Barack Obama. (Sumber gambar: Instagram/@barackobama)

Barack Obama Menangkan Emmy Awards 2022 karena Film Dokumenter Ini

04 September 2022   |   17:29 WIB

Lebih dari lima tahu setelah menyelesaikan jabatannya sebagai presiden ke-44 Amerika Serikat, politikus Barack Obama kembali populer dengan kemenangan terbaru dalam acara Emmy 2022, Minggu (4/9/2022) waktu setempat. Nominasi perdana yang menjadi piala pertamanya berasal dari kategori Outstanding Narration.

Berdasarkan situs resmi Emmy Awards 2022, Obama memenangkan penghargaan terkait dengan narasi terbaik dari serial dokumenter Our Great National Parks yang terdiri atas lima bagian. Serial ini diproduksi oleh Netflix dan melibatkannya sebagai narator untuk semua episode, termasuk A World Of Wonder yang merupakan submisi untuk ajang tersebut.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Korea Bertema Pencurian setelah Menonton Seoul Vibe

Kemenangan ini merupakan yang pertama bagi penulis buku A Promised Land dan Of Thee I Sing itu. Melansir Deadline, dia berkompetisi dengan penerima nominasi yang sama seperti Kareem Abdul-Jabbar untuk Black Patriots: Heroes of the Civil War, David Attenborough untuk The Mating Game, W. Kamau Bell untuk We Need to Talk About Cosby, dan Lupita Nyong’o untuk Serengeti II.

Dengan capaian ini, Obama resmi menyandang separuh EGOT atau singkatan dari Emmy, Grammy, Oscars, dan Tony yang merupakan empat ajang penghargaan konten film dan televisi terbesar di Amerika Serikat dan global. Saat ini, dia sudah mendapatkan piala Oscars dan Grammy sebelum Emmy.
 
Dikutip dari Variety, dia mendapatkan penghargaan pertamanya dari Oscar 2020 melalui film dokumenter American Factory yang diproduksi olehnya dengan sang istri, Michelle Obama, melalui rumah produksi Higher Ground Productions. Namun, keduanya tidak membawa pulang penghargaan tersebut dan diwakilkan oleh pihak lain.

American Factory bercerita tentang seorang miliuner asal China yang membuka pabrik di atas sebuah lokasi bekas perusahaan General Motors di Ohio. Tanah ini digunakan sebagai pabrik untuk kaca otomotif dan menjadi harapan serta optimisme seiring dengan China dengan kemampuan teknologi canggih yang berbenturan dengan masyarakat pekerja di Amerika Serikat.
 

Selain kemenangan ini, dia juga sempat mendapatkan beberapa nominasi Best Spoken Word Album Grammys dan memenangkan dua di antaranya. Pada 2006, dia memenangkan Grammy melalui Dreams From My Father dan 2008 melalui The Audacity of Hope: Thoughts on Reclaiming the American Dream

Kendati setelahnya belum mendapatkan penghargaan, Obama sempat mendapatkan nominasi yang sama pada tahun ini melalui A Promised Land, tapi kalah dengan Don Chendale melalui Carry On: Reflections for a New Generation milik John Lewis.

Baca juga: Drama Korea The Golden Spoon, Kisah Siswa SMA Sederhana Menjadi Kaya Raya

Sementara itu, Our Great National Parks merupakan film dokumenter lima bagian produksi Higher Ground Productions yang tayang sejak 13 April 2022. Serial dokumenter ini akan melihat sejumlah taman nasional dan kehidupan hewan di dalamnya, di mana dia akan mengeksplor kawasan Afrika, Jepang, Australia, Patagonia, Kenya, California, hingga Indonesia.

Secara kritik, dokumenter ini mendapatkan ulasan positif yang menyebutkan serial ini memiliki penggambaran yang baik dan tidak menekankan pada kesan edukasi. Tak hanya itu, serial ini juga masuk ke dalam nominasi lain yaitu Outstanding Cinematography for a Nonfiction Program dengan sinematografer Christiaan Muñoz-Salas dan Ignacio Walker melalui episode Chilean Patagonia sebagai submisinya.

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Moms, Cegah Ruam Popok pada Bayi dengan Cara Ini Yuk

BERIKUTNYA

Cara Menjaga Kesehatan Mental buat Kalian Mahasiswa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: