Nusameta terdiri dari platform dan integrasi online to offline atau O2O. (Sumber gambar: WIR Group)

WIR Group Perkenalkan Ekosistem Metaverse Indonesia, Nusameta

02 September 2022   |   16:29 WIB

Perusahaan teknologi PT WIR Asia Tbk atau WIR Group memperkenalkan Nusameta, sebuah ekosistem metaverse Indonesia yang terdiri dari platform dan integrasi online to offline atau O2O. Prototipe Nusameta ditampilkan untuk pertama kalinya pada WIR Group Presents NXC International Summit 2022 di Bali, tapi Genhype baru bisa menjelajahi Nusameta secara utuh pada 2023.

Dalam keterangan yang diterima Hypeabis.id, ekosistem metaverse Indonesia yang diperkenalkan oleh WIR Group memungkinkan pengguna untuk mewujudkan pengalaman berinterasksi antara dunia dengan dengan dunia digital melalui teknologi augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan aritificial intelligence (AI).

Stephen Ng, Chief Metaverse Officer WIR Group dan CEO Nusameta di Jakarta, mengatakan bahwa masyarakat dapat dengan mudah untuk mulai memasuki dunia metaverse secara nyata dan mulai merasakan pengalaman unik yang imersif, menggali berbagai potensi, dan memperoleh berbagai manfaat melalui Nusameta.

Baca juga: Raksasa Teknologi Bentuk Standar Metaverse, Apa Artinya?

“Hadirnya Nusameta merupakan wujud komitmen dan visi kami untuk menghadirkan teknologi tinggi metaverse yang dapat dinikmati dan dirasakan semua orang,” katanya.

Dia menuturkan bahwa saat ini merupakan saat yang tepat untuk memperkenalkan metaverse dalam wujud nyata kepada masyarakat. Perusahaan berharap masyarakat dapat memahami metaverse dari fase paling awal sampai dapat mengikuti perkembangan yang lebih mutakhir dengan perkenalanan ini.

Tidak hanya itu, perusahaan juga mempertimbangkan akselerasi perkembangan teknologi dunia yang tinggi, sehingga masyarakat Indonesai dapat segera mengambil bagian dalam tren teknologi global dan dapat memperoleh berbagai manfaat.

Dia menjelaskan bahwa membangun metaverse memerlukan proses panjang yang membutuhkan ketekunan untuk menyempurnakannya. Jadi, partisipasi aktif masyarakat untuk mulai berinteraksi di platform metaverse akan berkontribusi positif dalam mendukung pengembangan ekosistem metaverse Nusameta.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Nusameta (@nusameta.io)



“Untuk itu, di samping terus mengembangkan dan menyempurnakan platform metaverse, WIR Group melalui Nusameta menilai perlunya melibatkan masyarakat untuk dapat secara aktif turut membangun ekosistem platform metaverse yang tengah kami kembangkan,” ujar Stephen.

Pada fase awal, Nusameta menawarkan fitur pembuatan avatar yang berfungsi sebagai representasi digital pengguna di dunia metaverse. Individu dapat membuat avatar untuk Nusameta melalui aplikasi Nusameta yang tersedia di Google Play Store untuk Android dan di mesin DAV yang merupakan layaer pintar berbasis Internet of Things.

Menurutnya, mesin DAV akan menjadi salah satu portal yang akan memudahkan pengguna mengakses metaverse. Mesin DAV ini telah tersedia di ribuan gerai salah satu toko ritel dalam negeri. Melalui aplikasi Nusameta di ponsel dan mesin DAV, pengguna dapat melakukan kustomisasi avatar dengan memilih berbagai bentuk wajah, rambut, tubuh, hingga pakaian dan aksesoris yang tersedia.

“Nantinya pengguna juga dapat memilih pakaian dan aksesoris eksklusif yang disediakan oleh brand [branded items] yang bekerjasama dengan Nusameta,” katanya.

Baca juga: Berikut Hal-hal yang Akan Berubah Saat Era Metaverse Tiba 

Pakaian dan aksesoris eksklusif dari brand yang ada di metaverse juga akan memiliki utilitas dunia nyata (real-life utilization), seperti promo untuk pembelian produk-produk brand tersebut.

Nusameta juga menawarkan dunia virtual yang dapat dieksplorasi dengan berbagai pengalaman interaktif menggunakan avatar mereka.

Stephen mengatakan beberapa pengalaman interaktif yang dapat dilakukan di dunia virtual Nusameta pada masa yang akan dating antara lain event virtual seperti Jakarta Fashion Week, konser musik, dan berbagai pameran interaktif.

“Sebelum nantinya akan semakin banyak pengalaman [di dunia metaverse Nusameta] yang dapat dilakukan oleh pengguna pada 2023,” katanya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Selain Mencuri Raden Saleh, Cek 5 Film Terbaik yang Dibintangi Ari Irham

BERIKUTNYA

5 Stok Makanan Anak Kos yang Wajib Kamu Simpan di Kamar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: