan film komedi zombi asal Malaysia yang menceritakan tentang persahabatan lima pemuda yang menghabiskan malam tahun baru bersama. Namun, tiba-tiba mereka digigit anjing dengan virus misterius yang mengubah salah satu dari mereka menjadi zombi.

Perlahan, virus ini pun menyebar hingga ke sudut-sudut kota Serawak hingga para sahabat ini harus mencari jalan keluar dengan menuju ke kerajaan yang disebut memiliki obat penyembuh virus tersebut.

Diproduksi oleh Grand Brilliance dan diadaptasi dari novel Zombijaya karya Adib Zaini, film ini juga dibintangi sederet artis papan atas Malaysia seperti, Zizan Razak, Siti Saleha, Usop Wilcha ,dan Izara Aishah.
 

4. Zombitopia (2021)


Zoombitopia juga merupakan film zombi asal Negeri Jiran karya sutradara Woo Ming Jin yang mengisahkan tentang bumi yang pernah diserang oleh virus ganas pada 15 tahun yang lalu. Hal tersebut menyebabkan kekacauan di dunia.

Film ini berpusat pada sosok Zidik (Shaheizy Sam) yang terpisah dari keluarganya karena terjangkit virus tersebut sehingga harus dibesarkan di panti asuhan bersama sahabatnya, Zooey (Elvina Mohamad).

Syahdan, karena keingintahuannya Zidik berbuat salah dan harus keluar dari panti asuhan serta hidup di jalanan bersama Hassan (Azman Hassan). Namun pada saat bersamaan, mereka harus menghadapi gelombang penyebaran virus yang dapat mengubah manusia menjadi zombi karena ulah Dr Rahman (Bront Palarae).
 

5. Zombies 3 (2022)


Merupakan produksi asli dari Disney, sekaligus sekuel ketiga dari film Zombies (2018) dan Zombies 2 (2020) . Berbeda dengan film zombi pada umumnya, Zombies justru tak menakutkan untuk disimak karena mayat hidup ini dapat berbaur dengan manusia.

Film Zombies berkisah tentang Zed (Milo Manheim), zombi yang berbaur dengan manusia dan kelompok serigala. Dia bahkan berpacaran dengan manusia, yaitu perempuan bernama Addison (Meg Donnelly) dan sama-sama masuk di sebuah universitas.

Namun, di tengah-tengah acara penerimaan mahasiswa baru itu ternyata muncul kelompok alien yang menimbulkan kekacauan. Mereka pun berusaha mencari tahu tujuan kedatangan alien tersebut. Lantas, apa yang selanjutnya akan terjadi? Apa tujuan alien itu datang ke kota Seabrook? Jawabannya kamu bisa temukan setelah menonton film karya Paul Hoen itu.

Nah itulah dia Genhype beberapa film zombi yang dapat kamu tonton di Disney+ Hotstar. Selamat menonton ya. Jangan lupa sipakan camilan juga!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

Jangan Sampai Terlewat, Simak 5 Makanan Pantangan Bagi Penderita Diabetes

BERIKUTNYA

Mau Jadi Produser Film? Gabung aja ke Program Producer's Lab

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: